Fasilitas yang paling diinginkan tamu hotel : Sarapan atau Wi-Fi?

Breakfast Set Leopold Hotel
Breakfast Set Leopold Hotel

Beberapa waktu lalu blog ini memasang pooling tentang fasilitas hotel yang paling diinginkan. Tersedia 8 jawaban dengan opsi 2 pilihan untuk tiap responden.Jawaban yang disediakan mengesampingkan tempat tidur dan kamar mandi yang memang wajib ada di setiap kamar hotel. Pilihan jawaban adalah (1) Internet, (2) Handuk & perlengkapan mandi, (3) Spa & Massage, (4) Pembuat kopi, (5) Sarapan, (6) Kolam renang, (7) TV Satelit, dan (8) Restoran. Sampai dengan 2 September 2015 terdapat 1242 vote yang masuk. Dan, pembaca blog ini menempatkan Sarapan sebagai fasilitas yang paling diinginkan saat menginap di hotel, kemudian disusul fasilitas internet. Berikut selengkapnya :

  1. Sarapan. Beberapa hotel sekaligus menambahkankan sarapan pada harga kamar. Namun sebagian hotel menjual kamar sebagai ‘room only’, artinya tidak termasuk sarapan gratis. 27% responden menempatkan sarapan sebagai fasilitas yang paling diinginkan.
  2. Internet/Wifi. Akses internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi pelancong. 23% respoden menginginkan akses internet saat menginap di hotel. Mungkin hasil survey akan berbeda jika dilakukan 5 tahun lalu.
  3. Kolam renang. Tidak semua hotel melengkapi propertinya dengan kolam renang. Namun hanya 13% responden yang begitu menginginkan kolam renang saat menginap.
  4. Handuk & perlengkapan mandi. Hanya 12% dari total responden yang sangat menginginkannya ada di kamar hotel tempat menginap.
  5. TV Satelit. Hampi semua hotel melengkapi kamar dengan TV, namun tak semua menayangkan acara-acara dari TV berbayar. Dan ternyata hanya 10% yang menginginkan wajib ada di kamar hotel.
  6. Spa & Massage. Fasilitas spa & massage memang sedang tren, terutama di hotel-hotel kelas bintang 3 ke atas. Meskipun ini fasilitas berbayar namun ternyata ada 8% responden yang menginginkannya.
  7. Restoran & Hiburan. Tamu hotel mesti perlu makan, tapi tidak harus makan di hotel. Mungkin begitu alasan mengapa hanya 4% responden menginginkan ada restoran dan hiburan saat menginap di hotel.
  8. Pembuat kopi. Wajar jika hanya ada 3% responden yang menginginkan fasilitas ini, mengingat tidak semua tamu peminum kopi.

Ingin berpartisipasi di pooling ini?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s