Cara cepat mendapatkan kamar hotel murah

hotel search engineTeknologi telah mengubah cara mengatur perjalanan. Sekarang ini untuk mendapatkan kamar hotel murahdapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pelancong tak perlu telpon sana-sani atau browsing banyak website atau aplikasi. Semua cukup dari aplikasi pencari perjalanan. Aplikasi ini akan bekerja untuk kita, mencari hotel yang kita diinginkan dan menampilkan tawaran paling murah. Sekarang ini banyak aplikasi pencari seperti ini, sebut saja Wego, Trivago dan HotelCombined. Yuk kita lihat satu per satu.

wego logoWego termasuk pelopor mesin pencari perjalanan. Tidak hanya menyediakan pencarian untuk hotel, Wego juga dapat digunakan untuk pencarian tiket pesawat terbang. Untuk pencarian hotel, Wego memberikan fasilitas pencarian sangat lengkap. Pelancong dapat memilah hotel berdasarkan range harga, rating tamu sebelumnya, jarak, bintang. Peengguna tinggal menentukan lokasi hotel yang dipilih dan tanggal menginap serta pilihan sortirnya. Selanjutnya Wego akan mencari hotel dan menampilkan harganya. Oh ya Wego juga menyediakan fasilitas diskon hari ini. Ini last minute deal dan harga paling menarik jika pesan mendadak

wego screenshoot
Tampilan layar Wego

Begini cara membacanya. Saya mencari hotel bintang 5 di Jakarta untuk check-in 19 Januari 2019 dan check-out 20 Januari 2019. Wego menampilkan banyak hotel yang tersedia sesuai kriteria. Saya ambil contoh Pullman Jakarta. Wego menampilkan 3 harga termurah yakni Rp. 1.325.000 dari Booking.com, Rp. 1.418.000 dari Prestigia dan 1.604.000 langsung dari Pullman. Harga dari website lain dapat dilihat dengan menekan tombol ‘SEMUA PROMO’.

trivago logoTrivago. Trivago gencar beriklan di saluran TV berbayar. Berbeda dengan Wego yang memiliki fasilitas pencarian tiket pesawat, Trivago hanya menyediakan pencarian untuk hotel saja. Tampilan awal Trivago sangat sederhana, hanya layar dengan kolom isian nama kota yang dipilih. Sesudah itu baru memasukkan tanggal menginap. Pelancong dapat memilah hotel berdasarkan range harga, tipe penginapan (bintang), rating tamu sebelumnya, lokasi hotel,  fasilitas yang diinginkan dan jenis kamar. Fasilitas sort by ditambahkan untuk memudahkan memilih.

trivago screenshoot

Sama dengan Wego, Trivago menampilkan 4 tawaran terbaik sekaligus. Tawaran termurah dari Expedia yakni Rp. 1.459.856 disusul dari website hotel Rp. 1.605.841, Mister Aladin Rp. 1.605.841 dan Nusatrip seharga 1.740.259. Tobmol View Deal akan menyambungkan dengan Expedia untuk pemesanan. Gunakan tombol More deal from untuk tawaran lain dengan kondisinya masing-masing.

hotelscombined logoHotelsCombined. Aplikasi ini belum populer bagi pelancong Indonesia, meskipun HotelsCombined menawarkan pilihan hampir di semua belahan dunia. Layar pertama HotelsCombined didominasi warna biru favorit saya. Pelancong diminta mengisi kota, tanggal menginap (check-in & out), dan jumlah tamu. Tombol search akan mengarahkan pada layar berikutnya yang menampilkan hotel-hotel sesuai kriteria. Dari layar kedua ini pelancong dapat menambahkan kriteria bintang, kisaran harga, maupun lokasi yang lebih spesifik (misalnya Jakarta Pusat).

hotelscombined screenshoot

Layar kedua HotelsCombined tampak lebih renggang dan menampilkan 3 pilihan yakni Prestigia dengan 1.258.988, Booking.com 1.325.250 dan dari website Pullman 1.325.250. View Deal akan mengarahkan pelancong ke website dari harga yang dipilih. Pilihan lain dapat dilihat dengan menekan tombol Compare.

Dari 3 pilihan aplikasi pencari ini didapat harga yang berbeda-beda. Tawaran terbaik dari Prestigia yang didapat dari HotelCombined. Pertanyaan selanjutnya adalah Mengapa Prestigia (juga situs lain) menawarkan harga berbeda meskipun menginap di tanggal yang sama? Jawabannya adalah :

  • Harga berbeda karena pengaruh nilai tukar yang ditetapkan masing-masing situs
  • Harga berbeda dikarenakan kondisi pemesanan yang berbeda, misalnya apakah bisa dibatalkan atau tidak, apakah termasuk sarapan.
  • Jenis kamar mungkin tidak sama persis.

Dengan variasi yang sangat banyak, ada baiknya lakukan hal-hal berikut sebelumnya menentukan pilihan situs/aplikasi tempat memesan kamar.

  1. Bandingkan jenis kamarnya, superior, deluxe atau yang lain
  2. Pastikan harga yang ditawarkan termasuk sarapan atau tidak
  3. Pastikan harga sudah termasuk pajak & service
  4. Apakah pesanan dapat dibatalkan atau tidak

Kehadiran Wego, Trivago dan HotelsCombined sangat memudahkan pelancong untuk memilih hotel dengan harga terbaik, sekaligus dapat menghemat budget.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s