Pilih franchise Indomaret, Alfamart atau Circle K?

Akhir Desember lalu, dalam perjalanan antar kota di Jawa Tengah & Jawa Timur, saya dibuat takjub. Yakni kehadiran minimarket yang berdekat-dekatan dan buka 24 jam. Penampilan mereka, dengan lampu yang terang benderang, menjadi begitu mencolok. Keberadaan mereka sangat mendominasi dan bahkan saling berhadap-hadapan dan berjarak begitu dekatnya. Ya, sejak sistem franchise dikenalkan pengembangan gerai minimarket itu begitu pesat, dan akhirnya masuk bukan hanya kota kabupaten, bahkan hingga kota-kota kecamatan sekalipun. Mereka saling beradu dan bersaing ketat, bahkan semakin seru karena beberapa kota besar dimana ada pemain lain (Circle K) yang ikut bermain. Nah jika Anda berminat menjadi bagian bisnis mereka ada baiknya mengenal dulu siapa dan bagaimana mereka.Sekedar menyegarkan ingatan tentang franchise, mari kita awali pemahaman tentang sistem franchise ini. Artikel Memulai Bisnis dengan sistem Franchise akan membantu memberikan gambaran tentang sistem bisnis ini. Dan apakah Anda termasuk cocok berbisnis dengan sistem Franchise? Silakan klik disini.

Minimarket & Convenience Store. Meskipun tampilannya hampir mirip-mirip sebenarnya ada pembeda antara ketiganya. Indomaret & Alfamart beroperasi sebagai minimarket, sedangkan Circle K mengusung konsep Convenience Store. Perbedaan konsep ini terlihat dari barang dagangan yang dipajang. Minimarket menjual barang sehari-hari mulai dari beras, minyak, rokok, toiletries, makanan, minuman dan kebutuhan sehari-hari. Sedangkan Convenience Store menjual barang-barang yang langsung dikonsumsi, dan lebih didominasi makanan dan minuman. Dulunya hanya Convenience Store yang buka 24 jam, tetapi sekarang minimarket banyak yang beroperasi 24 jam juga.

Ketiga merek itu memberi kesempatan kepada masyarakat umum untuk membuka gerai melalui sistem franchise. Ketiganya menawarkan 2 pola pembukaan gerai, yakni membuka baru atau mengambil alih toko-toko yang milik mereka sendiri. Ketiganya juga menawarkan pola franchise yang hampir sama, namun tetap ada pembedanya. Jika Anda ingin sedang memilih-milih franchise minimarket, tabel berikut akan membantu sebelum pilihan dijatuhkan.

Akhirnya, pilihan franchise harus mempertimbangkan lokasi toko, market yang dibidik dan potensi tingkat keuntungan yang akan diraih. Happy cuan.

Rekomendasi artikel lain :

  1. Memulai Bisnis dengan sistem franchise
  2. Mencermati perjanjian waralaba
  3. Menakar seberapa cocok Anda berbisnis dengan sistem franchise

 

48 respons untuk ‘Pilih franchise Indomaret, Alfamart atau Circle K?’

  1. Salam sejahtera,
    saya punya ruko strategis didaerah makassar yang luas bangunan keseluruhannya sekitar 12 mtrs x 40 mtrs, dan saya ingin menyewakan / kontrakkan untuk indomaret / alfamart / alfamidi.
    Maka saya mohon untuk di berikan informasi yang lengkap kepada siapa saya harus menghubungi.
    Terima kasih
    Inggrid

  2. saya punya tempat strategis di pantura / indramayu bersebelahan dgn pom bensin ? sdh ada bgnan bekas rmh makan , kalo di bikin rest area pasti rame , tp syng sy tdk ada dana ?

  3. Saya mau tanya, apakah memungkinkan kerjasama dg Indomaret/alfamart yg mana sy hanya memiliki lahan berupa tanah (tanpa bangunan) ? jika bisa bagaimana caranya?

    1. Wira, prinsipnya dimungkinkan pola kerjasam, biasanya mereka sebut sebagai bagi-hasil. caranya, hubungi mereka di lokasi terdekat (alamat dan telp cek di website mereka). setelah itu mereka akan survey awal untuk melihat apakah lokasi cocok dan layak.

  4. Dear Pak Toto, saya ada tempat dengan lokasi sangat bagus untuk usaha retail seperti indomaret/alfamaret/alfamidi. Masalahnya kami belum ada dana untuk usaha tersebut. apakah ada kesepakatan tertentu andaikan saya menawarkan lokasi saya tersebut ke francisor? Tri H

  5. Maaf pak sy mau tanya kalau sistem kerjasamany sy hanya bermodalkan tempat yg strategis kemudian sy sewakan ke indomaret ato alfamaret bs gak y?

    1. Dede, membeli franchise tidak ada bagi hasil, misalkan di saat awal2 merugi maka kerugian ditanggung franchisee. Beberapa franchisor memang menawarkan sistem bagi hasil, dan ini berbeda-beda perlakukannya. Ada artikel lain tentang franchise di blog ini, silakan search dengan kata kunci ‘franchise’

  6. Apakah memungkinkan untuk membuka gerai indomaret jika saya bertemtempat tinggal di jakarta sedangkan saya ingin buka di medan, bagaimana sistem pelaporan dan pengawasan dari indomaret. Terima kasih.

    1. Semangta, dimungkinkan buka gerai di Medan sementara pemilik di kota lain, pelaporan tidak ada masalah. Hanya saja saya tetap sarankan pemilik harus menyisihkan waktu untuk terlibat di bisnis.

