Ini dia, barang hotel gratis yang boleh dibawa pulang

Room @1O1 Hotel Jogja-Mangkubumi
Room @The 1O1 Hotel Jogja-Mangkubumi

Suatu ketika saat saya sedang antri check-out di sebuah hotel, terjadi sedikit ketegangan seorang tamu dengan petugas hotel. Apa pasal? Sang tamu dikenakan charge tambahan karena kantong laundry tidak ditemukan di kamarnya ketika kamar diperiksa. Perlu penjelasan beberapa menit hingga akhirnya sang tamu lebih memilih mengembalikan kantung laundry daripada dikenakan charge tambahan. Kantung laundry di hotel itu memang sangat bagus, bukan berwujud plastik seperti di kebanyakan tetapi berupa kantong kain tebal dengan desain yang cukup unik. 

Hai traveler, biar gak mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan (dan memalukan) itu, ada baiknya mengetahui barang apa saja yang tidak boleh dibawa pulang. Prinsipnya adalah barang-barang yang tidak digunakan lagi masih boleh dibawa pulang. Apa saja itu?

  1. Sabun mandi. Hotel biasa menyediakan 2 jenis sabun, sabun padat dan shower gel. Keduanya berukuran kecil dan akan ditambahkan tiap hari. Sabun ini bisa dibawa pulang jika menginginkannya. Beberapa hotel menyediakan shower gel yang ditaruh dalam dispencer kecil, jangan dibawa pulang dispencernya.
  2. Shampoo. Sama halnya dengan sabun, shampo (dan juga conditioner) dalam kemasan kecil masuk dalam kategori boleh dibawa pulang. Shampoo yang diletakkan dalam shampo dispencer tentu saja tidak boleh dibawa.
  3. Sikat gigi & odol. Ini juga item yang boleh dibawa pulang.
  4. Perlengkapan lain seperti cotton-bud, sisir, shower cap juga masih diperbolehkan.
  5. Kantong laundry. Kantong laundry apapun bahannya mestinya tidak boleh dibawa pulang, tapi jika berbahan plastik sepertinya masih bisa diampuni lah.
  6. Sleeper. Hotel dengan kategori tertentu menyediakan sleeper di setiap kamar. Sleeper masih boleh dibawa pulang.
  7. Kopi, teh, gula dalam bentuk sachet kecil.

Tentu saja, di luar daftar di atas, item-item lain tidak boleh dibawa pulang. Jika menginginkannya, beberapa hotel menjual item-item tertentu untuk souvenir. Item-item berikut tidak boleh dibawa pulang :

  1. Handuk tidak boleh dibawa pulang. Saat checkout, petugas hotel akan memeriksa handuk  di kamar Anda. Jika berkurang maka tamu akan dikebakan biaya pengganti.
  2. Perlengkapan coffee maker. Beberapa hotel menyediakan perangkat untuk membuat kopi atau teh. Ada yang hanya berupa ketel listrik, juga mesin kopi mahal untuk hotel-hotel mewah. Melengkapi peralatan ini disediakan juga kopi, gula, teh, dan juga peralatan minum seperti gelas, cangkir, dan sendok. Kecuali gula, kopi, dan teh semua item itu tidak boleh dibawa.
  3. Semua item di tempat tidur, bed sheet, selimut, dan teman-temannya.
  4. Semua peralatan elektonik, termasuk remote TV.

IMG_5134Air Minum Gratis. Selain itu, hotel juga menyediakan complimentary berupa air minum dan gratis. Namun perlu hati-hati dan baca tulisan tentang minuman gratis ini. Di salah satu hotel di Bandung, saya pernah salah ambil dan ternyata botol yang saya buka merupakan bagian dari mini bar, sedangkan complimentary ditaruh di kamar mandi. Tahu sendiri kan, harga minuman di mini bar bisa berkali lipat dibanding harga di toko. Beberapa hotel bintang 4 dan 5 juga menyediakan buah-buahan gratis untuk tamunya di hari pertama menginap. Bahkan salah satu hotel bintang 5 di Jogja menyediakan jamu seduh yang juga gratis. Pokoknya baca saja petunjuk yang disediakan.

Happy check-in….

 

Iklan

4 respons untuk ‘Ini dia, barang hotel gratis yang boleh dibawa pulang’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s