Salahkah Lion Air mencabut fasilitas bagasi gratis?

lion air harnasYa, mulai 8 Januri 2019 ini, penumpang Lion Air & Wings Air tidak lagi mendapatkan bagasi gratis dan hanya bagasi kabin yang diberikan gratis. Tadinya Lion Air memberikan gratis 20 kg untuk penumpang domestik dan Wings Air memeberi 10 kg untuk setiap penumpang selain bayi. Sebagai gantinya, penumpang harus membayar bagasi tersebut sebelum terbang. Rencana menghapus bagasi gratis ini menjadi perbincangan di masyarakat, terutama pelanggan Lion & Wings Air. Kemudian Menteri Perhubungan meminta pencabutan bebas bagasi tercatat ini berlaku mulai 22 Januari 2019. Tapi, salahkah Lion Air melakukan itu?

Mari kita tengok aturan yang berlaku untuk industri penerbangan Indonesia. Ketentuan soal bagasi ini sebenarnya diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Ketentuan bagasi tercantum pada pasal 22 berikut :

pasal 24 pm 185

Lion Air dan Wings Air  dikategorikan sebagai  airline dengan layanan np frills oleh Kementerian Perhubungan telah mengkategorikan. Dengan begitu tidak aturan yang dilanggar oleh Lion & Wings Air terhadap rencana penghapusan bagasi gratis tersebut.

lion air bagasi warta ekonomi
Bagasi Lion Air (foto : Warta Ekonomi)

Sebenarnya Lion Air tidak sendirian, Asia Asia Group sudah sejak lama memberlakukan ketentuan seperti ini. Penumpang yang membawa bagasi tercatat harus membayarnya saat check-in atau membeli saat pemesanan dengan harga lebih murah. Pola yang sama juga akan digunakan oleh Lion & Wings Air, yakni mendorong calon penumpang untuk membeli bagasi sebelum terbang, tentu dengan tarif lebih murah.

Daftar layanan maskapai Indonesia :

  1. Maskapai full service : Garuda Indonesia dan Batik Air,
  2. Maskapai medium service : Trigana Air service, Express Air, Sriwijaya Air, NAM Air dan Transnusa Air Service,
  3. Maskapai no frill service (Low Cost Carrier) yaitu Lion Air, Wings Air, Indonesia AirAsia, Indonesia AirAsia Extra, Citilink Indonesia dan Susi Air

Lion & Wings Air juga memberlakukan kebijakan untuk tiket yang dibeli sebelum tanggal 8 Januari 2019 tetap mendapatkan bagasi gratis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s