Tips memesan kamar hotel via travel online (Booking.com, Agoda.com, Asiarooms.com)

Pada artikel Memesan hotel online . Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com? terdapat beberapa komentar yang mengeluhkan kesulitan saat memesan kamar hotel melalui Agoda.com. Penyebabnya adalah voucher tidak diterima dengan alasan teknis. Penyebab lain tidak terkirimnya voucher karena kesalahan memasukkan alamat email saat pembukuan. Sementara pembayaran Agoda.com dilakukan saat reservasi selesai, sehingga kartu kredit sudah langsung dipotong. Layanan bantuan baik melalui email atau telepon dikeluhkan tidak responsif. Nah agar Anda tidak mengalami kesulitan-kesulitan yang sama ada baiknya simak beberapa tips ringkas di bawah sebelum bertransaksi melalui travel online.

Tips bagian pertama ini dikhususkan untuk menghindari kegagalan pengiriman voucher.

  • Member atau Profile. Sebelum bertransaksi sebaiknya Anda membuat profile terlebih dahulu. Anda akan mudah melakukan penelusuran jika terjadi kegagalan pengiriman. Manfaat lain adalah memudahkan jika terdapat perubahan pemesanan atau bahkan pembatalan pemesanan. Dengan membuat profile terlebih dahulu berarti akan mempercepat proses booking dan menghindari kesalahan pengisian data. Fasilitas ini gratis di semua travel online tersebut.
  • Alamat email. Pastikan Anda memasukkan alamat email dengan benar. Disarankan menggunakan email yang biasa Anda gunakan. Agoda.com akan mengirimkan electronic voucher yang Anda masukkan ini. Booking.com akan mengirimkan pemesanan melalui email juga. Jika Anda memesan voucher melalui Agoda.com pastikan setting email Anda memperbolehkan lampiran dalam format pdf.
  • Catat Booking ID. Begitu transaksi selesai segera catat Booking ID, atau bisa dicetak layar komputer baik melalui printer atau format pdf.

Nah, agar kemudahan dan keuntungan pesan hotel online dapat dinikmati maksimal pertimbangkan juga tips-tips lain berikut sebelum memesan kamar hotel via travel online.

  • Tentukan terlebih dulu lokasi/area hotel yang diinginkan. Adalah penting untuk menentukan lokasi/area hotel yang diinginkan agar lebih cepat memperoleh kamar hotel. Namun jika Anda punya cukup waktu tidak ada salahnya untuk mencari tahu hotel-hotel lain di sekitarnya. Misalnya Anda menginginkan hotel di kawasan Seminyak Bali, maka fokuskan pencarian di kawasan ini terlebih dulu mengingat Bali menawarkan hotel sangat banyak. 
  • Tentukan perkiraan harga. Banyak hotel di tawarkan dengan variasi harga yang lebar. Jika harga kamar hotel menjadikan pertimbangan memilih hotel sebaiknya pencarian diurutkan berdasarkan harga, bisa dari yang murah ke mahal atau sebaliknya.
  • Baca review oleh pembeli sebelumnya. Review oleh pengguna sebelumnya merupakan informasi yang sebaiknya dibaca dulu. Dari review ini Anda akan mendapatkan gambaran kondisi hotelnya. Sejauh ini review ini relatif jujur.
  • Gunakan Rupiah dalam pembayaran. Travel online biasanya menyediakan kamar hotel seluruh dunia, sehingga pembayaran dapat dilakukan dalam beberapa mata uang penting. Sebaiknya memilih harga dalam Rupiah untuk menghindari fluktuasi nilai tukar dari kartu kredit. Agoda.com salah satu diantara travel online yang menerima pembayaran dalam Rupiah.
  • Gunakan informasi data tamu yang akurat. Untuk memudahkan proses check-in di hotel, selalu gunakan informasi akurat, khususnya untuk Nama, Nomor Identitas (KTP/Passport), dan penghuni kamar. Ketidak sesuaian informasi di voucher akan menyulitkan Anda. Ketidak sesuaian jumlah penghuni kamar akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya kamar biasanya hanya boleh digunakan untuk 2 orang, jika Anda menginginkan satu kamar untuk 2 dewasa dan satu anak, maka informasi ini harus disampaikan saat pemesanan.
  • Informasi Kartu Kredit. Agar proses verifikasi pembayaran berlangsung cepat, maka gunakan informasi kartu kredit seakurat mungkin. Disamping nomor kartu, Anda akan diminta informasi tentang masa laku kartu, bank penerbit, alamat tagihan (beberapa situs tidak mensyaratkan ini), dan CVV. Penting diketahui bahwa informasi ini sangat rahasia, namun Anda tidak usah kuatir karena situs-situs travel online itu telah dilengkapi dengan standar sekuriti transaksi yang cukup.
  • Perhatikan kondisi dan syarat harga kamar. Situs online juga melengkapi dengan kondisi dan syarat. Hal penting yang patut dicermati adalah apakah harga sudah termasuk pajak, sarapan atau biaya lain.
  • Fasilitas kamar. Perhatikan fasilitas fasilitas yang diberikan. Situs menginfornasikan fasilitas-fasilitas ini, misalnya fasilitas pembuatan kopi/teh, kolam renang, internet, fasilitas kebugaran. Perhatikan apakah fasilitas itu gratis atau berbayar.
  • Syarat pembatalan atau perubahan jadwal. Penting juga untuk membaca syarat-syarat jika Anda terpaksa harus membatalkan pemesanan atau sekedar merubah jadwal menginap. Hal pertama yang harus diketahui adalah apakah hal tersebut dimungkinkan. Bagaimana syarat dan perlakuannya juga harus menjadi perhatian Anda, termasuk mekanisme pengembalian pembayarannya. Syarat pembatalan masing-masing hotel bisa berbeda kendati memesan dari travel yang sama.

