Ini dia! Alasan tak ada tiket domestik pada promo tiket gratis AirAsia?

Free Seats AirAsiaAkhir pekan ini, 27 Mei 2018, adalah hari terakhir promo tiket gratis Air Asia. Bagi pemburu tiket promo, inilah saatnya mendapatkan tiket murah untuk liburan selanjutnya. Promo yang ditawarkan kali ini adalah untuk penerbangan antara tanggal 1 November 2018 sd 31 Agustus 2019. Masih lama memang, tapi hitung-hitung membantu perencanaan liburan selanjutnya. Biar tidak salah sangka, yang dimaksud gratis di sini adalah untuk harga tiket dasar saja, belum termasuk airport tax, administrasi, asuransi yang tetap harus dibayar. Promo kali ini, Air Asia menawarkan tiket gratis ke ratusan destinasi. Tapi tak ada tawaran untuk sektor domestik Indonesia. Mengapa?

AirAsia X

Adalah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang membatasi tiket paling murah sebesar 30% dari penetapan harga. Kemudian, tarif batas bawah ini direvisi menjadi 40%.

Selain aturan tentang batas bawah dan atas tiket domestik berjadwal, PM juga mengatur beberapa hal yakni :

  1. Pemerintah menentukan harga tiket dengan komponen : tarif jarak, pajak, iuran wajib dan tuslah (jika ada).
  2. Kelompok layanan airline menjadi 3, Full Service (Garuda Indonesia & Batik Air), Medium Service & (Sriwijaya & Nam Air), dan No Frills (LCC).
  3. Airline dengan layanan penuh dapat memberlakukan tarif atas sebesar 100% dari tarif yang ditentukan. Maskapai layanan menengah dapat menetapkan 90% dari tarif sebagai batas atas, sedangkan maskapai budget maksimal 85% dari tarif
  4. Harga tiket pesawat dibedakan antara pesawat dengan kursi 30 dan di atas 30 kursi. Pesawat kapasitas kecil bertarif lebih mahal. Itulah mengapa penerbangan perintis (jika tidak disubsidi) jatuhnya lebih mahal.
  5. Harga tiket pesawat juga dibedakan antara pesawat jet dan baling-baling. Pesawat baling-baling menetapkan tarif lebih mahal dibandingkan pesawat jet. Ini karena struktur biaya pesawat jet lebih rendah dibandingkan baling-baling.
  6. Tarif bersifat flesibel karena faktor harga avtur dan nilai tukar rupiah, karenanya secara berkala Direktur Jenderal Perbuhungan Udara bakal melakukan evaluasi harga ini.

Jadi, mulai sekarang tak perlu berharap ada promo gratis tiket domestik Air Asia lagi ya.

Iklan

Satu respons untuk “Ini dia! Alasan tak ada tiket domestik pada promo tiket gratis AirAsia?”

  1. Ada lho pak yang “gratis” dalam negeri. Namanya final call. Cuma bayar dengan 500 BIG Point Air Asia+ Airport tax bisa terbang dari Jakarta ke Surabaya/Denpasar. Harus punya BIG Point sih.😁

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s