Menjelahi Nusa Penida dalam 8 jam saja

Broken1X
Broken Beach Nusa penida

Nusa Penida terkenal belakangan setelah Nusa Lembongan. Namun Nusa Penida tak kalah menarik dibanding pulau tetangganya itu. Nusa Penida juga lebih luas jadi banyak yang bisa dinikmati. Perjalanan kali ini diawali dari dari pelabuhan rakyat Sanur saat jam menyentuh angka 9 pagi. Hanya perlu 40 menit pelayaran dengan kapal cepat. Setelahnya, sampailah di pelabuhan Toya Pakeh dan siap untuk menjelajahi Nusa Penida.

Nusa Penida makin populer akhir-akhir ini. Media sosial membantunya untuk menjadi terkenal. Banyak spot-spot yang instagramble dan ini yang menggiring pelancong untuk datang ke Nusa Penida.

Broken Beach. Pantai ini sebebarnya bernama pantai Pasih Uug. Legenda menyertai terjadinya pantai ini. Menurut legenda atau cerita rakyat yang singkat tentang terbentuknya Pasih Uug ini bermula dari salah satu keluarga yang bermukim tepat di atas yang belum terbentuk lubang besar menganga. Seputaran pasih uwug ini dihuni oleh beberapa keluarga petani, tempat tinggalnya pun terpencar, selain yang tinggal diatas tanah yang dulunya sebelum terjadi proses lubang ada yang tinggal ditepi tebing bahkan di seberang tebing yaitu tepatnya di atas batu yang ada di seberang, konon dulunya menjadi satu daratan dengan posisi lubang besar sekarang ini. Kini lubang pantai ini menjadi spot paling digemari pelancong, apalagi disempurnakan dengan air laut yang super jernih biru kehijauan.

Broken2X

Menuju Broken Beach bukan tanpa tantangan, harus melintasi jalan sempit dan beberapa ruas diantaranya jalan rusak. Dari area parkir pelancong masih perlu melewati jalan setapak dengan kondisi bagus. Tapi itu semua akan terbayar lunas setelah melihat dari dekat sang Broken Beach ini. Terdapat anjungan kayu untuk memanjakan pelancong mengambil gambar dari view terbaik.

Angel’s Billabong. Tak jauh dari Broken Beach terdapat pantai lain yang sangat unik, namanya Angel’s Billabong. Pelancong tinggal menyusuri jalan setapak dari Broken Beach. Namanya terkesan asing, tapi bukannya tanpa maksud dinamai seperti itu. Angel yang berarti bidadari sementara kata billabong dalam bahasa inggris yang artinya ujung. Ringkasnya, inilah bidadari nya Nusa Penida.

Angel1

Yang paling menarik dari Angel Billabong adalah adanya kolam yang merupakan ujung dari sebuah sungai yang buntu. Kolam berair sangat jernih ini seperti cermin tembus pandang dan dapat melihat dasar kolam dengan jernih. Kolam ini adalah muara akhir dari Sungai Nusa Penida yang dihimpit tebing karang sebelum sampai ke laut lepas. Berada di tengah–tengah karang yang terbelah dan ditengahnya membentuk sebuah kolam. Air yang ada di kolam ini berasa dari sungai dan laut lepas. Saat air laut pasang, air laut akan masuk ke kolam ini. Di kolam ini pelancong dapat berenang, tentu setelah menuruni tebing batu  yang curam. Deburan ombak yang menghantam tepian tebing karang kolam Angel’s Billabong dan tumbuhnya lumut di sekitar karang–karangnya menyempurnakan kesan alami pada tempat ini.

Waktu terbaik ke Angel’s Billabong. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini saat musim kemarau, karena air di kolam Angel’s Billabong bisa saja menjadi keruh karena aliran sungai. Saat musim penghujan akses menuju Angel’s Billabong menjadi licin dan perlu berhati-hati. Dan lebih baik untuk tidak datang saat bulan purnama. Karena saat purnama adalah waktu air laut mengalami air pasang tertinggi, jadi ombak – ombak dari laut yang masuk ke celah – celah karang di tebing sekitar kolam akan semakin besar.

Crystal Bay. Dinamai demikian karena teluk ini berair jernih seperti kristal. Nusa Penida juga menjadi spot diver dengan berbagai jenis ikan dan biota laut di bawah laut dengan jelas. Jika yang tak ingin diving atau snorkeling, jangan kecewa karena pantai ini memiliki view sangat indah. S

CrystalBay1X

Pelancong dimanjakan dengan pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi Pantai Crystal Bay. Pasirnya putih dan cukup bersih. Terdapat pulau karang yang berdiri kokoh di depan pantai. Pulau ini bernama Pulau Batu Mejineng Nusa Penida dengan luas kurang dari 1 hektar. Terdapat juga Pura Batu Mejineng di pulau kecil ini yang menjadi tempat persembahyangan umat Hindu. Untuk mencapai pulau kecil yang berjarak sekitar 50 km dari bibir pantai Crystal Bay ini pelacong dapat menggunakan perahu yang disewakan. Crystal Bay hanya berjarak sekitar 15 km dari Pelabuhan Toya Pakeh ditempuh sekitar 40 menit.

Jika tak ada rencana diving, pelancong dapat menikmati pantai untuk sekedar berjemur di kursi-kursi pantai yang disewakan.

Menuju Nusa Penida. Nusa Penida dapat dicapai dengan menggunakan kapal cepat dari Sanur. Terdapat banyak perusahaan penyeberangan di sini, tinggal pilih saja. Nah, karena tidak ada dermaga di pelabuhan rakyat Sanur ini, maka disarankan pelancong menggunakan sandal dan celana pendek.

Transport di Nusa Penida. Tidak ada angkutan umum di Nusa Penida, pelancong dapat menyewa mobil atau motor. Untuk pergi rombongan disarankan untuk membeli paket tour dengan harga mulai 330 ribu untuk rombongan minimal 5-6 orang. Atau jika ingin lebih berpetualang dapat menyewa motor selama di Nusa Penida.

Rekomendasi Itinerary NusaPenidaSpot
07.30 AM Meeting Point di Pelabuhan Sanur
08.00 AM Berangkat menuju Nusa Penida dengan Speedboat
08.30 AM Tiba di Pulau Nusa Penida
09.30 AM Tiba di Spot Pertama Broken Beach & Angels Billabong
12.00 PM Tiba di Kelingking Beach & Paluang Cliff
13.00 PM Diantar ke lokasi makan siang
14.30 PM Tiba di Crystal bay dan menikmati hamparan pasir putih
15.30 PM Kembali ke Dermaga
17.00 PM Kembali ke Pantai Sanur menggunakan speedboat
17.45 PM Tiba di Pelabuhan Sanur

Jadi, kapan ke Nusa Penida?

Iklan

Satu respons untuk “Menjelahi Nusa Penida dalam 8 jam saja”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s