Terbang dengan Air Asia, Check-In pun kini harus bayar

Antrian panjang saat check-in memang menyebalkan. Apalagi jika calon penumpang tidak bisa tertib dan berjubel. Lebih menyedihkan lagi jika antrian penumpang individu digabung dengan penumpang group atau rombongan. Dan, Air Asia yang menganut makhzab low cost carrier dipastikan hanya menyediakan check-in counter sangat terbatas. Check-in counter yang terbatas mengakibatkan check-in counter belum bisa menerima proses check-in kendati Anda datang lebih awal, terutama pada bandara-bandara sibuk. Dengan alasan untuk menekan biaya operasional dan agar tetap dapat memberikan harga murah, Air Asia segera memberlakukan check-in fee sebedar Rp. 30.000 per penumpang jika check-in secara konvensional. Tapi Air Asia menyediakan self check-in melaui mobile check-in dan web check-in. Dan penumpang dapat menghindari biaya check-in dengan melakukan check-in melalui fasilitas self-check-in tersebut. Ada baiknya kita belajar untuk terbiasa dengan fasilitas check-in itu.

| Mulai 22 Desember 2011, Air Asia membatalkan biaya check-in konvensional Rp. 30.000 untuk penerbangan internasional |

Fasilitas self check-in dapat dilakukan 7 hari sebelum penerbangan dan batas akhirnya adalah 45 menit sebelum terbang untuk mobile check-in dan untuk web check-in 1 jam sebelum terbang (Air Asia) dan 4 jam sebelum terbang (Air Asia X). Penjelasan self check-in cukup jelas dimuat di airasia.com, dan berikut adalah ringkasannya.

Mobile Check-in. Hanya perlu 3 langkah untuk mobile check-in dari telepon genggam Anda.

  • Step-1. (a). Dari browser masuk ke airasia.com. (b). Klik ‘Mobile Check-In’. (c). Baca aturan apakah Anda termasuk penumpang yang diperbolehkan check-in melalui mobile ini. 4 kelompok penumpang yang tidak diperbolehkan adalah penumpang dengan bayi, penumpang dengan keterbatasan gerak, penumpang tujuan Australia yang harus dilakukan Pre-Immigration Clearance dan penumpang dimana lebih dari 9 orang dalam booking number yang sama.
  • Step-2. (a). Masukkan Booking Number. (b). Pilih nama penumpang, Continue. (c). Masukkan nomor HP dan email, Continue. (d). Selanjutnya Anda akan ditanya apakah membawa barang-barang berbahaya dalam tas kabin atau koper. Pilih Yes jika tidak ada barang berbahaya, Continue.. (e). Proses selesai. Anda tinggal mengunduh 2D Barcode dengan klik ‘View Barcode’. Gambar di samping adalah Check-in kiosk yang digunakan untul self check-in dan juga untuk memindai 2D barcode.
  • Step-3. Print 2D Barcode dengan memindai pada 2D Barcode di Check-in kiosk di bandara. Ambil borading pass Anda.

Web Check-in. Pada dasarnya proses web check-in hampir sama dengan mobile check-in. Pembedanya adalah pada proses cetak boarding pass dan fasilitas pembayaran bagasi dan pilih kursi jika dibutuhkan.

  • Step-1. (a). Pilih bandara dan Booking Number. (b). Pilih nama dengan melakukan tick-mark di depan nama penumpang.
  • Step-2. Langkah ini digunakan jika Anda membeli fasilitas Supersize Baggage dan Pick A Seat. (a). Pilih Supersize Baggage, jika menginginkan. (b). Pilih kursi ‘Pick A Seat’, sekali lagi jika Anda ingin membelinya. Jika Anda tidak membeli kursi maka sistem akan menentukan secara random sejak di awal layar. (c). Lakukan pembayaran jika Anda membeli satu atau kedua fasilitas tersebut.
  • Step-3. (a). Pilih konfirmasi yang Anda inginkan dengan tick-mark di pilihan SMS atau email. (b). Baca ‘Term & Conditions’ dan tick-mark sesudahnya. Konfirmasi via SMS dan email diterima hanya beberapa detik setelah Anda klik Continue. 
  • Step-4. Proses selesai, ambil boarding pass yang tercetak di printer Anda. Notifikasi via SMS sekaligus menampilkan link untuk menyimpan 2D Barcode, dan bisa dipindai di airport untuk mencetak borading pass. Ini alternatif jika Anda belum sempat mencetak borading pass. Saya mencoba web check-in dan hanya memerlukan waktu 50 detik tanpa membeli add-ons.

