Mau bersantap di hotel? Kenali istilahnya terlebih dahulu

Dinner at Siem Reap
Enjoy local food @Siem Reap

Hotel dan restoran, tampaknya akan selalu menjadi paduan sempurna. Kebanyakan hotel memiliki restoran atau setidaknya tempat untuk sarapan. Hotel-hotel besar bahkan memiliki lebih dari satu restoran dengan makanan berbeda. Dan restoran-restoran itu bukan hanya diperuntukkan tamu menginap, tapi seringkali digunakan untuk keperluan MICE, atau bahkan tamu dari luar. Kalau Anda menginap dengan fasilitas sarapan, setidaknya anda menikmati makanan hotel saat sarapan. Kalau Anda menginap dengan  paket meeting penuh (full-board), bahkan Anda akan menikmati makanan hotel 3 kali sehari. Beberapa hotel memiliki restoran yang terkenal yang kebanyakan pengunjungnya bukan tamu hotel. Mau bersantap di hotel? Kenali istilahnya berikut ini :

Sarapan (breakfast). Saat sarapan, restoran hotel akan menjadi sangat ramai. Biasanya hotel menyediakan hanya satu set sarapan yang terdiri dari berbagai menu, dan Anda tinggal memilih yang disukai. Hotel di Indonesia rata-rata hanya menyediakan sarapan yang sama untuk semua tamu, namun di beberapa negara ada kalanya kamar yang Anda beli hanya menyediakan Continental Breakfast, menu sarapan sederhana yang terdiri roti, mentega, dan selai atau marmalade.  Minuman yang ditawarkan juga terbatas pada teh, kopi dan jus jeruk. Cara penyajiannya juga bisa prasmanan atau disajikan per set.

Cha Yuen Restaurant Aryaduta Bandung
Cha Yuen Restaurant Aryaduta Bandung

Kebanyakan tamu hotel hanya makan di hotel saat sarapan, tapi sebenarnya restoran hotel juga menyiapkan santap siang dan malam. Kalau penyajian sarapan relatif sama, tetapi untuk makan siang dan malam, terdapat berbagai macam penyajian dan cara bersantap. Dan biasanya dikenal istilah berikut yang beberapa juga berlaku untuk restoran di luar hotel :

  • Ala Carte Menu :
    Menu makanan dan minuman dicantumkan per item dengan harga secara terpisah. Ini sama seperti menu-menu restoran secara umum. Menu Ala Carte biasanya akan dimasak sesaat setelah pesan, dan harus menunggu pesanan dihidangkan.
  • Room Service Menu :
    Menu yang ditawarkan oleh hotel yang melayani makanan untuk tamu di kamar atau suite. Menu layanan kamar biasanya menawarkan item lebih sedikit dibandingkan restoran karena sulit untuk menjaga kualitas makanan saat dibawa dari dapur ke kamar. Biasanya layanan kamar menyediakan menu-menu populer yang disukai tamu
  • Buffet :
    Berbagai macam makanan dan minuman ditawarkan di atas meja dan bebas untuk mengambil sesuai yang diinginkan. Set makanan sudah lengkap dari hidangan pembuka, utama, dan penutup. Makanan sudah disiapkan dan Anda bisa langsung menyantapnya. Jika Anda ingin memesan menu yang tidak terdapat di set buffet maka Anda akan dikenakan biaya tambahan. Ambil makanan sebanyak yang sanggup dimakan.
  • Banquet:
    Mirip seperti buffet, bedanya makanan yang disiapkan untuk kelompok (group) tertentu, sejumlah tamu yang disiapkan. Menu sudah telah ditentukan sebelumnya. Kebanyakan hotel menawarkan layanan banquet ini untuk rapat-rapat, pernikahan, seminar, dan konferensi.
  • Table Service:
    Jenis layanan di mana tamu tinggal duduk di meja dan menunggu makanan diantar oleh pelayan (waiter). Empat gaya dasar layanan meja adalah Amerika, Inggris, Perancis, dan Rusia.
  • Table D’Hote :
    Sebuah menu yang menawarkan makanan lengkap untuk satu harga. Kadang-kadang dua atau lebih makanan lengkap yang ditawarkan pada menu, masing-masing dengan harga sendiri. Makanan on menu table d’hôte ditetapkan oleh perencana menu dan tamu diberi sedikit, jika ada, pilihan.
  • BAR :
    Ini seperti halnya restoran tapi hanya terdapat minuman dan makanan ringan di daftar menunya. Menu utamanya terdiri draft atau bir botol, wine, cocktail, dan minuman spesial lainnya.

Bagaimana dengan harga? Kalau di restoran biasa kebanyakan harga hanya ditambahkan PB1 (pajak restoran), tetapi di restoran hotel biasanya ditambahkan komponen Service selain PB1 yang besarnya bervariasi hingga 11%. Tamu biasanya juga meninggalkan uang tips yang ditaruh di map tagihan, yang besarnya sesuai keikhlasan masing-masing.

Satu lagi, restoran-restoran itu dilayani banyak pelayan (waiter), jadi jangan ragu untuk bertanya tentang menu makanan, memberi tahu diet yang sedang Anda jalani, bahkan Anda kadang diperbolehkan berbicara langsung dengan kokinya.

Iklan

Satu respons untuk “Mau bersantap di hotel? Kenali istilahnya terlebih dahulu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s