Pesan kamar hotel ‘Jaman Now’, cukup dari gadget saja

IMG_0025Pernahkan Anda mengalami kesulitan mendapatkan kamar hotel? Lalu, Anda harus pindah dari satu hotel dan hotel lainnya? Dan Anda merasa telah membuang cukup banyak waktu untuk itu? Bahkan Anda tidak cukup nyaman untuk menanyakan banyak hal saat di berada di depan receptionist. Untuk menghindari ini semua sebenarnya Anda dapat memesan kamar hotel sebelum kedatangan. Banyak cara mendapatkan kamar hotel selain harus datang langsung (walk-in) ke reception hotel. Cara dulu biasa dilakukan adalah dengan membeli voucher hotel melalui travel biro. Tapi di jaman now, ada cara lain yang lebih mudah untuk mendapatkan kamar yakni dengan memesannya melalui travel online. Anda harus mencobanya.

Disamping mudah, memesan online juga banyak keuntungannya. Nah ini beberapa keuntungan jika memesan kamar hotel melalui aplikasi (juga website).

  • Harga termurah. Kini Anda dapat mendapatkan harga termurah untuk kamar hotel yang sama. Situs seperti Wego, Trivago akan membantu mencari hotel termurah. Dari sana, Anda akan tersambung ke aplikasi travel online yang menawarkan harga termurah itu.
  • Praktis dan cepat. Dibandingkan dengan memesan kamar langsung ke hotel atau melalui travel biro, memesan kamar hotel melalui aplikasi akan lebih cepat. Harga dan ketersediaan kamar akan dapat Anda ketahui saat itu juga. Cara ini juga lebih praktis karena Anda dapat melakukannya dari mana saja. Anda cukup membuka aplikasi Traveloka atau Tiket.com. Untuk hotel hotel di luar negeri cobalah pakai aplikasi Booking. com, Agoda, Hotel.com, atau Expedia.
  • Harga Diskon. Travel-travel online ini biasanya menjual kamar dengan harga diskon, bahkan terkadang dengan promo-promo lain khususnya untuk last-minute deal. Untuk member tertentu, Anda masih dimungkinkan mendapatkan diskon tambahan.
  • Kaya informasi. Anda dapat melihat foto-foto hotel & kamar yang akan dipesan. Anda lebih mudah mengetahui informasi penting lainnya seperti lokasi hotel karena biasanya dilengkapi dengan peta hotel. Dengan peta ini juga, dapat membantu Anda memilih hotel yang cocok sesuai aktifitas. Aplikasi ini juga melengkapi informasinya dengan tempat-tempat menarik di sekitar hotel dan ini akan memudahkan Anda untuk mengelola waktu-waktu kosong Anda.
  • Voucher elektronik. Anda tidak perlu lagi voucher karena pemesanan Anda tercatat di akun aplikasi. Anda tinggal menunjukkannya saat check-in.
  • Lebih personal. Karena Anda tidak perlu berhubungan langsung dengan petugas, maka pilihan kamar berikut rencana perjalanan Anda menjadi lebih personal.

img_5131.jpg

Nah, agar kemudahan dan keuntungan itu dapat dinikmati maksimal pertimbangkan tip-tip ringkas berikut sebelum memesan kamar hotel via aplikasi.

  • Tentukan terlebih dulu lokasi hotel yang diinginkan. Adalah penting untuk menentukan lokasi/area hotel yang diinginkan agar lebih cepat memperoleh kamar hotel. Namun jika Anda punya cukup waktu tidak ada salahnya untuk mencari tahu hotel-hotel lain di sekitarnya. Misalnya Anda menginginkan hotel di kawasan Seminyak Bali, maka fokuskan pencarian di kawasan ini terlebih dulu mengingat Bali menawarkan hotel sangat banyak.
  • Tentukan perkiraan harga. Banyak hotel di tawarkan dengan variasi harga yang lebar. Jika harga kamar hotel menjadikan pertimbangan memilih hotel sebaiknya pencarian diurutkan berdasarkan harga, bisa dari yang murah ke mahal atau sebaliknya.
  • Baca review oleh pembeli sebelumnya. Review oleh pengguna sebelumnya merupakan informasi yang sebaiknya dibaca dulu. Dari review ini Anda akan mendapatkan gambaran kondisi hotelnya. Sejauh ini review ini relatif jujur.
  • Gunakan Rupiah dalam pembayaran. Travel online biasanya menyediakan kamar hotel seluruh dunia, sehingga pembayaran dapat dilakukan dalam beberapa mata uang penting. Sebaiknya memilih harga dalam Rupiah untuk menghindari fluktuasi nilai tukar dari kartu kredit. Agoda.com salah satu diantara travel online yang menerima pembayaran dalam Rupiah.
  • Gunakan informasi data tamu yang akurat. Untuk memudahkan proses check-in di hotel, selalu gunakan informasi akurat, khususnya untuk Nama, Nomor Identitas (KTP/Passport), dan penghuni kamar. Ketidak sesuaian informasi di voucher akan menyulitkan Anda. Ketidak sesuaian jumlah penghuni kamar akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya kamar biasanya hanya boleh digunakan untuk 2 orang, jika Anda menginginkan satu kamar untuk 2 dewasa dan satu anak, maka informasi ini harus disampaikan saat pemesanan.
  • Informasi Kartu Kredit. Agar proses verifikasi pembayaran berlangsung cepat, maka gunakan informasi kartu kredit seakurat mungkin. Disamping nomor kartu, Anda akan diminta informasi tentang masa laku kartu, bank penerbit, alamat tagihan (beberapa situs tidak mensyaratkan ini), dan CVV. Penting diketahui bahwa informasi ini sangat rahasia, namun Anda tidak usah kuatir karena situs-situs travel online itu telah dilengkapi dengan standar sekuriti transaksi yang cukup.
  • Perhatikan kondisi dan syarat harga kamar. Situs online juga melengkapi dengan kondisi dan syarat. Hal penting yang patut dicermati adalah apakah harga sudah termasuk pajak, sarapan atau biaya lain.
  • Fasilitas kamar. Perhatikan fasilitas fasilitas yang diberikan. Situs menginfornasikan fasilitas-fasilitas ini, misalnya fasilitas pembuatan kopi/teh, kolam renang, internet, fasilitas kebugaran. Perhatikan apakah fasilitas itu gratis atau berbayar.
  • Syarat pembatalan atau perubahan jadwal. Penting juga untuk membaca syarat-syarat jika Anda terpaksa harus membatalkan pemesanan atau sekedar merubah jadwal menginap. Hal pertama yang harus diketahui adalah apakah hal tersebut dimungkinkan. Bagaimana syarat dan perlakuannya juga harus menjadi perhatian Anda, termasuk mekanisme pengembalian pembayarannya.

Jadi tidak ada ruginya memesan kamar hotel via aplikasi. Saya selalu memesan kamar hotel dari beberapa aplikasi, dan selama ini belum pernah mendapati masalah. Tinggalkan pesan di bawah jika ingin berbagi.

Iklan

Satu respons untuk “Pesan kamar hotel ‘Jaman Now’, cukup dari gadget saja”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s