Kini liburan ke Bangkok bisa lebih murah

Ini bukan karena sedang ada diskon besar-besaran di Bangkok. Juga bukan karena  harga-harga di sana sedang menurun. Sebenarnya lebih murah itu disebabkan apresiasi rupiah terhadap dollar Amerika dan sementara posisi Thailand Bath terhadap USD relatif stabil. Tahun 2009 lalu rupiah terapresiasi sebesar 15 % terhadap dollar Amerika, sedangkan apresiasi Thailand Bath tidak setinggi rupiah. Penguatan Rupiah terhadap USD secara langsung juga membuat IDR menguat terhadap THB.  Semisal, Mei lalu 1 THB setara dengan IDR 303, posisi awal tahun ini menjadi IDR 279 saat 1USD dihargai IDR 9240. Ini artinya kini berlibur ke Bangkok bisa lebih murah 7% dibandingkan setahun lalu, apalagi harga-harga di Thailand cenderung stabil karena inflasi yang rendah. Kondisi ini bertolak belakang saat krisis Asia tahun 1998 lalu. Meskipun sama-sama dilanda krisis hebat, penurunan rupiah lebih parah dibandingkan dengan bath. Pergerakan nilai tukar juga berpengaruh pada tujuan turis dunia. Kenapa?

Negara-negara dengan mata uang kuat (cenderung menguat) maka nilai uangnya secara relatif lebih bernilai terhadap mata uang lokal. Artinya uang yang mereka pegang akan dihargai lebih banyak dengan mata uang lokal. Saat ini, mata uang yang cenderung menguat adalah Euro, Dollar Australia dan Yuan. Pemegang mata uang ini akan diuntungkan jika berlibur ke negara-negara dengan mata uang cenderung melemah. Artinya pengeluaran mereka di negara tujuan akan lebih sedikit dalam mata uang-nya. Akhirnya turis dari negara-negara tersebut akan terdorong untuk berlibur ke luar negaranya karena akan lebih murah.

Dan selain karena apreasiasi rupiah atas bath, untuk mendapatkan liburan yang murah gabungkan dengan perencanaan liburan jauh-jauh hari. Setidaknya Anda akan berpeluang mendapatkan tiket promo. Sementara untuk hotel relatif tidak berbeda meskipun pesan jauh-jauh sebelumnya. Selamat berlibur.

Artikel terkait :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s