Akhirnya GWK selesai juga

GWK 1X
Patung Garuda Wisnu Kencana adalah lambang Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda agung sebagai sahabatnya. Foto : pribadi

Setelah tersendat cukup lama, GWK akhirnya selesai. Mahakarya GWK dirancang oleh Nyoman Nuarta dan diresmikan pada bulan September 2018. Tinggi total monumen, termasuk alas alas 46 meter adalah 121 m. Patung ini sekitar 30 m lebih tinggi dari Patung Liberty. Kawasan seluas 60 hektare ini menjelma menjadi GKW Cultural Park dan digadang menjadi Bali’s Most Iconic Landmark. Terletak di Ungasan, Kabupaten Badung, dan berjarak tak terlalu jauh dari Ngurah Rai International Airport. Taman Budaya GWK menawarkan warisan budaya Indonesia yang megah dengan ikon Patung Garuda Wisnu Kencana, yang diyakini bakal menjadi ikon budaya nomor satu di Bali.
Patung GWK adalah lambang Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda agung sebagai sahabatnya. Patung ini dirancang untuk menjadi salah satu patung monumental terbesar dan tertinggi di dunia. Tinggi total patung adalah 120m, terdiri dari 24 segmen dan dibentuk dengan 754 modul yang terbuat dari tembaga dan  kuningan. Rencananya akan pengunjung diperbolehkan naik patung ini mulai Januari 2019.

Patung GWK tidak sendirian dalam komplek GWK Cultural Park. Patung lama setengah badan tetap dipertahankan. Fasilitas-fasilitas lain ditambahkan seperti restoran, taman-taman, hotel, amphiteater, tempat pernikahan dan juga tempat belanja. Akhirnya kompleks ini menjelma menjadi taman budaya berbagai fasilitas. Fasilitas yang disediakan juga sekelas dengan theme-park dunia. Ada shuttle yang mengantar penumpang dari area parkir menuju lokasi. Mobil golf disediakan untuk pengunjung yang tidak ingin berjalan kaki. Garuda Cinema disediakan dengan memutar film tentang GWK.

GWK Site Map

Jelajahi GWK Culture Park. Kendaraan yang masuk akan dikumpulkan pada taman parkir, dan pengunjung melanjutkan dengan shuttle hingga pusat penjualan tiket (Taman Plaza Baghawan). Pengunjung GWK dapat memilih berjalan kaki atau dengan menggunakan mobil golf dengan biaya 30.000 per orang. Jika memungkinkan disarankan untuk berjalan kaki, agar dapat melihat spot dan memahami konsep GWK.

Ada apa di GWK?. Selain patung utama, GWK menyediakan banyak tempat untuk dinikmati dan juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

GWK - LOTUS-POND
Lotus Pond adalah salah satu tempat utama di Taman Budaya GWK. Lotus Pond adalah area outdoor terbesar dengan akses yang baik dan telah dikenal sebagai tempat penyelenggaraan sejumlah acara berskala dunia yang bergengsi. Foto : gwkbali.com
GWK-indraloka-garden1.jpg
Taman ini dinamai surga Dewa Indra karena pemandangannya yang menakjubkan. Taman Indraloka adalah salah satu tempat favorit di Taman Budaya GWK untuk mengadakan acara kecil hingga menengah. Foto : gwkbali.com
GWK - PLAZA-WISNU
Wisnu Plaza saat ini berada di tanah tertinggi di kawasan GWK, tempat bagian terpenting dari patung Garuda Wisnu Kencana setinggi 20 meter. Pada waktu tertentu, berbagai seni tradisional Bali ditampilkan dengan latar belakang patung Wisnu yang agung sebagai latar belakangnya. Foto : gwkbali.com

Pertunjukan yang terjadwal harian :

  • Balinese Dance Amphiteater 10:00 – 10:40 WITA & 15:00 – 15:40 WITA
  • Rindik Instrument Kura-Kura Plaza ( 10:00 – 12:00 WITA & 14:00 – 16:00 WITA), Jendela Bali Restaurant (12:00 – 14:00 WITA), Ticket Entrance (12:00 – 16:00 WITA)
  • Barong Keris Dance, Amphiteater ( 11:00 – 11:40 WITA & 14:00 – 14:40 WITA)
  • Garuda Wisnu Ballet Amphitheater 12:00 – 12:40 WITA
  • Joged Bumbung  Commercial Strip 12:00 – 15:00 WITA, Garuda Plaza 15:30 – 17:30 WITA, Street Theater 17:30 – 18:20 WITA
  • Kecak Garuda Wisnu Amphitheater 18:30 – 19:20 WITA, Every Saturday & Sunday performed at Lotus Pond
  • Garuda Cilik Cinema ( mulai jam 11:00 selama 35 menit)

IMG_3490.jpg

Sebelumnya saya pernah mengunjungi GWK saat baru kepala patung. Setelah selesai menjadi GWK Cultural Park saya baru melihat bagusnya tempat ini. Sangat direkomendasikan.

Untuk mengetahui even terbaru GWK silakan mengunjungi Situs GWK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s