Ini dia…. Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) GBK yang sedang hits

JPO GBK(1)Selalu ada yang baru di Jakarta, begitu pula dengan tempat-tempat foto. Sebagai bagian dari penataan Jalan Sudirman-Thamrin, jembatan penyeberangan ikut ditata lagi. Dan yang sedang hits adalah JPO Gelora Bung Karno. Diantara JPO yang yang ada di Jakarta, JPO GBK didesain sangat kekinian, ditambah tata lampu menarik. JPO GBK tidak sendirian, ada 2 JPO lain di dekatnya dengan desain mirip dan menjadi magnet untuk berfoto.

Filosopi Jembatan. JPO Bundaran Senayan, GBK, dan Polda Metro memiliki kemiripan desain. Tidak seperti JPO lainnya, ketiganya disusun dari bidang-bidang berbentuk cincin pipih mulai jalan naik hingga di jembatannya sendiri. Lantai jembatan dibuat dari material bertekstrur kayu berwarnya coklat. JPO GBK berbeda dibandingkan dengan JPO Bundaran Senayan dan JPO Polda Metro Jaya. Cincin gelora pada JPO GBK didesain agar terlihat seperti cincin puntir yang merupakan representasi dari semangat olahraga yang menjadi ciri khas di kawasan Senayan. Cincin gelora sendiri merupakan simbolisasi dari gejolak dan semangat bangsa Indonesia untuk terus maju dan berkembang. Tidak hanya sebagai simbol saja, tapi bentuk ini juga dipilih selain untuk optimalisasi cahaya matahari yang dipantulkan ke atas jembatan, juga untuk menangkap transformasi cahaya yang dinamis dari pagi sampai sore hari, hingga munculnya pencahayaan buatan dari lampu LED di koridor Sudirman.

JPO GBK(2)

Kekuatan desain yang artistik inilah yang menjadi magnet bagi sebagian warga untuk datang, melihat dan menikmati indahnya jembatan ini. Apalagi saat malam tiba, tata cahaya yang cantik membuat JPO GBK menjadi tempat yang sedang hits di Jakarta untuk berfoto. Malam minggu merupakan saat paling ramai di jembatan ini, bahkan terkadang pejalan kaki sedikit terhalang karena menunggu warga yang sedang berfoto di atas jembatan. Sebagian mereka berlama-lama berada di atas jembatan untuk sekedar menikmati pemandangan sekitarnya. Lampu gedung-gedung di kawasan SCBD juga menjadi obyek menarik untuk dinikmati, begitu juga dengan kendaran di sepanjang Jalan Sudirman.

Menuju JPO GBK. Jembatan ini sangat mudah dijangkau dengan angkutan umum. Tinggal berhenti di Halte Gelora Bung Karno bagi pengguna TransJakarta. Halte ini tersambung langsung dengan JPO GBK. Atau bagi pengguna bus lainnya, tinggal berhenti di halte GBK yang terletak menempel dengan jembatan. Pengguna MRT tinggal stop di halte Istora.

Lihat juga video pendeknya di link ini atau indahnya lampu di atas jembatan di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s