7 alasan untuk datang ke Jember Fashion Carnaval (JFC)

Tema Majapahit Jember Fashion Carnival (Foto : Detik.com)
Tema Majapahit Jember Fashion Carnival (Foto : Detik.com)

Berencana melihat Carnaval ke Brasil? Atau ke Bangkok? Tunggu dulu! Indonesia juga punya carnaval yang sangat tersohor dan mendunia. Adalah Jember Fashion Carnaval (JFC), yang  disebut layak masuk dalam Top-3 Calender of Event (CoE). Dan JFC 2018 pada bulan Agustus ini adalah penyelanggaraan ke 17. Keren bukan?

JFC ( Foto : Brilio.net )
JFC ( Foto : Brilio.net )

Sesuai namanya, carnival ini diadakan di kota Jember Jawa Timur, kota yang hanya berjarak sekitar 200 km dari Surabaya saja? Jember dapat dijangkau dengan pesawat terbang dengan transit di Surabaya. Alternatif lainnya adalah menggunakan kereta api dari Surabaya atau Banyuwangi. Banyak bus menuju Jember dari berbagai kota di Jawa Timur. Daripada jauh-jauh melihat carnival di negeri orang, kenapa tidak datang saja ke Jember Fashion Carnival. Berikut 7 alasan kenapa harus datang ke JFC :

  1. Setiap tahun JFC mengusung tema yang berbeda, jadi dipastikan Anda tidak akan mendapati atraksi yang sama dari tahun ke tahun.
  2. Untuk menyambut Asian Games, JFC 2018 bakal mengusung tema ASIALIGHT akan dipresentasikan dalam 10 defile. Dalam10 defile yang terpilih, akan mewakili Benua Asia dengan keelokan sejarah dan budaya. Kujang yang menjadi Pusaka Nusantara, Stars simbol dari cahaya, Thailand negara kerajaan Seribu Pagoda, Silla salah satu dari tiga kerajaan besar di Korea yang memiliki gendang tradisional bernama Seyogo berbentuk jam pasir, dan Shogun pemimpin para pejuang Samurai di era kekaisaran kuno Jepang.
  3. JFC menyuguhkan rangkaian acara dalam beberapa hari, bukan hanya puncak carnival saja. Dengan begitu, tidak akan sia-sia perjalanan Anda menuju Jember, terutama yang datang dari jauh. Adapun rangkaian JFC-17 meliputi:
    • 7 Agustus 2018 – Opening JFC International Event
    • 8 Agustus 2018 – Pets Carnival
    • 9 Agustus 2018) – JFC  International Conference
    • 9–12 Agustus 2018 – JFC International Exhibition
    • 10 Agustus 2018 – JFC Kids Carnival
    • 11 Agustus 2018 – JFC Rhythm Artwear Carnival
    • 12 Agustus 2018 – Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI)
  4. Datang ke JFC tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Biaya transport dapat disesuaikan, begitu juga dengan penginapan. Harga makanan di Jember juga murah.
  5. Bagi penggemar fotografi, tentu saja JFC menjadi obyek fotografi menarik.  Kostum dengan warna-warna cerah dan dengan desain-desain unik tentu bakal memuaskan mata & memperkaya portofolio foto Anda.
  6. Berburu kuliner & batik khas Jember. Batik dengan motif motif bergambar Jember Fashion Carnaval (JFC) dan daun tembakau yang menjadi salah satu ikon khas batik Jember.
  7. Dengan datang ke JFC, berarti Anda ikut menggerakkan perekonomian Jember. Bayangkan jika Anda ke luar negeri untuk melihat carnival, tentu uang Anda akan berputar di negara lain.

Akse transportasi ke Jember sangat mudah, dan dapat dijangkau dengan  :

  • Wings Air & Garuda Indonesia dengan transit di Juanda Airport. Garuda berangkat dari Juanda pukul 08:50, sedangkan Wing Air pukul 10:10. Masing-masing terbang sekali per hari.
  • Kereta Api :
    • Probowangi berangkat Gubeng 04:25
    • Mutiara Timur Siang berangkat Gubeng 09:00
    • Sri Tanjung berangkat Gubeng 14:00
    • Logawa berangkat Gubeng 15:30
    • Ranggajati berangkat Cirebon 05:00, Jogja 09:51, Gubeng 16:15
    • Mutiara Timur Malam berangkat Gubeng 20:00
  • Bus Antar Kota dari Surabaya dan kota-kota lain di Jawa Timur

Nah, mumpung belum terlambat, siapkan perjalanan ke JFC dari sekarang karena dipastikan hotel akan penuh sesak di hari-hari itu. Sampai ketemu di Jember.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s