Tanya Jawab : Check-in & Check-out

Receptionist

Check-in dan check-out, dua istilah ini tentu tidak asing bagi yang sering menginap di hotel. Gampangnya Check-in adalah pendaftaran untuk masuk kamar, sedangkan check-out adalah pemberitahuan akhir masa tinggal. Keduanya memiliki aturan waktu berbeda. Waktu check-in adalah jam dimana tamu sudah diperbolehkan melakukan check-in, Check-in time rata-rata adalah antara jam mulai jam 1 atau 2 siang hingga larut malam, dan bisa berbeda tiap-tiap hotel. Check-out time adalah jam dimana Anda sudah harus meninggalkan hotel di hari terakhir menginap. Biasanya maksimal berkisar jam 11 s/d 12 siang. Waktu check-in & check-out bersifat situasional dan tergantung kebijakan masing-masing hotel.

Tidak semua tamu dapat check-in dan check-out sesuai kisaran waktu di atas. Terlambat check-in menutup peluang memilih kamar terbaik, bahkan jika sampai batas waktu tertentu bisa mengakibatkan kehilangan kamar pesanan, terutama jika pesanan kamar tanpa garansi. Sedangkan terlambat check-out tamu akan dikenakan biaya tambahan, dan bisa mencapai separuh dari harga kamar.

Paling cepat jam berapa bisa check-in?
Rata-rata hotel menetapkan waktu check-in paling cepat jam 13 atau jam 14.

Apa boleh check-in sebelum jam 13 atau 14?
Jika terdapat kamar kosong, biasanya hotel membolehkan check-in lebih awal. Tamu hanya perlu datang ke resepsionis dan menanyakannya.

Apa yang dilakukan saat check-in?
Jika Anda sudah memesan kamar sebelumnya (baik langsung atau melalui travel online) Anda tinggal sebut nama atau kode booking serta kartu identitas. Kartu identitas yang diperlukan adalah KTP untuk menginap dalam negeri dan passpor jika menginap di luar negeri. Tamu asing diwajibkan menyerahkan passport. Jika belum memesan sebelumnya, resepsionis akan membantu pemesan terlebih dulu. Oh ya, jika Anda menginap dengan pasangan di hotel syariah, resepsionis akan meminta identitas Anda dan pasangan untuk memastikan Anda pasangan sah. Namun terkadang resepsionis cukup melihat gesture Anda berdua untuk memastikan.

Apa diperbolehkan memilih kamar? 
Terdapat beberapa kelas kamar dengan konfigurasi tempat tidur, dan juga view berbeda. Pemilihan kamar ini sudah dapat dilakukan saat pemesanan online. Namun jika tidak, tamu masih berkesempatan untuk memilih kamar dalam satu kelas yang sama, dan jika kamar yang dipilih masih tersedia.

Apa yang dilakukan resepsionis check-in?
Setelah aministrasi identitas selesai, resepsionis akan memberi kunci kamar dan kupon sarapan jika harga kamar termasuk sarapan. Beberapa hotel bahkan menambahkan beberapa kupon tawaran fasilitas hotel lainnya, spa misalnya. Beberapa hotel menawarkan welcome drink saat check-in. Sesudah itu tamu bisa langsung menuju kamar, biasanya diantar oleh pegawai hotel, setidaknya membantu membawa barang bawaan tamu.

Kapan pembayaran dilakukan? 
Secara umum pembayaran dilakukan pada saat check-out, tapi beberapa hotel mewajibkan pembayaran di depan. Pembayaran juga bisa dilakukan pada saat pemesanan online. Anda tinggal menanyakannya saat check-in.

Apa yang dimaksud dengan uang jaminan? 
Beberapa hotel memberlakukan uang jaminan yang digunakan untuk pemakaian mini bar, mengganti kerusakan barang hotel. Uang jaminan ini akan dikembalikan saat check-out jika tidak digunakan. Sedangkan besarnya tidak sampai seharga kamar

Apa wajib memberi tips petugas pengantar ke kamar? 
Adalah hal yang umum, tamu memberikan tips kepada petugas pengantar ke kamar. Tapi ini tidak wajib sebenarnya. Nilainya sesuai keikhlasan tamu masing-masing.

Apa seharusnya dilakukan jika terlambat check-in? 
Sistem hotel biasanya memiliki cut-off jam 12 tengah malam atau satu jam sebelumnya. Sebaiknya tamu memberi tahu hotel jika check-in terlambat, dan hotel akan tetap menyediaan kamar untuk Anda.

Kapan waktu check-out untuk check-in malam hari? 
Jam berapapun Anda check-in, jam check-outnya tetap tidak berubah. Check-in jam 10 malam, jam check-out nya tetap jam 11 atau 12 keesokan hari.

Paling lambat jam berapa bisa check-out?
Rata-rat hotel menetapkan waktu check-out paling lambat jam 11 atau jam 12 siang. Saat check-in resepsionis akan memberitahu jam check-out untuk masa inap Anda.

Apa boleh check-out melewati jam 12 siang?
Jika kamar tidak dalam posisi dipesan tamu lain, biasanya hotel membolehkan check-out lebih lamat sekitar 1 jam. Tamu hanya perlu menghubungi ke resepsionis sebelumnya untuk minta kelonggaran. Jika kamar Anda sudah dipesan tamu berikutnya, maka Anda harus segera check-out. Jika check-out terlambat 2 sampai 6 jam, tamu akan dikenakan biaya tambahan setengah harga kamar.

Apa yang harus dibawa saat check-out?
Anda harus mengembalikan kunci kamar saat check-out. Menghilangkan kunci kamar biasanya akan dikenakan denda. Oh ya, pastikan tidak ada barang bawaan tertinggal.

Apa yang dilakukan resepsionis saat check-out? 
Resepsionis menghubungi petugas lantai untuk memeriksa kamar, memastikan tidak ada barang tertinggal dan tidak ada barang hotel yang terbawa. Jika terdapat fasilitas minibar di kamar, petugas akan menghitung jumlah pemakaian minibar. Petugas akan menginformasikan secepatnya ke resepsionis. Resepsionis juga akan meminta kunci kamar, menghitung pemakaian minibar (jika ada), kemudian memroses pembayaran, dan mengembalikan uang jaminan (jika ada).

Tulisan ini akan diperbarui secara berkala, untuk berdiskusi silakan tinggalkan pesan 

Baca juga : Barang gratis hotel yang boleh dibawa pulang

Iklan

3 respons untuk ‘Tanya Jawab : Check-in & Check-out’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s