Tak perlu jauh-jauh ke Eropa, cukup ke Kali Besar Jakarta

Senja di Kali Besar
Senja di Kali Besar

Eropa masih tetap menjadi mimpi sebagian pelancong Indonesia. Inggris, Perancis, Italia, Belanda, Jerman merupakan negara -negara Eropa yang populer bagi turis Indonesia. Salah satu daya tariknya adalah bangunan-bangunan klasik yang tetap terjaga hingga kini. Belum kesampaian ke Eropa? Tak usah kuatir. Sebagai pemanasan datang saja ke kawasan Kota Tua Jakarta. Di sana banyak gedung-gedung kuno peninggalan jaman kolonial dengan suasan Eropa. Dan kalau ingin mendapatkan rasa berbeda, datang saja Kali Besar Jakarta.Masih berada di kawasan kota tua, Kali Besar berada 1 blok di sebelah barat Museum Fatahillah. Merupakan sepenggal sungai Kali Besar yang telah ditata ulang. Nuansa Eropa cukup kental karena di sisi sungai terdapat bangunan-bangunan kuno peninggalan jaman kolonial. Kali besar dilengkapi dengan taman dan tempat duduk, juga anjungan di permukaan sungai. Pedestrian sudah tertata rapi. Fasilitas parkir disediaakn di pinggir sungai meskipun tidak cukup banyak kapasitasnya.

Malam di Kali Besar Jakarta
Malam di Kali Besar Jakarta

Kali Besar sangat mudah dijangkau. Kalau Anda ingin menggunakan transportasi umum, hanya perlu berhenti di halte Kota. Dari sana tinggal jalan kaki menyusuri Jalan Pintu Besar Utara di depan Museum Bank Mandiri, kemudian belok kiri. Kali Besar ada di sisi kanan.

Kali Besar Map

Malam adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Kali Besar. Lampu-lampu menjadikannya Kali Besar lebih indah. Jika kelak, restorasi bangunan di samping Kali Besar selesai, nuansa Eropa di kawasan ini akan makin kental. Kalau boleh berandai-andai, bangunan di sekitar sebaiknya dialihfungsikan dengan usaha terkait wisata. Saya lihat sudah ada guest-house dengan alih fungsi bangunan lama. Alih fungsi bangunan lama menjadi cafe ataupun restoran akan menjadikan kawasan ini lebih hidup di malam hari.

Enjoy Jakarta!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s