Lakukan 9 hal ini sebelum pergi berlibur

IMG_0157Pernahkan Anda harus buru-buru bayar tagihan ini itu saat sedang liburan? Atau tiba-tiba melupakan PIN ATM & kartu kredit?Jika itu terjadi, pasti mengurangi keseruan liburan Anda. Liburan, mungkin jadi momen yang sangat dinanti-nantikan. Bahkan bagi sebagian masyarakat, liburan sudah menjadi kebutuhan hidup. Liburan sebaiknya direncanakan dengan baik, agar kegembiraan dirasakan selama liburan, bahkan jauh sesudahnya. Nah, agar liburan anda menyenangkan, ada baiknya lakukan hal-hal berikut :

  1. Lunasi tagihan-tagihan rutin yang jatuh tempo selama Anda berlbur. Tagihan kartu kredit, listrik, telepon, atau asuransi sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu untuk menghindari denda atau bunga.
  2. Jika meninggalkan pekerjaan, sebaiknya selesaikan sebelum Anda pergi berlibur, atau setidaknya mendelegasikan kepada bawahan atau menitipkan pada atasan Anda. Tentu tidak asyik liburan sambil terus mengingat pekerjaan.
  3. Alokasikan budget yang disiapkan untuk perjalanan atau liburan, ini untuk memastikan Anda tetap memiliki cukup dana setelah liburan sampai dengan gaji berikutnya. Biasanya saat liburan, hasrat belanja akan meningkat disbanding biasanya.
  4. Bawa pakaian atau kebutuhan pribadi secukupnya, terutama untuk barang yang tidak mudah dibeli di tempat tujuan. Bawa juga obat-obat pribadi yang biasa dikonsumsi.
  5. Jaga kesehatan Anda menjelang liburan. Sakit pada saat liburan akan mengganggu liburan Anda, disamping menambah bias biaya liburan. Aktifitas liburan juga akan terganggu.
  6. Jika Anda meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, ada baiknya menitipkan kepada tetangga kiri-kanan atau satpam perumahan. Pastikan rumah Anda terkunci, dan tidak menyimpan barang-barang mahal di rumah. Menyimpan di safe deposit box sangat disarankan.
  7. Bikin salinan dokumen-dokumen penting seperti passport, tiket pesawat, reservasi hotel, dan tempatkan di tas atau koper berbeda.
  8. Jika Anda pergi ke luar negeri, siapkan mata uang lokal Negara tujuan. Jika mata uang lokal sulit didapat di Indonesia, bawa saja mata-uang popular seperti Dollar Amerika, Euro atau Pound. Ingat tidak semua Negara tujuan terdapat money-changer yang menerima penukaran Rupiah.
  9. Catat password atau PIN ATM di tempat yang aman, sebab Anda akan cenderung melupakan sandi-sandi tersebut setelah perjalanan panjang.

Selamat berlibur.

Iklan

2 respons untuk ‘Lakukan 9 hal ini sebelum pergi berlibur’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s