Bahasa isyarat saja belum cukup di Beijing

Jarak antara hotel dan China National Convention Center sebenarnya tidak cukup jauh, perlu 30 menit jalan kaki. Namun karena pagi itu sangat dingin saya berniat naik taxi menuju CNCC. Mencari taxi bukan perkara mudah di pagi hari, banyak yang penuh juga. Setelah berusaha beberapa menit dapat juga taxi kosong. Segera melompat ke taxi dan menyampaikan tujuan ke sopir taxi dalam bahasa Inggris. Rupanya tak dipahami juga, peta dari handphone disodorkan, tak diketahui juga oleh sang sopir. Usaha gagal dan sang sopir memberi tanda untuk segera turun dari taxi. Upaya selanjutnya, menanti taxi berikutnya dengan harapan kali ini sopir bisa bahasa Inggris. Hasilnya sama saja. Harus keluar dari taxi lagi. Usaha ketiga lumayan berhasil….Setelah taxi kedua tak juga mengerti maksud saya, segera saya mencari cara lain yakni mencari orang yang kira-kira bisa berbahasa Inggris untuk sekedar bertanya. Lagi-lagi tidak mudah rupanya. Setelah berkali-kali mencoba akhirnya ketemu 2 orang laki-laki mudah dan bisa berbahasa Inggris. Rupanya merekan berdua sedang menuju tempat yang sama. Akhirnya kami naik taxi bersama-sama. Sementara selamat sampai tujuan. Nah, agar perjalanan di Beijing menyenangkan dan bagi yang tidak bisa berbahasa Mandarin ada baiknya ikuti tips berikut :

  • Mintakan pegawai hotel untuk menuliskan tujuan Anda dalam tulisan China. Meskipun Anda dapat mengingat dan melafalkan nama tujuan membawa tulisan ini sangat penting mengingat pelafalan bahasa China itu dipengaruhi tinggi atau rendah suku kata yang diucap.
  • Selalu bawa peta untuk kondisi darurat. Banyak peta yang juga dilengkapi dengan tulisan China dan ini akan memudahkan sopir atau siapa saja yang Anda tanya.
  • Pesan taxi lewat petugas hotel dan pastikan sopir menggunakan argometer. Pernah sekali saya mendapati sang sopir tidak menyalakan argometer. Permintaan menyalakan argometer tidak dipahaminya dan akhirnya bayar sesuai yang mereka minta.
  • Hafalkan beberapa kata penting seperti ‘berhenti disini’, ‘kiri’, ‘kanan’, dll

Kalau Anda menganggap kesulitan komunikasi ini sebaagai sebuah petualangan maka perjalanan Anda akan tetap menyenangkan dan berkesan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s