New Yogyakarta International Airport (YIA), kapan mulai beroperasi?

Masjid Al Akbar NYIA (foto : okezone)
Masjid Al Akbar NYIA (foto : okezone)

Yogyakarta bakal punya bandara baru. Benar-benar bandara baru dan berada pada lokasi berbeda dengan Bandara Adisucipto. Bandara baru ini dibangun untuk menggantikan Adisutjipto. Nantinya kode IATA untuk bandara baru ini adalah YIA, bukan lagi JOG yang digunakan untuk Adisucipto. Rencananya pada 29 April 2019 bandara ini bakal mulai beroperasi terbatas untuk penerbangan internasional. Pada tanggal itu Silk Air mendarat di bandara baru dari Singapura. Sementara AirAsia bakal mendaratkan pesawatnya di NYIA bukan lagi di Adisucipto Airport.

NYIA bakal menggantikan Adisutjipto yang tak dapat dikembangkan lagi. Adisutjipto sudah tidak mampu lagi menampung penumpang karena hanya berkapasitas 1,2 juta orang per tahun. Namun pada kenyatannya Adisutjipto melayani hingga lebih dari 7 juta penumpang pada 2016. Landasan pacu NYIA juga lebih panjang yaitu 3.600. Dengan begitu NYIA memiliki landansan pacu terpanjang keempat di Indonesia setelah Bandara Hang Nadim Batam, Bandara Kuala Namu Deli Serdang, dan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Dengan landasan pacu sepanjang itu, NYIA mampu didarati pesawat  berbadan lebar (berlorong ganda) sekelas A330, A350, A380, Boeing 777, dan Boeing 787.

Pembangunan NYIA tak mulus dari awal, terkait dengan realokasi warga terdampak. Belum lagi posisinya yang dekat pantai selatan dikawatirkan rentan terhadap bencana tsunami. Namun pembangunan jalan terus, dan  dibagi dalam dua tahap. Pada tahap pertama, NYIA akan memiliki runway sekitar 3.250 meter dan lebar 60 meter. Luas terminal 130.000 meter persegi. Pada tahap awal ini diperkirakan sudah mampu menampung 14 juta penumpang. Tahap kedua akan diperpanjang hingga 3.600 meter dengan luas mencapai 150.000 meter persegi dan kapasitas penumpang lebih banyak lagi.

JOG and YIA

NYIA sebenarnya belum benar-benar siap secara keseluruhan termasuk akses menuju NYIA. Pengoperasian tahap awal bersifat minimum operating. Kereta bandara baru siap beroperasi tahun 2020. Sementara penumpang YIA dapat menggunakan DAMRI dari dan menuju bandara. Alternatif lain adalah menggunakan shuttle untuk menuju stasiun Wojo yang tersambung ke Yogyakarta atau Purworejo.

Pengoperasian YIA masih maju mundur cantik, masih bergerak. Rencana awal 7 April 2019 NYIA siap beroperasi untuk penerbangan internasional dari Singapura dan Kuala Lumpur.  Kemudian ditunda menjadi tanggal 29 April 2019 untuk Silk Air, dan AirAsia. Rencana itupun berubah lagi karena pihak airline perlu menyelesaiakn administrasi dari negara asal. Informasi per 28 April 2019, kabarnya pengoperasian pertama bandara ini bakal digunakan oleh Batik Air untuk penerbangan domestik ke  Denpasar, Jakarta–Soekarno–Hatta, Palangkaraya, dan Samarinda. Tapi rute-rute batik tadi belum muncul di reservasi website batik.com. Kapan NYIA mulai beroperasi?

Update terakhir :

6 Mei 2019 Citilink membuka rute Halim-NYIA

15 Mei 2019 Batik Air akan membuka rute ke NYIA dari Samarinda, Palangkaraya, Soekarno-Hatta

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s