Hai traveler! Kenapa tak beli ‘seat’ saja kalau ingin duduk berdekatan?

Air AsiaIni cerita tentang penerbangan saya dengan Indonesia AirAsia Extra XT 7521 (registrasi PK-AZG) dari Bali ke Jakarta. Penerbangan terlambat 41 menit dari jadwal. Proses boarding tidak melewati aero brigde, hanya melalui tangga. Saya duduk di kursi 19F, sudah dipesan sejak booking dengan biaya kursi standar seharga Rp. 16.900. Hampir semua penumpang sudah menempati kursinya masing-masing. Semuanya tampak berjalan seperti biasa hingga ada sedikit kegaduhan. Kegaduhan itu muncul dari rombongan kecil penumpang (4 orang laki-laki) yang ingin menukar tempat duduknya agar bisa duduk satu baris (kursi A,D,C,D). Salah satu penumpang itu mondar-mandir bernego dengan penumpang lain untuk minta tukar. Kegaduhan itupun terlihat penumpang lain karena kursi mereka berpencar beda baris. Pramugari mencoba membantu menanyakan ke penumpang, dan hasilnya nihil, alias tak satupun penumpang yang dinego merelakan untuk bertukar tempat duduk.

Hai Traveler. Hal pertama yang perlu dipahami adalah sistem penentuan tempat duduk saat check-in berbeda antara satu airline dengan airline lainnya. Penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier) seperti Air Asia memberlakukan sistem random dalam menentukan tempat duduk. Namun Air Asia memberi kesempatan memilih tempat duduk saat booking, tentu saja dengan membayar sekian rupiah per kursi. Sedangkan penerbangan layanan penuh (full service airline) memiliki ketentuan berbeda lagi, yakni membolehkan permintaan tempat duduk saat check-in asal tempat duduk yang diinginkan masih tersedia. Nah jika Anda terbang berombongan dengan Air Asia dan menginginkan tempat duduk berdekatan, lakukan saja tips di bawah agar Anda tidak dipelototi penumpang lain, dan tidak membuat penerbangan terlambat.

  1. Pilih tempat duduk saat booking. Anda tak perlu pilih Hot Seat yang berharga mahal, cukup pilih kursi standar dengan harga paling murah. Tak apalah keluar sedikit tambahan uang demi kenyamanan.
  2. Jika booking pesawat melalui travel agent (bukan sendiri), Anda tinggal minta travel agent untuk membelikan kursi sesuai keinginan Anda.
  3. Jika tidak sempat membeli kursi saat booking, penumpang masih punya kesempatan untuk membelinya sebelum check-in. Ada menu ‘Modify My Booking’ yang dapat digunakan. Menu ini juga bisa digunakan jika ingin pesan makanan (prebook meal). Ingat ya, prebook meal lebih murah dibandingkan beli pas di atas pesawat.
  4. Jika tidak sempat juga, masih ada kesempatan terakhir yakni saat check-in baik melalui web, mobile atau mesin check-in.
  5. Jika betul-betul tidak ada pilihan lagi, dan dalam kondisi khusus misalnya Anda membawa anak kecil, Anda tinggal berharap ada penumpang lain mau bertukar tempat. Sampaikan dengan sopan dan baik-baik ya.
  6. Perlu dipahami bahwa kursi penumpang lain yang Anda minta tukar itu bisa jadi kursi yang dibeli penumpang tersebut.

Sebenarnya tidak sulit agar anggota rombongan bisa tetap duduk berdekatan, hanya membayar sedikit uang dan penerbangan Andapun akan lebih seru jika dapat duduk berdekatan. Dan, tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Iklan

2 respons untuk ‘Hai traveler! Kenapa tak beli ‘seat’ saja kalau ingin duduk berdekatan?’

  1. Betul pak.pengalaman saya meski ga bayar kursi Air Asia ga sadis2 amat nempatin pasangan berjauhan depan belakang, paling jelek beda 1 nomor.seringnya dapat sebelahan asalkan check in nya awal (bisa h-14) (pengalaman 99% dapat posisi sebelahan). Tapi kalau rombongan sampai 4 orang saya belum ada pengalaman. Pernah jadi last sequence check in 179-180 malah dapat kursi darurat dan kursi paling depan gratis, mungkin tinggal itu (super hot seat) yang tersisa dan belum ada yang beli. Pengalaman saat terbang Jumat sore dari Singapura ke Jakarta dimana bersamaan eksmud Indonesia pulang kerja dari Singapura.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s