  7. kalau keuntungan hanya 2.5% dengan omzet 100 – 150 jt an, menurut saya sangat kecil sekali, kita harus memikirkan biaya sewa gedung, gaji pegawai, listrik dan air juga gaji pegawai …. bisa – bisa tekor donk…..bisa untung sih klo gedung punya sendiri dan lokasi bagus, kalau gedung masih sewa….pasti gulung tikar.

  8. sistem bagi hasilnya bagaimana kalo alfamart dr omset per bulan?? berapa persen yg diterima franchisee??
    semoga berkenan menjawab. terima kasih

    1. Indra, francchise itu tak ubahnya bisnis sendiri hanya dibantu start-up dan penggunaan merek dan sistem. Atas penggunaan merek & sistem dan juga supply barang itu maka pewaralaba dikenakan biaya royalty yang dibayarkan ke franchisor. Karena bisnis dimiliki oleh pewaralaba jadi untung atau rugi menjadi tanggungan pewaralaba. Franchise beda dengan pola kerjasama. Saya sarankan untuk baca artikel sebelumnya, search dengan kata kunci ‘franchise’ atau ‘waralaba’ di blog ini juga.

    1. Agung, bisa take-over toko yg sudah ada. Biaya tergantung lokasi, luas toko, kondisi penjualan saat itu. Anda bisa hubungi bagian Franchise persh yang diminati untuk lokasi & angka pastinya.

  9. PAK THOMAS, KALAU FRANCHISE INDOMARET ..MODAL TANAH + BANGUNAN STRATEGIS BANGET DAN NGANTONG…BISA TIDAK SIH ?TRIMS

  10. Salam kenal,
    saya tertarik u/ franchise Indomaret (over kredit store) asal lokasi bagus & ramai pembeli (strategis)…
    apa syarat2 yg perlu sy ketahui ? apakah biaya franchise semua tempat.lokasi sama?
    brp biaya / over store atau akan dikalkulasi oleh pihak Indomaret? apa ada opsi cicilan u/ brp kali bayar ?

    terima kasih u bs menanggapi & response.

    Salam hormat,
    Ibu Ria

    1. Bu Ria, Indomaret juga terdapat take-over toko. Total investasi akan berbeda di tiap-tiap toko tergantung lokasi, omset, dll. Untuk detilnya saya sarankan untuk buka link Indomaret atau menghubunginya langsung.

  11. Pak,
    saya agak bingung dengan istilah investasi dan franchise fee diatas
    kenapa terpisah gitu?
    Apakah kita bisa ambil frachise aja (kalo di indomaret berarti bayar 36 juta aja) atau bagaimana?

    Semoga berkenan untuk menjawabnya

    1. Herriadi,
      Investasi yang dimaksudkan disini adalah semua biaya hingga toko bisa buka. Biaya itu salah satunya adalah franchise fee, dan semua menjadi kesatuan. Artinya, tidak bisa hanya ambil franchise fee saja.

    1. Hi Thomas, thx sudah mampir. 7 Eleven sejauh ini belum difrachisekan oleh master franchise-nya (Modern Group). Sedangkan Lawson pemiliknya sama dengan Alfamart, sepertinya juga belum disebar juga. Sebentar lagi bakal ada FamilyMart. Bakal seru….

      1. 7eleven dan Lawson apakah sudah masuk Bandung Pak?
        Sudah lama saya tidak ke Bandung 😀

        Ketenaran Circle K di Jakarta rupanya sudah agak tergeser oleh 7eleven dan disusul Lawon.
        7eleven dan Lawson, selain menawarkan makanan dan minuman ringan, rupanya juga ada makanan berat dengan penyajian yang semi/full self service yang bebas, ditambah customer service yang sepertinya ditrain dengan baik untuk siap melayani customer dengan ramah, ditambah lagi mereka biasanya menyediakan banyak tempat untuk duduk dan meja sehingga customer bisa nongkrong dan ngobrol sambil makan / minum bersama teman / kerabatnya. Di beberapa lokasi 7eleven bahkan menyediakan area tempat parkir yang cukup besar dan lantai 2 yang khusus untuk customer yang nongkrong.

        Anak muda Jakarta serasa mendapat tempat nongkrong baru yang menarik. Setiap saya lewat 7eleven, pasti banyaaak banget motor-motor yang lagi parkir.

  12. Salam kenal..

    kalau indomaret dan alfamart, gerai minimarketnya ada yang sistem franchise dan reguler..
    gerai minimarket indomaret/alfamart franchise milik perorangan yang distribusi barang dan operasional standart minimarketnya dibawah lisensi managdment retail indomaret/alfamart.
    sedangkan toko (minimarket) indomaret/reguler dikelola langsung oleh management perusahaan retail PT.Indomarco Prismatama/Indomaret atau PT.Sumber Alfaria Trijaya/Alfamart.
    Dan sebenarnya bagi kedua perusahaan retail tsb, mencari franchise/investor gampang2 susahq, krn modal awal yg mencapai ratusan juta dan tdk semua orang berminat waralaba/bermitra dengan Indomaret atau Alfamart.. mengingat ijin untuk minimarket bagi ke dua brand ini dipersulit.
    Tapi dalam hal perijinan, menurut saya Indomaret lebih smart n clever, lebih berani dan cepat dari Alfamart.. Kenapa bisa begitu? Jawabannya, silahkan mampir diwarung saya yang menulis artikel tentang itu tsb..:-)

      1. Pak,saya hanya py tempat n bangunannya udah mirip dg bangunan alfamart/indomart tp saya gak py modal sy hanya py tempat n lokasinya d padang,bisa gak sy gabung pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s