Prosesnya tidak rumit bukan? Dengan self check-in berarti Anda menghemat Rp. 30.000 per penumpang, lumayan untuk bayar pajak bandara.

Iklan

57 respons untuk ‘Terbang dengan Air Asia, Check-In pun kini harus bayar’

  1. mas,saya baru pertama kali ke luar negeri.
    saya tgl 9 ini ke singapura dari bandung.
    biaya apa saja yang harus saya siapkan?dan berapa besar biayanya?
    terimakasih

  2. Pak sy beli tiket online UPG-SUB-UPG untuk 5 penumpang dan terlanjur membeli charge Counter penerbangan 15 maret. Apabisa direfund uang 30 rbx5. Krn sy tdk tau t’nyt ada check-in online krn trvel t4 sy beli tiket tdk memberitahu. Trims

    1. Inggit, add-on (tambahan) tidak dapat direfund. Saran saya untuk Air Asia biasakan beli online saja, banyak informasinya di sana.

  3. Terima kasih pak toto, berkat bapak saya bisa memberangkatkan saudara dari surabaya ke medan bolak balik, via internet. sebagai info dari pengalaman saya point2nya berikut :
    1. Siapkan data2 penumpang, mulai nama lengkap, tanggal lahir, nomor ktp dan alamat. tentu saja tanggal dan jam berangkat (karena data banyak saya siapkan di notepad jadi tinggal copy paste)
    2. Untuk pembelian via internet dengan kartu debit yang bisa hanya debit bca dan debit cimb niaga (saya pakai mandiri tidak bisa, sampai pas klik2 masuk bagian pembayaran kaget tidak bisa pake debit mandiri, untungnya bos saya punya debit cimb niaga, jadi minta bantuan bos hehe)
    3. Untuk rombongan yang jumlahnya banyak (kebetulan saya 8 orang), web air asia sering session expire, mungkin karena banyak isian data yang harus diisi, akhirnya saya pecah jadi 2, jadi 4 orang dua kali proses
    4. Jangan lupa harga tiket yang terpampang diawal belum termasuk bagasi 15 kg (40.000) dan pajak. jadi misal saya per orang harga awal 435.000 setelah submit2 di akhir bayarnya jadi sekitar 490 an ribu, Itu dengan asumsi saya kursi tidak milih, dan tidak ikut asuransi.
    5. Awalnya saya takut dengan tidak milih kursi keluarga saya terpencar2, tapi ternyata tidak, saat saya lakukan web chekcin,rombongan 4 orang, duduknya berurutan kok, misal 17a,17b,17c,17d.Tentu saja karena saya pecahnya 2 rombongan yang berurutan itu yang dalam satu rombongan.

    begitu yang bisa saya tambahkan, semoga berguna 🙂
    have a nice flight 🙂

  4. Mas, saya antar org tua saya (Ibu) hanya dibandara. menggunakan penerbangan airasia. Kebetulan ibu saya jalannya kurang lancar. Apakah ada yang membantunya bila naik kepesawat. Terima kasih

      1. saya tambahin juga, untuk yang berkebutuhan khusus (misal perlu kursi roda), memang tidak diperbolehkan web checkin, karena memang diperlukan perlakuan khusus, jadi memang harus checkin manual.

  5. pak mau nanya nih, saya kan mobile check in trus udah dpt barcodenya. Nah kalo mau masuk ke bandaranya mesti nunjukin apa buat satpam yang jaga di depan biar bisa masuk?

  6. mas, mo nanya
    kalau saya beli ticket buat keluarga dengan masing2 bagasi 15 kg,apakah bagaisanya bisa di gabung jadi 1koper?sehingga beratnya bisa jadi 45 kog,

    1. Rusdin, bagasi bisa digabungkan dalam jumlah beratnya meskipun dalam beberapa koper. Saya sarankan agar tiket dibeli dalam kode booking yang sama

  7. pak toto, saya pernah pesan tiket promo untuk 7 0rang pulang pergi dari jkrt-mksr hrgnya 259rb. tp travelnya minta tambahan setiap tiket sebanyak 80rb, katanya untuk biaya bagasi dan pesan kursi.
    apa tambahan biayanya sekitar harga segitu pak?

  8. pak toto, untuk penerbangan domestik apakah checkin konvensional juga dikenakan biaya ?
    kebetulan saya beliin tiket untuk family sebanyak 8 orang, ada nenek juga,apabila tidak beli kursi nantinya jadi terpencar2 yah 8 orang yang kupesenin tiket?

