Tetap berhati-hati saat traveling

Wat Arun Temple
Wat Arun Temple

Bom kembali mengguncang Bangkok tanggal 17 Agustus 2015 lalu. Dikabarkan setidaknya 22 korban jiwa dan ratusan lain luka-luka. Sebagian korban adalah para pelancong yang sedang berwisata ke Bangkok. Seolah waktu berbalik arah. Bom Bangkok ini mengingatkan pada Bom Bali 1 dengan korban jiwa lebih banyak. Kasus penyanderaan di sebuah klub malam di Australia adalah contoh lain. Yang terjadi adalah ketakutan & kepanikan para pelancong yang saat itu berada di lokasi. Kita tidak pernah tahu kejadian seperti itu kapan terjadi. Teroris bisa muncul di mana dan kapan saja. Pelancong diminta tetap berhati-bati dan waspada. Begitu juga dengan pelancong yang akan mengunjungi daerah yang habis tertimba kejadian mengerikan itu. Beberapa tips berikut dapat dipertimbangkan sebagai tindakan preventif.

  1. Hindari tempat-tempat popular bagi pelancong. Atau usahakan tidak terlalu lama berada di area tersebut. Aksi teroris sering kali menyasar tempat-tempat popular yang ramai dikunjungi pelancong asing. Harapannya adalah aksi terorisme itu bakal tersiar di media seluruh dunia.
  2. Cari tahu sentiment lokal. Misalkan terdapat sentiment anti Amerika di daerah tersebut, maka hindari tempat-tempat berbau Amerika.
  3. Selalu bawa dokumen perjalanan, atau foto copynya. Dokumen-dokumen ini kadang diperlukan saat-saat darurat.
  4. Catat dan bawa nomor telepon dan alamat penting. Nomor telepon kedutaan, nomor saudara jika terjadi kondisi darurat.
  5. Jika melancong dalam group tour, usahakan untuk tidak berpencar dari rombongan. Catat juga nomor telepon tour guide Anda.

Waspada dan berhati-hati setidaknya dapat mengurangi risiko perjalanan Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s