Persyaratan tambahan Visa(L) China

Mengajukan Visa turis ke China memang cukup mudah seperti yang ditulis pada artikel sebelumnya, Urus Visa China itu sangat mudah lho. Persyaratannya tak terlalu banyak. Namun, mulai 1 Januari 2012 terdapat tambahan persyaratan untuk pengajuan Visa L (kunjungan wisata, teman atau keluarga di RRC). Berikut kutipan pengumuman resminya.

Jika Anda akan ke China untuk wisata atau mengunjungi teman ataupun anggota keluarga, mohon lampirkan dokumen-dokumen berikut :

  1. Surat undangan yang dikeluarkan baik oleh pihak teman / anggota keluarga Anda yang berdomisili di China, atau Surat undangan yang dikeluarkan oleh perusahaan China.
  2. Jika Anda tidak dapat melampirkan Surat Undangan, Anda wajib melampirkan semua semua dokumen berikut :
    1. Agenda Perjalanan
      • Berikan rincian dari tujuan kunjungan dan kota yang Anda tuju menurut urutan waktu
      • Agenda perjalanan tersebut harus dibubuhi tanda-tangan baik oleh pemohon atau oleh kurir, dan tidak perlu menggunakan meterai.
      • Group atau kelompok perjalanan dapat berbagi 1 (satu) agenda perjalanan dengan mencantumkan nama dari kelompok tersebut jika mereka akan bepergian bersama.
    2. Reservasi Hotel. Mohon lampirkan bukti cetak pemesanan hotel online atau voucher hotel atas nama pemohon.
    3. Tiket PP. Mohon lampirkan bukti cetak pemesanan tiket online atau copy tiket.

Catatan : Masa laku visa, masa ijin tinggal, dan frekuensi masuk yang direncanakan akan diputuskan oleh Kedutaan China berdasarkan peraturan yang berlaku.

56 respons untuk ‘Persyaratan tambahan Visa(L) China’

  1. Dear pak toto
    Saya beserta istri, ayah, dan adik sudah memastikan untuk berkunjung kerumah saudara sekaligus berlibur ke guangzhou akhir januari 2013 nanti. Yang ingin saya tanyakan yaitu dalam pengurusan visa, apakah saya harus membuat surat yang menyatakan informasi bahwa kami memiliki kerabat di guangzhou sana dengan menyertakan alamatnya di guangzhou. Karena kami berencana untuk menginap dirumah kerabat kami itu di guangzhou. Atau ada saran lain dari pak toto dalam pengurusan visa. Thx atas infonya

    1. Ponki,
      Saya kira cukup diisikan di formulir data-data nama & alamat saudara di Guangzhou. Tiket PP jangan lupa disertakan

  2. Selamat siang pak Toto, kenalkan sy Tumpal Hutapea berencana mau kunjungan pabrik ke Cina, kami berangkat 5 orang. Undangan datang dari agen pabrik di Indonesia, bagaimana cara mengurus visa dan dimana tempatnya. Apa syarat atau berkas yg hrs sy siapkan. Terimakasih.

  3. Pak Toto, rencana saya mau berlibur ke china yaitu ke guangzhou dan beijing selama 3 bulan. Apakah masa tinggal di china bisa lebih dari 30 hari?atau saya harus mengurus lagi di dubes RI di china saat masa berlaku habis?trims

  4. sdr. Toto. sehubungan dengan urus visa. apakah saya tinggal di indonesia boleh mengurus visa di Singapor. dengan tujuan dari singapore ke china. terima kasih dari Ardi

  5. Pak Toto, saya rencana pergi ke china bulan depan september, saya berencana mengunjungi pacar saya yang bekerja disana, jadi saya tidak punya bookingan hotel karena saya tinggal di apartemennya .dan untuk travel insurance bisa dibeli dimana?

    1. Yuli, untuk pengganti hotel sebutkan alamat pacar Anda saja. Travel Insurance bisa dibeli di travel-travel besar spt Dwi Daya, Vaya, Panen, Bayu Buana dll

  6. Terima kasih infonya mas, tapi saya mau tanya, saya mau urus untuk 10 org dari daerah mau wisata ke china apakah bisa saya yg urus (saya tdk ikut ke china), atau harus melalui agen yg dipilih oleh kedutaan

    1. Yunita, Visa China bisa diurus oleh orang lain, juga travel. Saran saya, isian formulir tetap diisi oleh masing-masing biar akurat.

  7. mas Toto, saya rencanakan wisata ke Cina Febrauari 2012. Saya rencana bersama teman dari Kanada. Kami akan bertemu di Hongkong sebelum ke China. Apakah saat pengurusan visa China juga harus melampirkan tiket pesawat pp Singapura-Hongkong?

