Terminal 2F Soekarno Hatta bakal jadi LCC Terminal

T2F SHIA (2)SAH. Mulai 1 Mei 2019 Terminal 2F Soekarno-Hatta International Airport (SHIA) akan menjadi terminal khusus penerbangan berbiaya murah (LCC) pertama di Indonesia. SHIA tidak sendirian punya Terminal LCC. Bandara-bandara besar di luar negeri juga telah memiliki terminal khusus untuk penerbangan murah (LCC) seperti KLIA2 di Lumpur International Airport. Minggu lalu, 21 April 2019, saya terbang lewat 2F dan perubahan terminal itu sudah terlihat. Box pemeriksaan imigrasi sudah siap, begitu juga dengan ruang karantina.

Penerbangan murah menjadi tren di kalangan pelancong khususnya mereka yang termasuk generasi milenial. Di Bandara Soekarno-Hatta sendiri, sekitar 60 persen penumpang pesawat adalah generasi milenial. .

  • Lion Air Group (Lion Air, Thai Lion, Malindo) rute internasional dari saat ini Terminal 2D pindah ke Terminal 2F mulai 1 Mei 2019
  • Jetstar Asia dari saat ini Terminal 3 pindah ke Terminal 2F mulai 15 Mei 2019
  • Indonesia AirAsia (rute internasional), AirAsia akan menempati terminal 2F.
  • Citilink (International) dan Scoot juga nantinya menyusul akan pindah ke Terminal 2F kemudian.

Dengan perubahan ini maka Sriwijaya Air yang tadinya menempati Terminal 2F akan pindah ke Terminal 2D mulai 1 Mei 2019. Citilink internasional akan pindah dari Terminal 3 ke Terminal 2F. Begitu juga dengan Indonesia AirAsia domestik akan pindah ke Terminal 2E. Indigo dari India yang akan terbang ke Jakarta juga bakal menempati Terminal 2F.

T2F SHIA

Tapi kenapa harus ada terminal internasional khusus LCC? Dan mengapa harus 2F?

  • Penetapan Terminal 2F sebagai terminal LCC akan memudahkan transit penumpang internasional ke domestik (dan sebaliknya) karena tersambung dengan Terminal domestik 2E & 2D.
  • Harga tiket akan lebih murah karena komponen airport tax lebih murah dibanding Terminal 3.
  • Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia termasuk di Asia Tenggara, dan Bandara Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu. Penumpang LCC khusus rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta pada 2018 mencapai sekitar 30 persen dari total penumpang rute internasional 15,5 juta orang
  • Terminal 2F terhubung dengan dengan shelter bus umum, dan ini diperlukan untuk penumpang LCC. Terminal 2F juga cukup dekat dengan shelter skytrain menuju stasiun kereta bandara.
  • Setelah renovasi nanti, terminal 2F LCC Terminal 2F memiliki desain sesuai kebutuhan pelancong yang mengutamakan kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan akan memiliki kapasitas.
  • Nantinya, Terminal 2F akan memiliki kapasitas 24 juta penumpang per tahun

Mau mencoba Terminal LCC 2F? Tunggu 1 Mei 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s