Review : Hotel Bumi, Sekeping oasis di jantung kota Surabaya

img_3126.jpg
Tropical Garden Bumi Hotel

Bagi yang sering pergi ke Surabaya, hampir pasti tahu Jalan Basuki Rakhmad. Jalan yang tak pernah sepi dari lalu lalang kendaraan ini merupakan jalan poros menuju tengah kota dari sisi selatan. Merupakan kawasan bisnis utama di Surabaya, jalan ini mulai dijejali gedung-gedung jangkung, baik untuk kantor, gedung komersial, maupun hotel. Jalan Basuki Rakhmad memiliki banyak jalur dan didesain searah selatan ke utara. Selalu ramai nyaris 24 jam, jalan ini menjadi urat nadi penting geliat kota Surabaya. Diantara hiruk-pikuk jalan, terselip satu hotel yang menawarkan suasana berbeda di dalamnya. Begitu memasuki hotel ini, saya termanjakan pemandangan hijau menyegarkan. Ini seakan tidak berada di Surabaya, lebih terlihat sebagai hotel resor di Bali atau Jogja. Itulah Hotel Bumi Surabaya yang dulunya bernama Bumi Hyatt Regency.Resort tengah kota ini menempati area cukup luas untuk city hotel. Menyisakan sebagian lahannya untuk taman tropis seperti di foto di atas, di antara 3 bangunan utama, gedung perkantoran, bangunan hotel lama, dan menara tinggi di bagian belakang. Suasana traditional terasa kental saat melihat seragam pegawai hotel, apalagi saat musik yang diputar sayup-sayup mengisi indra dengar.

Kamar. Jujur, ukuran kamar di hotel ini sangat-sangat lega. Selain ber-AC, kamar dilengkapi dengan area tempat duduk, TV layar datar dengan berbagai channel asing, ketel listrik, brankas, meja kerja berikut sebuah kursi. Terdapat lemari tertutup yang dapat menampung beberapa lembar pakaian. Di lemari inilah diletakkan setrika berikut mejanya. 1 lembar sajadah disediakan untuk tamu.

Bed @BUMI Hotel Surabaya
Bed @BUMI Hotel Surabaya

Tempat tidur. Kualitas tidur adalah yang utama bagi saya. Dan hal pertama yang selalu saya lihat saat masuk kamar hotel adalah kualitas kasur dan bagaimana mereka menata bed sheet dan covernya. Di hotel ini,  penataan sudah cukup dengan rapi. Bed-sheet putih bersih tanpa tekstur. Hotel menyiapkan 2 bantal besar tanpa bantal kecil. Kasurnya juga sangat nyaman dari merk terkenal. Penggunaan warna coklat muda pada dinding memberi kesan elegan, tapi tak tampak fresh ataupun modern. 1 kursi santai berukuran besar diletakkan dekat dengan gordyn. Perabotan lain standar saja, seperti meja kerja, rak TV, kulkas kecil, tapi tertata cukup rapi. Beberapa lukisan kecil berbingkai melengkapi kamar tidur yang lega.

Bath Room BUMI Hotel
Bath Room BUMI Hotel

Kamar mandi. Kamar mandi juga sangat luas untuk ukuran hotel sekelasnya. Selain bathup, juga dilengkapi dengan shower. Tak ada pancuran model waterfall, hanya standard tapi air cukup deras. Pengaturan air panas & air dingin bekerja dengan baik. Terdapat 2 lembar handuk, masih terlihat putih. Ruang pancuran dipisahkan dengan pembatas kaca dengan posisi pintu tidak mengganggu tamu yang akan masuk ke pancuran. Lantai ruang pancuran dilapisi marmer, tidak terasa licin. Fasilitas lain seperti wastafel & closet tampak sudah tua tetapi semua bekerja dengan baik. Kamar mandi juga dilengkapi dengan shampoo dan sabun tetapi tanpa sabun cair. Hotel menyediakan sikat gigi dengan kualitas sedang. Untuk ukuran hotel bintang 5, perlengkapan mandi tergolong sangat sederhana.

Fasilitas kamar lainnya. Ketel air dan pendukungnya ditata di atas meja bersamaan dengan telepon, informasi hotel lainnya. 1 sandal dengan desain & kualitas biasa juga disiapkan untuk tamu. Begitu juga dengan safe deposit box. Tidak lupa rak untuk meletakkan koper juga disediakan. Panel lampu & listrik mudah dikenali dan tersedia colokan satu standard. Wi-Fi disediakan gratis dengan kecepatan akses sedang.

Sarapan. Sebenarnya menu sarapan lumayan beragam, menu lokal hingga internasional. Kondisi restoran juga bersih. Makanan fresh. Selain di ruang tertutup, tamu dapat bersantap di sisi luar dalam saung-saung. Meskipun variasi makanan sudah cukup lengkap, hanya ragam roti sangat sedikit untuk ukuran hotel sekelas. Tapi kopinya mantap.

Hal-hal yang saya sukai :

  1. Taman yang luas
  2. Pegawai ramah
  3. Ukuran kamar besar
  4. Harga kamar, saya kira sedikit under priced
  5. Lapangan tennis

Hal-hal yang saya kurang suka :

  1. Makanan
  2. Perlengkapan mandi, terlalu sederhana untuk hotel sekelas

Rekomendasi menginap untuk :

  1. Pelancong bisnis
  2. Keluarga dengan anak kecil

Ringkasan Layanan :

  1. Lokasi 9/10
  2. Harga 8/10
  3. Kamar 7.5/10
  4. Makanan 6.5/10
  5. Keseluruhan saya cukup puas menginap di hotel ini. Rasanya pantas untuk memberikan rating 7.8/10
Iklan

3 respons untuk ‘Review : Hotel Bumi, Sekeping oasis di jantung kota Surabaya’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s