Beli tiket online (2) : Diantara AirAsia, Citilink, Mandala dan Lion Air, mana yang paling ringkas?

Mandala TigerAir
Mandala TigerAir

Sistem booking Mandala Air menggunakan system yang sama dengan TigerAir, induknya. Namun saat memasukkan mandalair.com pengunjung langsung diarahkan pada menu terkait keberangkatan dari Indonesia. Layar awal Mandala didominasi gambar besar yang berupa promo terakhir. Bagian Entry jadwal diletakkan di bagian tengah. Berbeda dengan AIrAsia & Citilink, menu isian tidak mencantumkan pilihan mata uang. Pilihan penumpang dewasa, anak dan bayi dicantumkan dengan drill-down. Karena menggunakan system TigerAir maka pilihan penerbangan mencakup semua rute TigerAir Group.

Setelah memasukkan isian pada bagian Entry, bagian Seleksi TigerAir akan harga semua rute sesuai isian untuk penerbangan TigerAir Group.  Keterangan harga ada di bagian bawah daftar. Setelah memilih rute, layar berikutnya akan menampilkan :

  1. Flight Detail
  2. Isian Nama penumpang
  3. Pembelian bagasi
  4. Pembelian peralatan olah raga
  5. Order makanan
  6. Boardmefirst, jika ingin masuk ke pesawat paling awal.
  7. Asuransi, dengan default beli

Bagian berikutnya adalah membeli kursi, sekali lagi dengan default beli dengan nomor kursi dicantumkan oleh system. JIka tidak berminat membelinya tingga tekan tanda ‘x’ di samping nomor kursi. Dan jika Anda Ingin kursi yang lain tinggal pilihan pada gambar di sebelah kanan.

Setelah layar pilih kursi, layar berikutnya adalah Pembayaran. Namun sebelum itu masih terdapat isian untuk mengisi contact detail. Bagian inimenurut saya tidak efisien, karena kemungkinan harus mengisi isian yang mirip dengan layar sebelumnya. Nah jika ANda ingin itinerary dikirim melalui SMS, maka akan dikenakan biara Rp. 8.000 per SMS. Sesangkan untuk pembayaran, Mandala menyediakan 4 macam melalui :

  1. Credit Card dengan biaya Rp. 54.000
  2. Voucher
  3. ATM BCA, Mandiri, BNI bebas biaya proses, dan
  4. Mandiri Clickpay
Iklan

2 respons untuk ‘Beli tiket online (2) : Diantara AirAsia, Citilink, Mandala dan Lion Air, mana yang paling ringkas?’

  1. sayang ya pak, Mandala sudah tidak ada. Padahal waktu gabung Tiger, meski logonya sama, selalu pilih Mandala. Kenapa?karena makanan dan bagasi Mandala lebih murah daripada Tiger. Dan Tiger pun kini berubah menjadi Scoot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s