Kawasan Masjidil Haram terus dibenahi

Sudah lama tidak mengunjungi Masjidil Haram atau Anda memiliki rencana Haji atau Umroh? Bersiaplah untuk melihat kawasan Masjidil Haram dengan suasana baru. Akhir Oktober 2010, sedang berlangsung pembenahan di kawasan Masjid Suci ini. Beberapa bangunan baru sudah selesai, diantaranya jam raksasa di atas Zam Zam Tower. Perubahan paling menonjol adalah perluasan masjid, untuk menampung jemaah haji terus bertambah dari tahun ke tahun. Dilanjutkan dengan penataan kawasan di seputaran Masjidil Haram, hingga area di luar ring-1 Masjidil Haram. Konstruksi-konstruksi baru tampak menonjol dengan crane-crane menjulang. Bukit-bukit tampak terkepras. Hunian-hunian lusuh segera ditata ulang. Pasar seng yang terkenal itu kini tinggal kenangan. 

Gambar di samping adalah konstruksi perluasan masjid Masjidil Haram, dimana pengerjaan dilakukan nyaris 24 jam. Perluasan dalam gambar ini terletak di sebelah kiri Hotel Intercontinental. Gambar pengembangan terlihat di billboard yang dipasang di beberapa kawasan menunjukkan bahwa pembenahan kawasan Masjidil Haram ini tidak hanya ring 1 tapi hingga radius lebih dari 1 km dari masjid. Saya sendiri setuju dengan penataan ini sebab dibandingkan dengan kawasan Masjid Nabawi, kawasan Masjidil Haram relatif tidak tertata sebagus Masjid Nabawi. Nah dengan pembangunan besar-besaran ini tentu debu menjadi masalah yang dihadapi oleh jamaah. Memakai masker disarankan untuk menghindari ekses debu tersebut.

Jika penataan ini tuntas keseluruhan tentu akan makin membuat kawasan Masjidil Haram makin cantik. Gambar di samping adalah Zam Zam Tower dengan jam raksasa di puncaknya. Jam raksasa dengan diameter 45meter ini kini menjadi landmark kota Mekkah dan masih terlihat dalam radius 8km. Zam-zam tower juga menjadikan kawasan sekeliling masjid dipenuhi dengan gedung-gedung jangkung. Pembangunan Zam-Zam Tower beserta bangunan pendukungnya merupakan rangkaian dari penataan kawasan itu sendiri. Secara pribadi saya masih lebih suka gedung jangkung hanya dibangun di luar Ring 1 masjid. Terlepas dengan kapan penataan ini rampung, saya tetap merindukan Masjidil Haram. Semoga masih diberi kesempatan untuk datang lagi.

Artikel terkait :

Iklan

4 respons untuk ‘Kawasan Masjidil Haram terus dibenahi’

  1. Piye, apo ketemu sing mak sreng di hati……semoga Allah SWT maringi opo sing dadi pengarep arep nganti saiki

  2. Mudah-mudahan hajinya diterima ALLAH SWT amiin, pak Haji apa sudah sampai di Indonesia? Saya menunggu informasi lebih banyak lagi tentang kota Mekah dan Madinah versi pengamatan mas toto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s