    1. Adi, sayang sekali tidak ada informasi pakai jalan darat atau udara dari HK ke China. Pada dasarnya persetujuan Visa itu didasarkan seberapa yakin pihak negara yakin bahwa pemohon tidak menjadi masalah di sana dan pasti kembali ke negara asalnya.

      Apapun, saran saya sertakan semua tiket menuju China. Saya pernah masuk China dari HK by flight dan cukup sertakan tiket HK-Beijing (pp) saja.

      1. Trima kasih infonya mas Toto. Info mas Toto sangat membantu. Kami rencananya melalui jalur darat menuju shenzen untuk masuk ke Cina dan menjelajahi propinsi di bagian selatan Cina.

  8. Dear Mas Toto,

    Salam kenal, nama saya Laksmo. Kemarin saya sudah mendapatkan formulir applikasi utk persyaratan pembuatan Visa China melalui website. kebetulan, saya akan merencakan bulan madu ke Beijing dgn calon istri saya. Tiket Jakarta to Beijing PP sudah ada, Voucher Hotel juga sudah ada atas nama saya.

    Yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah Travel Insurance jg di butuhkan mengingat ada kolom pertanyaan di formulir applikasi apakah kita memiliki Travel Insurance? Lalu, karena Voucher Hotel atas nama saya, apakah di butuhkan jg Voucher Hotel atas nama calon istri saya, pertanyaan yg terakhir adalah, apakah aku bisa mengurus sendirian saja Visa ku bersama dgn visa calon istri? Apa harus keduanya datang mengurusnya?

    Terima kash mas Toto utk respond dan advise nya.

    Laksmo.

    1. Dear Mas Laksmo,
      – Travel Insurance sebaiknya beli saja, disamping diperlukan jika terjadi sesuatu juga untuk menguatkan persetujuan visa.
      – Untuk Voucher hotel bisa tidak atas nama masing-masing, jadikan perjalanan berdua sebagai satu group.
      – Urus Visa China bisa diwakilkan, sekalian untuk visa calon istri
      Mudah2an cukup jelas.

  9. Mas Toto salam kenal nama saya Tia. saya mau tanya .pacar saya warga negara perancis dan.kebetulan bulan agustus sampai september kerja di beijing.dan dia meminta saya untuk ke china.persyaratan untuk visa ke china apa saja??dan apakah perlu invitation letter dri pacar saya dan copy passport pacar saya??

    1. Sistia, disamping yg tertera diartikel ini persyaratan visa bisa dilihat di link di awal artikel. Invitation letter bisa digunakan untuk menggantikan bukti hotel, tiket, rencana perjalanan dll.

  10. hi, pak toto, apa kabar, salam kenal, saya evi mau bertanya beberapa informasi mengenai visa untuk tinggal di indonesia , kebetulan teman saya asli china, dan tahun ini mau berkunjung ke jakarta, rencana ingin mencari pekerjaan di jakarta, tapi setahu saya visa hanya berlaku sebulan ya? nah, saya ingin tahu, ada kah cara atau syarat untuk teman saya agar bisa tinggal di jakarta lebih dari 1 bulan? mungkin 6bulan di kali pertama?

    1. Evi, memang biasanya cuma diberi max 30 hari untuk kunjungan wisata/sosial. Biasanya sulit mendapatkan visa untuk tinggal lama ke Indonesia, kecuali visa kerja (ribet). Untuk menyiasatinya biasanya keluar-masuk sebelum visa habis.

  11. mas toto mau tanya kl saya pergi k china sekeluarga (orang tua,kakak,adik dan ponakan’nya) persyaratan apa aja ya pak..saya hanya ingin wisata saja slm seminggu,oya biasanya brp lama visa disetujui dan biayanya brp?tks utk infonya ya mas…

  12. Mas, mo tanya gimana caranya untuk ngurus Businnes Visa ( yg Multiple entry untuk setahun )ke Cina, sekalian kl boleh tau, biayanya sampe berapa. Sementara data yg saya punya :
    1. Surat undangan dan jaminan dari perusahaan Cina.
    2. Hotel dan Tiket pesawat PP udah ditanggung perusahaan dari Cina.

