40 makanan Indonesia populer versi CNN Travel

Nasi UdukPada polling yang dilakukan CNN beberapa tahun yang lalu, para pembaca CNN memilih rendang sebagai makanan paling lezat di dunia. Sekarang adalah waktunya untuk mengenalkan kuliner Indonesia lainnya selain rendang. Survey CNN ini memilih 40 makanan Indonesia populer, tentu saja termasuk rendang tadi. Makanan bervariasi dari mie, daging bakar, kari pedas, ikan yang dibungkus pisang (pepes), sambal dan salad sayur dengan saus kacang yang manis. Berikut ada 40 kuliner Indonesia terpopuler versi CNN Travel, bisa jadi kita tidak bisa hidup tanpanya.

1. Sambal
Siapa yang tidak mengenal sambal? Pelengkap makan ini pada dasarnya saus berbahan dasar cabe dengan ditambah bahan & bumbu lain. Terdapat ratusan jenis sambal di Indonesia, bahkan setiap daerah memiliki sambal khas tersendiri. Saking populernya, sambal sudah menjadi hidangan wajib di meja makan apapun menu utamanya. Makan pun tidak lengkap tanpa kehadiran sambal ini. Kendati hanya sebagai pelengkap, faktanya sambal kini menjadi bagian kuliner Indonesia yang sangat penting. Sambal juga sering menjadi oleh-oleh saat berada di suatu kota.

2. Sate
Sajian daging tusuk ini juga sangat populer di Indonesia. Bisa berupa daging ayam, sapi, kambing, atau bahkan kelinci. Terdapat banyak jenis sate di Indonesia, dengan teknik memasak berbeda-beda meskipun memiliki kesamaan yakni daging dipotong, ditusuk dan dibakar. Sate disajikan dengan berbagai sambal, mulai sambel kecap, kacang atau gabungan. Secara umum sate disajikan dengan lontong, ketupat atau nasi putih. Tambahan lainnya bisa berupa acar ketimun atau potongan bawang bombay. Sate yang terkenal diantaranya Sate Madura, Sate Maranggi, dan Sate Ponorogo.

Sate Ayam

3. Bakso
Sangat mudah menemukan bakso di manapun di Indonesia, mulai dari kelas gerobak hingga restoran. Sebagai favorit di kalangan pelajar, sup mie bakso yang gurih ini dikenal didunia Internasional ketika Presiden AS Barack Obama menyantapnya dan menjadi sebagai salah satu favoritnya selama kunjungan ke Jakarta. Bakso yang dulunya hanya berupa bola daging dan disajikan dengan mie putih atau kuning kini berkembang menjadi makanan favorit semua kalangan. Bakso juga bertransformasi menjadi bakso urat, bakso keju, bakso telor, bahkan bakso beranak. Untuk menambah selera bakso disajikan dengan kuah panas, bawang goreng, potongan seledri, sambal, kecap, saus dan kadang perasan jeruk nipis. Beberpa bakso masih menambahkan dengan siomay rebus, siomay goreng dan juga tahu.

4. Soto
Pada dasarnya Soto adalah sup daging tradisional, terdiri potongan daging dan kuah kaya bumbu. Bahan tambahan juga bervariasi, bisa tauge, telor, kentang rebus, kol, bahkan perkedel. Indonesia memiliki sangat banyak ragam Soto. Versi umum terbuat dari kuah bening atau bersantan, dengan pilihan daging ayam, kambing atau sapi. Dari sekian banyak soto di Indonesia terdapat beberapa soto yang populer yakni Soto Lamongan, Soto Surabaya, Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Banjar, SOto Padang dan Coto Makassar. Pada awalnya, nasi dan soto disajikan dalam satu mangkok, namun dalam perkembangannya nasi dan soto dipisah dalam wadah berbeda. Soto mana favorit Anda?

Soto Betawi

5. Nasi goreng
Dianggap sebagai hidangan nasional khas Indonesia, nasi goreng menjadi salah satu favorit orang asing saat berada di Indoenesia. Bahkan bintang K-Pop sangat menyukai nasi goreng ini. Pada dasarnya nasi goreng dimasak dengan cara yang sama, yakni bumbu ditumis dan kemudian ditambahkan nasi putih, diaduk hingga rata & matang. Yang membedakan adalah bumbu dan pelengkapnya. Secara umum nasi goreng dihidangkan dengan telor ceplok dan kerupuk. Versi internasional nasi goreng dihidangkan dengan sate atau ayam goreng, selain telur ceplok dan kerupuk. Sebagai pelengkap nasi goreng biasa ditambahkan bawang goreng dan acar mentimun. Nasi goreng hampir selalu disajikan dalam daftar menu sarapan hotel-hotel berbintang.

Melengkapi 40 sajian lainnya berikut daftar selengkapnya :

6. Gado Gado 18. Bubur Ayam 30. Lontong Sayur
7. Nasi Uduk 19. Bakpao 31. Rendang
8. Nasi Padang 20. Asinan Sayur 32. Tahu Gejrot
9. Ayam Goreng 21. Cah Kangkung 33. Sop Kambing’
10. Bakmi Goreng 22. Pepes Ikan 34. Siomay
11. Gudeg 23. Empek empek 35. Ikan Bakar
12. Rawon 24. Perkedel 36. Tumis Daun Pepaya
13. Pecel Lelel 25. Martabak 37. Otak-otak
14. Opor Ayam 26. Sayur Asem 38. Bebek Goreng
15. Mie Ayam 27. Sup Buntut 39. Gorengan
16. Babi Guling 28. Ketoprak 40. Indomie
17. Gulai 29. Balado Terong

Pecel Lele

Itulah 40 sajian terpopuler di Indonesia versi CNN Travel, dan tentu saja ini bukan nama-nama asing untuk orang Indonesia.

Sumber & Foto  : CNN Travel.

Iklan

3 respons untuk ‘40 makanan Indonesia populer versi CNN Travel’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s