Tips memesan kamar hotel via travel online (Booking.com, Agoda.com, Asiarooms.com)

Pada artikel Memesan hotel online . Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com? terdapat beberapa komentar yang mengeluhkan kesulitan saat memesan kamar hotel melalui Agoda.com. Penyebabnya adalah voucher tidak diterima dengan alasan teknis. Penyebab lain tidak terkirimnya voucher karena kesalahan memasukkan alamat email saat pembukuan. Sementara pembayaran Agoda.com dilakukan saat reservasi selesai, sehingga kartu kredit sudah langsung dipotong. Layanan bantuan baik melalui email atau telepon dikeluhkan tidak responsif. Nah agar Anda tidak mengalami kesulitan-kesulitan yang sama ada baiknya simak beberapa tips ringkas di bawah sebelum bertransaksi melalui travel online.

Tips bagian pertama ini dikhususkan untuk menghindari kegagalan pengiriman voucher.

  • Member atau Profile. Sebelum bertransaksi sebaiknya Anda membuat profile terlebih dahulu. Anda akan mudah melakukan penelusuran jika terjadi kegagalan pengiriman. Manfaat lain adalah memudahkan jika terdapat perubahan pemesanan atau bahkan pembatalan pemesanan. Dengan membuat profile terlebih dahulu berarti akan mempercepat proses booking dan menghindari kesalahan pengisian data. Fasilitas ini gratis di semua travel online tersebut.
  • Alamat email. Pastikan Anda memasukkan alamat email dengan benar. Disarankan menggunakan email yang biasa Anda gunakan. Agoda.com akan mengirimkan electronic voucher yang Anda masukkan ini. Booking.com akan mengirimkan pemesanan melalui email juga. Jika Anda memesan voucher melalui Agoda.com pastikan setting email Anda memperbolehkan lampiran dalam format pdf.
  • Catat Booking ID. Begitu transaksi selesai segera catat Booking ID, atau bisa dicetak layar komputer baik melalui printer atau format pdf.

Nah, agar kemudahan dan keuntungan pesan hotel online dapat dinikmati maksimal pertimbangkan juga tips-tips lain berikut sebelum memesan kamar hotel via travel online.

  • Tentukan terlebih dulu lokasi/area hotel yang diinginkan. Adalah penting untuk menentukan lokasi/area hotel yang diinginkan agar lebih cepat memperoleh kamar hotel. Namun jika Anda punya cukup waktu tidak ada salahnya untuk mencari tahu hotel-hotel lain di sekitarnya. Misalnya Anda menginginkan hotel di kawasan Seminyak Bali, maka fokuskan pencarian di kawasan ini terlebih dulu mengingat Bali menawarkan hotel sangat banyak. 
  • Tentukan perkiraan harga. Banyak hotel di tawarkan dengan variasi harga yang lebar. Jika harga kamar hotel menjadikan pertimbangan memilih hotel sebaiknya pencarian diurutkan berdasarkan harga, bisa dari yang murah ke mahal atau sebaliknya.
  • Baca review oleh pembeli sebelumnya. Review oleh pengguna sebelumnya merupakan informasi yang sebaiknya dibaca dulu. Dari review ini Anda akan mendapatkan gambaran kondisi hotelnya. Sejauh ini review ini relatif jujur.
  • Gunakan Rupiah dalam pembayaran. Travel online biasanya menyediakan kamar hotel seluruh dunia, sehingga pembayaran dapat dilakukan dalam beberapa mata uang penting. Sebaiknya memilih harga dalam Rupiah untuk menghindari fluktuasi nilai tukar dari kartu kredit. Agoda.com salah satu diantara travel online yang menerima pembayaran dalam Rupiah.
  • Gunakan informasi data tamu yang akurat. Untuk memudahkan proses check-in di hotel, selalu gunakan informasi akurat, khususnya untuk Nama, Nomor Identitas (KTP/Passport), dan penghuni kamar. Ketidak sesuaian informasi di voucher akan menyulitkan Anda. Ketidak sesuaian jumlah penghuni kamar akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya kamar biasanya hanya boleh digunakan untuk 2 orang, jika Anda menginginkan satu kamar untuk 2 dewasa dan satu anak, maka informasi ini harus disampaikan saat pemesanan.
  • Informasi Kartu Kredit. Agar proses verifikasi pembayaran berlangsung cepat, maka gunakan informasi kartu kredit seakurat mungkin. Disamping nomor kartu, Anda akan diminta informasi tentang masa laku kartu, bank penerbit, alamat tagihan (beberapa situs tidak mensyaratkan ini), dan CVV. Penting diketahui bahwa informasi ini sangat rahasia, namun Anda tidak usah kuatir karena situs-situs travel online itu telah dilengkapi dengan standar sekuriti transaksi yang cukup.
  • Perhatikan kondisi dan syarat harga kamar. Situs online juga melengkapi dengan kondisi dan syarat. Hal penting yang patut dicermati adalah apakah harga sudah termasuk pajak, sarapan atau biaya lain.
  • Fasilitas kamar. Perhatikan fasilitas fasilitas yang diberikan. Situs menginfornasikan fasilitas-fasilitas ini, misalnya fasilitas pembuatan kopi/teh, kolam renang, internet, fasilitas kebugaran. Perhatikan apakah fasilitas itu gratis atau berbayar.
  • Syarat pembatalan atau perubahan jadwal. Penting juga untuk membaca syarat-syarat jika Anda terpaksa harus membatalkan pemesanan atau sekedar merubah jadwal menginap. Hal pertama yang harus diketahui adalah apakah hal tersebut dimungkinkan. Bagaimana syarat dan perlakuannya juga harus menjadi perhatian Anda, termasuk mekanisme pengembalian pembayarannya. Syarat pembatalan masing-masing hotel bisa berbeda kendati memesan dari travel yang sama.

