Kehabisan tiket KA untuk mudik? Cobalah pakai pesawat, gak jauh beda lho

Tiket kereta api untuk mudik H-5 yang mulai dijual tanggal 16 Juli 2011 dikabarkan sudah habis pada hari pertama penjualan. Luar biasa memang. Harga tiket eksekutif untuk lebaran mengalami kenaikan hampir 2x lipat dibandingkan hari-hari sepi. Tiket Argo Anggrek New Image dibandrol 650.000 sekali jalanpun dan itupun laris manis. Setali tiga uang untuk beberapa rute KA favorit ke Jawa Tengah dan Timur lainnya. Bagi yang belum kebagian tiket kereta api boleh berharap dengan kereta tambahan di minggu terakhir ramadhan. Alternatif lain adalah dengan menggunakan moda transportasi udara. Penelusuran pada rute Jakarta-Surabaya per 19 Juli 2011 pukul 21.00 WIB untuk keberangkatan 25 Agustus 2011 didapati masih cukup banyak tiket pesawat tersedia. Dan harganya juga tidak terlalu jauh. Ini hasil penelusurannya :

Garuda Indonesia. Masih tersedia tiket seharga 710.000 hingga 1.135.000. Harga belum termasuk PPN dan iuran dan administrasi. Garuda terbang 16x sehari ke Surabaya. Layanan penuh.

Lion Air. Masih tersedia tiket seharga 868.000 hingga 1.132.000 untuk kelas ekonomi. Harga tiket untuk Lion Air sudah sudah nett, termasuk PPN dan iuran tapi belum termasuk biaya administrasi. Lion Air terbang 12x sehari ke Surabaya. Layanan minimum.

Batavia Air. Tiket termurah Batavia di hari itu adalah 707.000 dan termahal 827.000. Harga belum nett dan hanya menyediakan kelas ekonomi. Batavia mengusung layanan minimum.

Citilink. Anak Garuda Indonesia ini juga masih menyediakan tiket seharga 861.000 ke Surabaya. Airline yang bermarkas di Surabaya ini hanya menyediakan kelas ekonomi. Layanan minimum.

Harga tiket pesawat yang tersedia dengan harga relatif tidak jauh dari tiket KA kelas eksekutif. Pembelian jauh-jauh hari tentu akan lebih murah lagi dibanding harga-harga tersebut. Harga-harga tersebut belum termasuk airport tax yang dikutip di bandara Soekarno Hatta. Dan meskipun musim ramai penumpang, harga tiket pesawat tidak bisa melampau batas atas yang ditetapkan. Jangan berkecil hati jika anda gagal menggenggam tiket kereta api ke Surabaya karena masih banyak pesawat yang terbang ke Surabaya.

Artikel lain disarankan

Iklan

3 respons untuk ‘Kehabisan tiket KA untuk mudik? Cobalah pakai pesawat, gak jauh beda lho’

  1. Betul pak. Di hari biasa juga beda dikit saja kereta dengan pesawat. Dua minggu lalu dari Yogyakarta ke Jakarta bingung pilih naik pesawat atau kereta api, berhubung sama2 dikisaran 350 ribu harga tiketnya. Akhirnya pilih naik pesawat karena lebih cepat, dan cukup istirahat karena pagi harus mengikuti ada training, takut kecapekan kalau terlalu lama diperjalanan (tipe yang harus gelap,rebahan dan senyap baru bisa tidur soalnya). meski harus ekstra hotel karena sudah tiba sehari sebelum acara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s