Dengan mencermati tips di atas setidaknya akan memudahkan mendapatkan kamar hotel di negara manapun.

Artikel yang direkomendasikan :

232 respons untuk ‘Tips memesan kamar hotel via travel online (Booking.com, Agoda.com, Asiarooms.com)’

  1. pak toto saya salah booking tanggal di asiarooms dan sudah melakukan pembayaran melalui credit card , sudah mendapat kode bookingnya via tlp tapi belum melalui email, masih bisa di ubah tanggalnya ga pak? mohon dibantu. makasih

  2. Salam kenal Pak Toto. 9 Agt 2013 saya booking hotel melalui Agoda di Nasa Vegas Hotel Bangkok dan Bella Villa Prima Hotel Pattayautk 11-13 sept 2013 melalui cc teman saya. Karena bukan cc saya, saya takut ada masalah saat check in, lalu besoknya saya batalkan keduanya. Ketika tagihan ccnya datang, yang di nasa vegas tidak ditagih karena sudah dibataalkan, tetapi yang di Bella Villa Prima ditagih untuk biaya pembatalan bukan untuk biaya kamar. Apakah kamar di bella villa prima masih bisa kita gunakan padahal sudah dibatalkan tetapi tetap didebet utk biaya pembatalan. Jika tidak bisa, apakah duit kita bisa dikembalikan oleh biaya pembatalan yg telah didebit? Lalu kalau kita memesan hotel menggunakan cc orang lain tetapi blom didebit tagihannya, apakah akan menjadi masalah saat check in? Bagaimana agar tidak bermasalah jika menggunakan cc orang lain? Mohon penjelasannya Pak Toto. Tks banyak

    1. Hi Ririz,
      Untuk yang di Nasa Vegas belum ditagihkan ada kemungkinan karena prosesnya yang lebih lambat.
      Yang jelas jika sudah dibatalkan tetap tidak bisa digunakan walaupun sudah dikenakan biaya pembatalan (biasanya 1 malam). Uang pembatalan tidak bisa ditarik kembali.
      Jika ingin menggunakan CC orang lain, cobalah booking.com. Caranya dengan mengisi nama pemegang kartu dan menyatakan Anda memiliki izin untuk menggunakan kartu mereka, pada box Special Request ‘Permintaan Khusus’ saat melakukan pemesanan (dalam bahasa Inggris ya).

  3. Pak Toto, saya memesan hotel di malaysia lewat booking.com & baru melakukan konfirmasi email 21 jam kemudian, apakah nanti pesanan kamar saya bermasalah? & apakah jika saya sudah melakukan konfirmasi email, pesanan tsb msh bisa dibatalkan tanpa dikenai charge?

    1. Ade, saya yakin pemesanan Anda akan tetap dicatat oleh pihak hotel.
      Sedangkan pembatalan bisa dilakukan tanpa charge tergantung kondisi pemesanan, jika terdapat keterangan ‘Free Cancellation’ Anda bisa bisa membatalkan gratis asal belum melewati masa akhir pembatalan (biasanya 2 hari sebelum kedatangan).

  4. amankah kalo di voucherhotel.com Pak? secara disitus itu menyediakan opsi pembayaran tanpa CC dan cukup transfer via ATM trus vouchernya dikirim lewat e-mail..kalo melihat testimoninya sih oke2 saja…soalnya juga saya masih belum punya CC

  5. Pak toto.. udh hmpir 3 mggu yg lalu saya pesan hotel di lombok melalui booking.com.. saya sdh terima konfirmasinya melalu email.. nah yang ingin saya tanyakan knp pembayarannya kok blum dicharge ke kartu kredit saya?? Saya kira pembayarannya itu udj dicharge bersamaan dengan adanya konfirmasi lwt email td.. atau perkiraan saya tadi salah y pak toto?? Saya takutnya pesanan kamar saya blum dikonfirm ke pihak hotel. Mohon bimbingannya pak toto?? Suwun

    1. Agha,
      Untuk pembelian dengan kondisi kamar yang bisa di-cancel, pembayaran nanti saat check-out. Kartu kredit saat reservasi hanya untuk jaminan, jadi status-nya masih transaksi nggantung karena belum di-settle

  6. Pak Toto, saya mau nanya, saya berencana pergi ke Bali agustus ini, dan itu adalah peak season yang biasanya dikenakan surcharged, saya sudah melakukan pembayaran lewat agoda, apakah saya akan dikenakan peak season surcharged di hotel atau tidak? Terima kasih.