Dengan mencermati tips di atas setidaknya akan memudahkan mendapatkan kamar hotel di negara manapun.

Artikel yang direkomendasikan :

232 respons untuk ‘Tips memesan kamar hotel via travel online (Booking.com, Agoda.com, Asiarooms.com)’

  1. Pak Toto,

    Sy sudah booking hotel di singapore melalui booking.com, karena beberapa hal sy ga jadi pergi kesana. Di manage booking sy coba liat, katanya klo 7 hari sebelum hari H untuk cancel kamar free off charge, nah klo setelah 7 hari sebelum hari H kita cancel kamar akan dikenakan biaya 1 hari menginap. Pertanyaan sy, apakah sy cancel atau sy biarkan saja sampai melewati hari H?

    Terimakasih

  2. Salam pak Toto
    saya ada booking di booking.com, ada beberapa alasan saya terpaksa mau membatalkan pesanan tersebut. Tetapi pesanan itu terdapat tulisan tidak dapat dikelbalikan atau cancel, bookingan tersebut saya pilih menggunakan metode pembayaran tunai.
    Saya ingin bertanya, via apa hotel tersebut mengenakan pembiayaan cancel kepada kami? Apakah kami diamkan saja bookingan tersebut karena kami tdk dpt cancel online dan mereka pun tdk bsa menagih kepada kami?? Mohon masukan

  3. Pak Toto, saya sudah pesan kamar di KL via booking.com, saat pemesanan ditunjukkin harga rupiah dan ringgitnya. Pertanyaan saya, saya bayar dalam jumlah ringgit sesuai yg tertera atau rupiah yg tertera? Dan saya dapat issue, bahwa uang yg akan saya bayarkan itu langsung bayar di hotelnya jadi tidak dilakukan pemotongan via credit card (ketika pemesanan booking.com minta verifikasi credit card) apakah itu benar? yg terakhir, ketika pemesanan saya sudah pilih jam check in saya, berhubung saya pake flight malam jadi sampai di hotel kisaran midnight, sedangkan ketika saya print reservasi saya, di sana tertera jam check jam 14-18 waktu sana, apakah kalo gitu nanti saya dianggap membatalkan reservasi? Mohon maaf banyak nanya. Mohon bantuannya untuk menjawab. Terima kasih.

    1. Bungbry,
      1. Pembayaran dihotel pakai Ringgit,langsung di hotel. Kartu kredit hanya untuk reserve saja, ntar juga dikembalikan setelah ada payment
      2. Untuk late check-in bisa kirim email langsung ke pihak hotel, atau sebenarnya bisa diisi saat pesan

  4. Salam Pak Toto…
    Saya mau melakukan booking hotel online di Hongkong via booking.com
    Disana tertera “anda akan membayar senilai 2450 HKD ditempat”
    Lalu saya baca di informasi penting tertera : pihak hotel akan menggubungi anda 7 hari sebelum kedatangan untuk meminta pembayaran uang muka menggunakan paypal.
    lalu, setelah saya next, saya diminta memasukkan identitas CC.

    Yang jadi pertanyaan saya:
    1. Apakah itu paypal? Bagaimana menggunakannya? Dimana bisa pembayaran dengan paypal?

    2. Kalau kita sudah bayar uang muka apakah di CC juga akan dikenakan biaya lagi? Mengingat limit CC yang dipakai hendak digunakan untuk belanja disana.

