Fokus : 8 rute unik penerbangan antar kabupaten di pulau Jawa

Wings-AirDibandingkan pulau lain di Indonesia, pulau Jawa memiliki sarana transportasi lebih baik. Semua kota dan kabupaten sudah tersambung satu sama lain dengan jalan darat. Belum lagi jalan tol trans Jawa-pun akan segera tersambung. Jalur kereta api membentang antara Merak hingga Banyuwangi. Pulau Jawa juga memiliki bandara besar bahkan bandara internasional. Kendati infrastruktur sudah memadai, penerbangan pendek menuju kota kabupaten tetap dibutuhkan. Dan berikut 8 rute reguler unik menuju kota kabupaten di pulau Jawa :

  1. Banyuwangi-Surabaya. Wisata Banyuwangi sedang digandrungi pelancong baik lokal maupun asing, sehingga bandara Banyuwangi (IATA:BWX) terus ditingkatkan fasilitasnya termasuk memperpanjang landasan pacu. Setelah vakum beberapa lama, rute Banyuwangi mulai diterbangi Garuda dari Surabaya, kemudian menyusul Wings Air. Dalam seminggu kedua airline ini terbang 21x, dengan Garuda terbang 2x per hari sementara Wings Air sekali perhari. Kedua airline terbang dengan pesawat ATR72. Jarak darat Surabaya-Banyuwangi 300 km lebih sedikit.
  2. Banyuwangi-Jakarta. Sukses dengan rute Surabaya-Banyuwangi, beberapa airline lantas membuka rute langsung Banyuwangi-Jakarta. Pada rute ini airline sudah menerbangkan pesawat jet kecil. Garuda terbang dengan Bombardier CRJ100, Nam Air menggunakan Boeing 737-500 dan yang terbaru adalah Citilink juga dengan Boeing 737-500. Makin banyak pilihan bagi pelancong untuk menjangkau Banyuwangi. Baca juga : Banyuwangi makin menggoda airline untuk singgah
  3. Tasikmalaya-Solo. Ini adalah rute terbaru Wings Air yang menghubungkan Tasikmalaya dan Solo. Wings Air akan terbang perdana dari bandara Wiriadinata Tasikmalaya (IATA:TSY) pada 28 Maret 2018 dengan ATR72. Pesawat berangkat dari Solo (IW1818) pukul 11:25 dan tiba 12:20, dan kembali dengan IW1819 pukul 12:40 dan tiba 13:40. Rute ini menjadi unik karena menyambungkan kota kabupaten dengan kota sedang (secondary hub). Solo dipilih kemungkinan karena Lion Group menjadikan Solo sebagai hub baru di selatan Jawa, sehingga penumpang dari Tasikmalaya dapat tersambung ke kota-kota lain di Kalimantan, Lombok, Surabaya, Bali.
  4. Halim-Tasikmalaya. Rute ini dibuka lebih dulu dibanding Tasikmalaya-Solo dan menjadi alternatif penumpang menuju Tasikmalaya disamping menggunakan bus. Dari Halim pesawat berangkat pukul 10:35 dan tiba 11:30 (55 menit) dengan kode IW1718. Penerbangan sebaliknya (IW1719) terbang 11:55 dan tiba di Halim 12:50.
  5. Surabaya-Sumenep. Berada di ujung timur pulau Madura, Sumenep memiliki bandara yang dinamai Trunojoyo (IATA:SUP). Nah, dari bandara Trunojoyo inilah Wings Air membuka rute ke Surabaya dan sebaliknya. Pesawat dengan rute IW1808 berangkat dari Surabaya menuju Sumenep pada pukul 12:45 selama 35 menit. Penerbangan kembali dengan kode IW1809 berangkat dari Sumenep pukul 13:45 dan sampai di Surabaya pukul 14:20. Sebenarnya Surabaya-Sumenep dapat dijangkau lebih mudah sejak dibukanya jembatan Suramadu. Kemungkinan Wings Air membidik penumpang dari Sumenep menuju kota-kota lain se Indonesia dari bandara Juanda. Di lain sisi, Sumenep memiliki potensi wisata yang besar. Sebut saja Gili Labak dan Gili Iyang yang eksotis.
  6. Surabaya-Jember. Rute unik lain adalah Surabaya-Jember, padahal kalau dihitung jarak, kedua kota ini hanya berjarak 200-an km. Jember memiliki bandara yang dinamai Notohadinegoro dengan kode JBB. Dari Surabaya, Garuda Explore terbang ke Jember setiap hari, berangkat dari Surabaya dengan kode GA7306 pukul 08:50 dan tiba di Jember 09:45. Pesawat yang sama kembali ke Surabaya dengan kode GA7307 10:20 dan sampai 11:15. Penumpang dari Jember dapat melanjutkan penerbangan ke Jakarta dan kota-kota lain. Dan Garuda tidak sendirian di rute ini, Wings Air juga membuka rute yang sama sesudahnya. Wings Air kode IW1872 berangkat dari Juanda pukul 10:10 dan tiba di Noto Hadinegoro pukul 11:00. Jadwal kembali dengan kode IW1873 berangkat dari Jember pukul 11:25 dan tiba di Juanda pukul 12:15.
  7. Halim-Pangandaran. Rute Halim-Pangandaran bukan rute baru. Adalah Susi Air yang rajin menerbangi rute ini.  Pesawat berangkat dari bandara NusaWiru (IATA : CJN) menuju Halim pada pukul 05:45 dengan kode SI235 dan tiba di Halim pukul 06:45. Penerbangan kembali ke Pangandaran dengan kode SI234 berangkat pukul 11:50 dan tiba di Pangandaran pukul 12:50.
  8. Halim-Cilacap. Susi Air terbang dari bandara Halim menuju Bandara Tunggul Wulung (CXP) Cilacap pada pukul 08:05 dengan kode SI238, dan tiba di Cilacap 09:15. Pesawat kembali ke Halim dengan kode SI239 pada pukul 09:20 dan tiba di Halim pukul 10:30.

Selain penerbangan reguler, Airfast Indonesia juga membuka rute charter Sumenep-Surabaya, Surabaya-Bawean, dan Surabaya-Karimun Jawa.

 

Iklan

Satu respons untuk “Fokus : 8 rute unik penerbangan antar kabupaten di pulau Jawa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s