    1. Yulistianto, seingat saya check-in fee untuk domestik sudah dibatalkan. Tapi jika dengan jumlah penumpang segitu bisa web check bahkan mobile-pun bisa. Saya pernah coba keduanya, nomer seat-nya random jadi ada kemungkinan besar tempat duduknya berpencar-pencar ya.

      1. kebetulan berangkatnya masih 2 bulan lagi, kira2 bisa diakalin gak ya pak, supaya tempat duduknya bisa ngumpul,thx sharingnya

  9. mas….mau tanya…waktu kita booking ticket trus ngga langsung pick a seat….nanti pas check in web/mobile gimana yah???apa ada kena tambahan charge lagi nga yah seperti waktu pick a seat waktu bookingan pertama, atau bagaimana yah….thanks before

    1. Nancy, saat web check-in atau mobile check-in nanti akan sampai menu pick a set, namun jika tidak ingin beli maka sistem akan mengisi nomor kursi secara random.

  10. mas,,mo nanya…jadi kalo udah web check in trus udah di print boarding passnya langsung aja ke imigrasi gitu??

  11. Mau nanya pak. Saya beli tiketnya titip teman, kemudian saat web check-in sudah ada no.seat dan bagasi 15 kg (kode PBAA).
    Nah, biaya seat dan bagasi 15 kg itu apa sudah termasuk yg sudah dibayar atau harus bayar lagi saat di airport?
    (sy tny teman yg memesankan tiket jawabnya tdk tau, soalnya dia pesan onlinenya juga asal ngeklik2 saja).

    Lalu, boarding pas saat web check-in ini sudah saya print. Apa cukup itu saja yg dibawa atau harus cetak di mesin scanner 2D barcode di airport?

    Trima kasih.

    1. Riza, dari cerita seharusnya semua sudah dibayar, untuk memastikan bisa dilihat di tiketnya. Cetakan dari web-checkin bisa langsung digunakan, tidak perlu cetak lagi di airport. Jika mau, bisa juga scan 2D barcode untuk pengalaman.

      1. Sip pak. Sudah dicoba, cetakan dari web check in bisa dipake.
        Awalnya agak parno, soalnya dulu pernah pakai maskapai lain dan sudah web checkin + diprint, gak diterima.
        Terima kasih. 🙂

  12. Mau nanya. Klo sya sdh pick a seat saat beli tiket nya dri website. Apa perlu d web check in sya pilih pick a seat lagi?
    Klo saya sdh checkin via web, boarding pass yg d cetak hrus dri mesin scanner barcode d bandara y?
    Klo dr mobile check in, sya sd pick a seat, apa ada notifikasi utk konfirmasi kursi? Misal sya sdh beli kursi nomer 21 ABC.
    Trims

    1. Rio, kalau sudah pick a seat maka saat web checkin nomor kursi langsung dicantumkan (gak perlu pilih lagi). Untuk web check-in nanti akan dikirim 2D barcode yang bisa di-scan di bandara.

  13. Pa mau tanya . Pernah tidak terbang dgn air asia jkt- transit singapore 2 jam 30 mnt lalu lanjut ke Bangkok . Itu bagasinya air asia bisa check in through tidak ya ?

    1. Fenty, saya belum pernah pakai AA transit di Sing untuk lanjut ke Bangkok. Setahu saya, itu bukan fly thru, jadi harus urus bagasi dulu dan check-in lagi. Waktunya cukup mepet apalagi jika dari Jkt delay. Tanyakan saat check-in di Jkt untuk memastikan.

  14. mas toto, waktu kita ticki mark nama penumpang pertama kemudian continue sampai cetak boardin pass, kemudian kita kembali utk tickmark nama berikutnya, bila bepergian lebih 1 org, gimana caranya? apa waktu tickmark pertama itu utk penumpang 1 sampai berikutnya atau satu persatu? bila satu persatu utk penumpang berikutnya kita mulai dg laman web check in dr awal atau bisa ke langkah tickmark name tersebut?
    , tks

    1. Syahbuddin,
      Sebenarnya bisa langsung tickmark untuk semua penumpang sekaligus. Tapi jika tickmark satu per satu maka setelah cetak boarding pass, lakukan proses dari awal. Nanti hanya muncul nama penaumpang yang belum check-in saja.

  15. terimakasih.
    Web check in sudah saya coba untuk rute bangkok phuket pp untuk minggu depan.
    Alhamdulillah lancar tanpa kendala,meski saya lakukan di netbook saya di Jogjakarta.
    Belum tahu nanti seperti apa saat di check in bagasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s