    Thanks
    Indra

    1. Indra, tinggal sesuaian isian di format aplikasinya. Jika Anda di Jkt sebaiknya urus langsung saja di The East lt 2 Mega Kuningan

      1. Thank you mas, saya udah urus visa, semua data lengkap tapi koq cuma dapet 15 hari ya…..Watkins saya tanya knapa cm 15 hari, mereka cuma bilang ” Mau nggak “

      2. Indra, Visa Chinese terakhir saya pada bulan Nov 2011 dan waktu itu masih diberi 90 hari dengan multiple entry.

  13. Pak Toto, kalo saya berencana ke Cina akhir Juni ini, kapan sebaiknya mulai aplikasi visa? Oh ya, berapa lama sih sebenarnya masa berlaku nya ? Saya kawatir kalo aplikasi terlalu awal , ntar keburu expired…makasih ya Pak

    1. Jade, terakhir saya dapet Visa China dgn masa laku 3 bulan, minggu kedua Juni bisa mulai urus, jaga2 jika tidak mulus prosesnya

  14. Maap coment sedikit.. Menurut saya “mas” toto sangat berkekeluargaan.. Sehingga dipanggilnya “mas” rasanya lbih dekat.. Bukan yang segan2 dipanggil “pak” 🙂 masalah dihargai atau tidak dihargai… ” mas ” totony aja complaint 🙂 Saya sudah sering ditolong sama mas toto.. Pertama kali krna saya segan saya juga panggil pak.. Tapi kok lama2 terasa kurang nyaman.. Krna itu saya skrg manggil mas toto bukan maksud merendahkan atau tidak menghargai 🙂 tapi krna merasa sudah nyaman sekali di blog ini… Thank u..

  15. kenapa senangnya manggil orang mas ya? tolong hargai org lain,tidak semua orang suka dipanggil mas.Menurut beberapa budaya kata2 mas justru merendahkan. untuk profesional dan internasional itu pake Pak atau Sir.
    kepada moderator maaf ikut koment,Saya hanya pas lewat.

  16. pak toto,tunangan saya berdomisili di cina sementara karena mendapat penugasan di sana.Saya ingin apply visa untuk berkunjung,apa bisa apply visa turis dengan menyertakan surat sponsor dari tunangan saya di cina?
    terima kasih sebelumnya

    1. maaf sebelumnya pak,mengenai surat sponsor yang harus disertakan untuk pembuatan visa,harus dengan tanda tangan asli tunangan saya atau boleh melalui fax?,masalahnya tunangan saya kan tidak sedang bersama saya di indonesia..maaf banyak tanya pak,soalnya kurang ngerti..

      1. Rianna, biasanya visa mensyaratkan dokumen asli. Tapi coba saja tanya langsung ke Chinese Visa Service di The East Tower lt 2 Mega Kuningan (cukup tanya ke satpam di depan).

  17. Maaf nih, aku mau tanya kalau untuk syarat visa china yang aku dapat sama gak ya :
    1. Bukti Keuangan masing-masing min. Rp 20.000.000,-
    2. Tiket asli jika menggunakan E-ticket harus melampirkan Bukti Lunas
    Pembayaran Tiket.
    3. Konfirmasi Hotel
    4. Jika suami membiayai anak dan istri jadi hanya keuangan suami yang
    dieperlihatkan maka harus melampirkan Surat Keterangan dan Hubungan
    Keluarga. Begitu pula dengan urusan bisnis yang dibiayai oleh kantor
    harus melampirkan Undangan dan Surat Keterangan dari kantor.
    5. Fhoto 4 x 6 berwarna latar belakang putih sebanyak 2 lembar
    6. Passpor yang masih berlaku min 6 bulan
    7. Foto copy KK
    8. Foto copy KTP

    1. Natalia, saya terakhir apply visa China awal bulan Desember 2011, belum ada aturan baru. Saat itu tidak diminta bukti keuangan, dan fotocpy KK, tiket, hotel. Jika sekarang diminta mungkin terkait aturan baru yang berlaku awal Januari ini.

      1. pak Toto, kalo untuk warga negara asing (Eropa) yang tinggal di indonesia (dgn working permit) dan akan pergi ke China dengan menggunakan Business Visa, apa ada persyaratan ijin dari kedutaan/konsulat setempat?

      2. Chim, prinsipnya tergantung kebijakan pemerintah negara China atas pemegang passpor dari negara mana. Jadi meskipun tinggal di Indonesia (pemegang working permit atau KIMS) maka ybs tidak dapat menggunakan perlakukan yang diterapkan kepada pemegang passport Indonesia. Nah, jika warga asing itu dipersyaratkan apply visa utk masuk China maka ybs bisa apply visa di Visa Center atau konsulat terdekat.

  18. sekalian tanya pak toto, kalo visa ke singapore gimana cara urusnya, trus klo kesana april nanti apa mesti di urus skarang, trimakasih.

    1. Zainal, ke Singapore BEBAS VISA kalo untuk turis, atau kunjungan sosial singkat. Jika masuk via udara diberi 30 hari. Apply visa baru perlu untuk bekerja, sekolah, atau yg lain

      1. jadi nggak usaha urus visa ya mas, cukup bawa paspor aja ya mas? trimakasih infonya. maklum pemula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s