    Terima kasih pak…

    1. Hi Yani,
      paypal itu seperti e-wallet yang digunakan untuk transaksi di internet, dapat dibeli dari website paypal, isi bisa dari kartu kredit.
      Untuk CC limit akan tetap digenggam sampai ada settlement dari hotel ke penerbit CC, dan ini tidak instant.

      Saran saya jika belum terlanjur booking, silakan cari dari provider lain (expedia, atau provider lokal) yang tidak mengharuskanpaypal.

  5. Mas toto, mohon pencerahannya…
    Saya ada pesan hotel di singapura untuk paman saya menggunakan cc saya Via booking.com. nama tamu yg saya isi di form sudah sesuai dg nama paman saya tersebut. Apakah paman saya masih harus menunjukkan cc saya ke pihak hotel?

    1. Achmad,
      Biasanya tidak perlul lagi ya. Tapi untuk jada-jaga, bawa saja copy KK karena bbrp hotel punya kebijakan lain.

  6. Pak toto saya pesan hotel dibooking.com dengan reservasi tanpa kartu kredit lalu saya membatalkannya. Apakah itu dikenakan biaya? Dan bagaimana cara mereka menagihnya?

    1. Hai Maria,
      Ini pertanyaan yang sering muncul, kalau tanpa CC mereka juga akan kesulitan untuk nagih. Tapi sebagai traveler, sebaiknya pembatalan tetap dilakukan dengan pemberitahuan agar pihak hotel tetap bisa menjual kamar yang telah dialokasikan

  7. Pak Toto.. Saya sdh booking untuk tgl 1-2 Juli via agoda dan sdh bayar. Tp saya pgn membatalkan apa bisa ya Pak ?

  8. Pak toto,,klo saya pesan online…trus cara bayarnya saya pilih pay later …. Nah itu mksdnya dibayar dihotelkan?sampai hotel saya bayar cash atau pke cc yg udh diminta no nya saat booking online?

    1. Wira,
      Pembayaran dilakukan dihotel, bisa dgn cc yg sama, tunai atau cc lain.
      Saya sarankan untuk bayar dgn cc yg sama, sekaligus untuk settle dana yg sudah di reserve di cc

  9. Pak Toto , saya ada pesan hotel di booking.com dengan syarat tidak dapat dibatalkan, nah kemudian krn sesuatu hal saya mau membatalakannya. Apakah saya bisa membatalkannya tanpa dikenakan biaya?? Dimana sebelumnya saya cek dana saya sudah dihold di cc saya. Apakah dengan menelepon customer service penerbit kartu kredit dengan cara memblokir kartu tsb dengan alasan hilang dapat menghindari saya dari proses penagihan dikartu kredit dimana saya lapornya setelah transaksi di cc saya di hold oleh pihak booking.com?? tks atas pencerahannya

    1. Hi Pats,
      Kondisi pemesanan ‘tidak dapat dibatalkan’ berarti tidak dimungkinkan dibatalkan.
      Alternatifnya adalah menghubungi hotelnya, barangkali ada solusi.

      Sedangkan untuk blokir kartu kredit, saya tidak bisa komentar apapun.

  10. halo pak, saya baru pertama pesan di booking.com dan tidak tahu kalau ada biaya pembatalannya, saya coba isi form pemesanan dan confirm hanya untuk melihat cara pembayaran saja awalnya.
    skg saya ragu untuk membatalkan karena dikenakan biaya pembatalan, namun di satu sisi saya ragu kamarnya belum di booking, dan nanti hari-h saya luntang-lantung di bali. Karena booking.com tidak menagih pembayaran saat saya pesan, tapi mengenakan biaya pembatalan kalau saya batalkan.
    nah maksud biaya pembatalan itu bagaimana ya? nanti mereka menagihnya via apa? Apa kalau saya batalkan dan kabur begitu saja tidak akan ketahuan?

    1. Vines,
      Booking.com memiliki beberapa varian pemesanan. 1. Tidak bisa dibatalkan, artinya setelah booking dan batal maka semua reserve KK akan di settle. 2. Bisa dibatalkan hingga waktu tertentu.
      Saya tidak tahu pemesanan masuk yang mana. Saya sarankan untuk baca lagi email konfirmasi-nya. Disana ditulis detail-nya

  11. Pak saya mau tanya, gimana cara ya saya mengganti tipe kamar setelah saya booking di agoda dan sdh keluar kode bookingnya? Apa ada customer service agoda yg bisa dihubungi?