  7. Pak Toto, saya mau nanya. Saya rencana mau jalan2 ke China dan mesen kamar via Agoda ato booking dot com. Tapi saya bingung karena penerbangan saya ke China nyampe nya pagi sekali di bandara dan tentu pihak hotel di China sana tak akan perbolehkan saya untuk check in kamar di jam pagi-pagi sekali (apalagi kalo peak season). Yg mau saya tanyakan adalah, apakah saya harus book kamar pada tanggal saya mendarat di China ato saya book kamar pada tanggal sehari sebelum mendarat, Pak? Intinya saya dan keluarga sehabis mendarat ingin segera masuk kekamar untuk istirahat, Pak. Mohon penjelasannya.

    1. Hansen, sebaiknya pesen untuk malam sebelumnya juga. Tapi karena proses closing di hotel rata-rata jam 12 malam, akan sulit check-in di pagi buta. Alternatifnya, go-show saja sambil berharap kamar tidak penuh

  8. Siang Pak Toto, saya Mau bertanya, saya sudah booking ni pak untuk awal Bulan July perjalanan liburan di Thailand, saya booking melalui Agoda, nah pas saya booking itu saya booking dengan nama yg tidak memakai ID card saya, Seperti Paspor, atau KTP.. saya booking dengan nama panggilan saya, maklum pertama kali booking pak, diAgoda tidak dipandu untuk booking dengan ID card gitu pak.. dari kartu kredit semua sudah di potong dan saya dapatkan email booking-annya.. gimana ya pak ? mohon di pandu pak.. terima kasih 🙂

    1. Ping, secara umum booking hotel dan tiket harus sama dengan nama asli. Coba masuk ke Menu Manage my Booking untuk rubah nama, barangkali bisa.

  9. siang, pak toto. saya sudah booking di agoda dengan nama dan kartu kredit orang tua saya, apakah pada saat saya check in di hotel, saya akan ditanyakan mengenai kartu kredit ortu saya?

    dan yang saya terima di email, berupa hotel voucher yang tidak tertulis booking reference numbernya.

    kira2 pada saat check in, apa saja yang dibutuhkan ya pak? terimakasih

    1. Faradina,
      Agoda sudah langsung debit full senilai pemesanan, jadi artinya sudah dibayar. Cukup tunjukkan vouchernya saja, di voucher tertulis kode booking

  10. pak toto,saya mau tanya,klo misalnya kita booking hotel via online,sdgkan kita ga pny kartu kredit,apakah bisa mggunakan paypal??klo blh tau prinsipnya paypal itu gmn??mohon jwbannya,,mksih

    1. Jarang ada yang pakai paypal, coba saja beli dari provider lokal seperti GoIndonesia.com bookpanorama.com atau raja kamar

  11. pak toto.. saya mau tanya.. biasanya saya pake agoda untuk booking.. habis booking kan langsung di charge ke CC yah.. bagaimana dengan booking.com ? apakah seperti itu juga ? atau nanti kita tetap bayar di hotel pas checkout, CC hanya digunakan untuk book saja ?

    1. Isman, booking.com akan me-reserved sejumlah nilai kamar (semalam biasanya). Pembayaran akan dilakukan di hotel, dan reserve akan dikembalikan. Reserve ini akan dieksekusi jika tamu tidak datang sesuai jadwal (no-show)

      1. jadi nanti kita tetap bayarnya pas di hotel ya ketika checkout..
        kemudian untuk pembayaran reserve yang dikembalikan, itu otomatis oleh bank nya yah ?

  12. Saya sebenarnya langganan di booking.com untuk booking hotel tetapi hari ini saya mengalami pengalaman dengan booking.com malah tidak mengenak kan. Udah ada email confirm malah nyampe hotel di citrus hotel johor bahru ditolak. Dinyatakan nama saya tidak ada di data reservasi. Akhirnya kita boyong2 barang untuk cari hotel lain.

    1. Khrisna, saya juga lbh sering pakai booking.com. Pernah mengalami hal yang mirip, pesan 2 kamar tapi hanya disiapkan 1 kamar. Konfirmasi dari booking.com ke hotel masih pakai manual, email atau fax. Mungkin ini yg membuat reservasi yang tak tercatat di pihak hotel.

