Passenger Service Charge bandara Soekarno Hatta naik. Sepadan dengan layanannya?

airport taxSah! Mulai 1 Maret 2018, Passenger Service Charge (PSC) bandara Soekarno Hatta(SHIA) bakal naik. PSC atau PJP2U dulunya dikenal sebagai airport tax. Besaran kenaikan bervariasi antara terminal 1, 2 dan 3. Untuk terminal 2 & 3 dibedakan antara terminal domestik dan internasional. PSC Terminal 1 yang hanya melayani penerbangan domestik naik menjadi Rp 65 ribu dari semula Rp 50 ribu. Terminal 2 domestik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 85 ribu, sedangkan Terminal 2 Internasional tidak ada penyesuaian yakni tetap Rp 150 ribu. Terminal 3 Internasional sebelumnya Rp 200 ribu, disesuaikan menjadi Rp 230 ribu. Untuk penerbangan domestik di Terminal 3 lompat dari Rp 75 ribu menjadi Rp 130 ribu. Sebenarnya PSC tak lagi menjadi perhatian penumpang sejak masuk menjadi komponen harga tiket dan tidak membayar terpisah. Tapi kenaikan PSC dipastikan bakal mengerek harga tiket yang dibayar. Lalu, apakah kenaikan ini sepadan dengan fasilitas dan layanannya?

Bandara Soekarno Hatta sedang dan terus berbenah. Beberapa fasilitas dengan investasi mahal dibangun. Sky train dioperasikan untuk memudahkan penumpang berganti terminal. Kereta bandara sudah beroperasi sehingga menambah alternatif akses ke tengah kota. Bus bandara tersedia untuk berbagai jurusan di Jakarta dan kota penyangga. Juga terdapat bus JA Connection yang memudahkan penumpang menuju beberapa hotel & pusat belanja. Mesin check-in mandiri makin banyak dipasang di terminal keberangkatan. Khusus Terminal 3 dengan PSC tertinggi sudah dilengkapi berbagai fasilitas berkelas di dunia seperti  baggage handling system (BHS), Flight Information Display System (FIDS), Ground Support System (GSS), Visual Docking Guidance System (VDGS. Terminal 3 juga memperkenalkan petugas customer service khusus yang membantu penumpang. Terminal 2 juga dalam proses renovasi untuk menambah kapasitas. Baca juga Terminal domestik T3 SHIA versus Terminal Ngurah Rai Airport

Lalu, kalau dibandingkan dengan PSC bandara sekitar , kira-kira seperti ini :

PSC Asean.jpg

 

Dengan demikian, PSC untuk penerbangan domestik SHIA relatif lebih mahal dibandingkan KLIA & Bangkok, sedangkan PSC International lebih murah dibandingkan Changi & Bangkok, dan nyaris sama dengan KLIA.

Iklan

2 respons untuk ‘Passenger Service Charge bandara Soekarno Hatta naik. Sepadan dengan layanannya?’

  1. Sudah agak lebih baik, ada free WiFi dan tempat selonjoran tiap terminal. Tapi apa sudah sepadan? Kalau buka 24 jam mungkin baru sepadan, karena penumpang yang menyambung ke penerbangan pagi tidak harus keluar dan menggelandang di luar terminal. Seperti Changi atau KLIA lah seharusnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s