  12. Pak Toto,
    Saya telah memesan hotel lewat agoda dengan kartu kredit teman saya. Jika demikian apa saya harus membawa kartu kredit tersebut sebagai bukti? Apa yang harus dilakukan agar membuktikan bahwa pihak peminjam kartu kredit memang bersedia meminjamkan kartu kreditnya. Terima kasih

  13. Siang pak toto, ini kali pertama saya booking hotel via agoda, voucher hotel sudah saya terima, tapi selang beberapa hari ada email lagi dari agoda yang menyatakan bahwa saya tidak menyelesaikan bookingan saya di hotel tersebut. Itu artinya gimana ya pak? Padahal hotel voucher sudah ditangan. Mohon bantuannya pak

  14. Pagi pak toto
    Sekedar sharing dan mungkin ada info.
    Saya pesan di booking.com selalu tidak ada masalah, kali ini karena terburu buru saya tidak melihat klo tidak dapat melakukan pembatalan, karena kondisi tertentu saya terpaksa batalkan. Pada saat peaan tdk memasukkan cc.. apakah pembyran ttp ditagihkan? Via apa? Saya takut membayangkan akan seperti debt collector hahahaha…

  15. pak toto mau tanya nih… sy ada booking hotel lewat agoda dan saat itu website load terlalu lama tiba2 saat sudah loading melakukan 2x pemesanan. sehingga sy di kirimkan 2 voucher dengan id berbeda pada saat saya ingin membatalkan saya terkena biaya 15usd untuk biaya pemrosesan? seharusnya kan free cancel? bagaimana ini pak cara mengatasinya? trims

    1. Novia,
      Di Agoda dikenakan biaya pembatalan. Di booking.com ada yang free ada juga yang tidak. Selalu lihat kondisi pemesanan, biasanya ditulis jelas.

      1. maaf pak mau tanya… saya ada rencana mau boking tempat penginapan.. tpi yang saya bingungnya g punya kartu kredit yang orang lain pun g ada g mna tu pak solusinya.. ??

      2. Jalaludin, pakai travel dalam negeri mereka bisa bayar pakai ATM. Bookpanorama. GoIndonesia.com, RajaKamar.com

  16. Sy booking di singapore 27s/29 des 2013 melalui agoda (sdh dikonfirmasi), tp ketika mau booking di johor unt 29 s/ 30 des 2013, kok tidak bisa masuk ketika di klik tanda pesan.
    apakah tdk bisa membooking 2 hotel yg berbeda melalui agoda ?

  17. mas toto minta tolong gimana saya harus ubah nama profile .
    dulu saya pake nama mertua tp email dan pembayaran selalu pake kk saya
    nama akun bisa di ubah tidak ? terimakasih

    1. Hi hendri, jika yg dimaksudkan booking.com userid (email) tidak bisa dirubah, tetapi nama, kartu kredit bisa diubah. Kenapa tidak membuat account sendiri?

  18. Selamat malam Pak Toto…..saya berencana memesan hostel di Hongkong, tapi ada ketentuan untuk membayar uang muka lewat PayPal….. Apakah PayPal ini Pak ? saya masih awam, biasanya saya bayar dengan credit card.
    Terima kasih.

  19. Pak,mau tanya. Saya sudah melakukan pemesanan di agoda pada tanggal 18 september,tapi pada pembayaran saya memilih fasilitas pembayaran pada tgl 9 oktober.yang ingin saya tanyakan bagaimana saya bisa mendapatkan konfirmasi bahwa pembayaran pada tgl tersebut telah dilakukan dan hotel telah menerima dananya? Karna saya mencoba melakukan permintaan tanda terima pada menu pesanan mandiri saya tetapi ternyata tidak dapat digunakan.mohon pencerahannya pak..thx

    1. Deby, satu2nya cara untuk memastikan pembayaran adalah dengan menghubungi penerbit kartu kredit. Mereka tidak akan menerbitkan tanda terima, hanya vouceher saja

  20. Pak toto saya mau tanya, beberapa hari lalu saya memesan Hotel Silka Seaview Hongkong melalui Boking.com untuk akhir tahun. saya jg sudah mengisi box request khusus jika cc yang digunakan punya orang lain dan sdh diconfirm oleh pihak Boking.com. Yang ingin saya tanyakan apakah saya dapat meminta pihak boking.com langsung mensettle biaya penginapan di Hotel Silka Seaview karena saya cek untuk melalui e-statement tghn boking.com belum masuk. Mohon Pencerahannya pak. Terima Kasih

    1. Ikhsan, sepertinya pesannya ini ‘masuk pesan sekarang bayar nanti’, dan ini sulit dilakukan untuk melakukan settle langsung. Saya kira bayar tunai saja saat checkout nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s