  13. Selamat siang p.toto,hari jumat tgl 18 jan kami pesan kamar alpha kuala lumpur untuk in 22 feb out 24 feb 6 kamar sdh confirm via agoda.masalahnya 1 kamar u 3 orang type deluxe triple kami input isi 1 pax saja,bagaimana cara nya u mengkoreksi.
    mengingat kami ada di indonesia.

    Mohon bantuan nya.

    Book An : YUDI YUDONO WARIS MUNANDAR NO PEMESANAN 25974916

      1. MALAM PAK TOTO,HARI KAMI ADA TAMB BOOK 1 KAMAR ( SEBELUMNYA KAMI SDH BOOK DNG HARI YG SAMA 6 KAMAR ) VIA AGODA SDH CONFIRM NO BOOK : 27131555 SAMPAI SKRNG KOK KAMI BLM TERIMA EMAIL DARI AGODA,MOHON BANTUAN

  14. Pak, klo pesan kamar via Agoda tipe dorm untuk 2 orang apakah saya klik 2 pada kolom room, krn nanti hasilnya menjadi saya pesan 2 room sedangkan maksud saya pesan 1 kamar 2 bed, mohon infonya ya pak, thanks

      1. tapi saat mau pesan gak ada kolom keterangan pesan per bed pak adanya kolom jumlah kamar makanya saya klik 2, kemudian sy dpt confirm booking keterangannya saya pesan 2 kamar utk 2 org.
        bgmn ini pak apakah nanti sy sekamar dengan teman sy krn kami ingin tetap sekamar,,
        sebenarnya bgmn proses pemesanan kamar dorm yg tepat pak mohon infonya yaa, makasih 🙂

  15. Dear Pak Toto,

    salam kenal, saya sudah buat profile dan saya melakukan pembookingan hotel di singapore untuk tante saya, saya tulis nama tante saya, tapi pas voucher tiketnya keluar, kenapa yg muncul semua nama saya aja. client namenya nama saya juga.

    apakah akan jadi masalah nantinya pas tante saya check in? mohon informasi secepatnya, karena tante saya berangkat minggu depan.

    makasih.

  16. Siang Pak Toto, saya mau tanya, saya sudah transaksi untuk booking Hotel, tp saya baru sadar klau saya memberikan alamat email Ỳªήğ salah. Saya sudah baca beberapa comment Ỳªήğ bertanya sama bapak tapisaya tidak menemukan masalah Ỳªήğ sama. Bagaimana ya, pak… Saya bingung karena saya butuh voucher itu besok. Makasih, pak Toto

    1. Vera, maaf baru baca pesannya. Coba hubungi pihak hotel, apakah pesenan sudah tercatat. Booking.com tidak mengirimkan voucher, cukup email konfirmasi yang menyebutkan kode booking.

  17. Pak Toto, saya berencana akan memesan kamar via booking.com untuk kamar hotel di Hong Kong, saya juga berencana membayar biaya kamar secara tunai ketika sampai di hotelnya.

    Pada saat memesan online kan dibutuhkan otorisasi credit card, nanti limit cc yang ‘ditahan sementara’ senilai kamar hotel nya itu akan dikembalikan tidak Pak? Setelah dibayar cash.

    Sebab ada kasus orang memesan via booking.com dan telah membayar tunai dihotel tetapi limit cc yang di-hold tak kunjung kembali, Pak.

    1. Tanto, jika Anda memesan kamar dengan kode Tidak bisa dibatalkan maka saat booking akan langsung dipotong. Untuk kode lain biasanya booking.com akan melakukan hold sejumlah kamar untuk 1 malam saja. Saat check-out baru akan di settle oleh pihak hotel. Antara proses settle dan pengembalian hold memakan waktu agak lama, artinya begitu dibayar tidak serta-merta limit bertambah secara langsung.

  18. Pagi..saya ada booking hotel di malaysia yaitu ev world tgl 31 December 2012..kenapa blm kirim dalam bentuk pdf ya pak??
    makasih..

  19. Pak Toto saya mau nanya, jika memesan kamar hotel via Agoda yang tarifnya tidak dikembalikan kan itu artinya saya bayar full di tagihan cc saya, kemudian pada saat hari H saya tiba di hotel saya perlu memberikan deposits (uang jaminan) lagi tidak, Pak? Sebab saya kan sudah bayar full tarif kamar via Agoda jadi semestinya tidak perlu pakai uang deposit. Sebab saya kira deposit hanya diperlukan bagi yang belum membayar kamar sama sekali. Mohon pencerahannya.

    1. Bunga, jika pihak hotel minta deposit itu hanya untuk pemakain minibar, room service, binatu, telp, dll. Bukan untuk biaya kamar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s