Memesan hotel online. Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com?

Kini memesan kamar hotel bisa melalui banyak cara. Internet telah mengubah bagaimana memesan kamar hotel dibandingkan cara-cara konvensional. Dulu kita mesti datang langsung, telepon ke hotel satu persatu atau membeli voucher via travel agent. Dan cara lama itu memerlukan waktu relatif lama diantara ketidak-pastian mendapatkan kamarnya. Biasanya kita enggan untuk terlalu banyak bertanya tentang kamar yang kita inginkan, nego rate, fasilitas yang tersedia, apalagi lokasi hotel berada serta bagaimana menjangkaunya.

Pesan kamar melalui internet memangkas waktu pemesanan. Kepastian mendapatkan kamar didapat saat itu juga. Kitapun mendapatkan informasi hotel lebih banyak berikut gambar dan lokasi hotel. Travel online ini juga melengkapinya dengan peta yang biasanya diambil dari Google Map. Review dari tamu sebelumnya juga memudahkan kita untuk mendapatkan gambaran hotel sesungguhnya. Cara pembayarannya juga lebih sederhana dan cepat, cukup dengan kartu kredit Anda. Voucher dikirimkan melalui email dan Anda tinggal mencetak dan membawanya saat check-in. Andapaun juga tidak perlu menunggu lama saat check-in karena pihak hotel juga mendapatkan konfirmasi seketika dari travel online ini.

Banyak travel online yang menjual kamar hotel dengan pilihan hotel yang sangat beragam baik travel lokal maupun international. 3 diantaranya yang biasa saya gunakan adalah Agoda.com, Booking.com dan Asiarooms.com. Meskipun ketiganya sama-sama menjual kamar hotel, namun harga dan cara pembayarannya bisa berbeda. Syarat dan kondisi transaksi juga relatif sama. Secara umum ketiganya memiliki fasilitas yang hampir sama tetap saja ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan berikut diantaranya.

Daftar berikut mungkin dapat membantu Anda untuk memilih travel online yang cocok buat Anda. Saya menggabungkan ketiganya untuk mendapatkan harga dan fasilitas terbaik. Ada kalanya saya memesan via Agoda tapi suatu saat saya menggunakan Booking.com dan Asiarooms.com.

Perlu dicatat bahwa tidak selalu sebuah travel online menawarkan rate paling murah sepanjang waktu. Rate yang ditawarkan bisa berbeda untuk hotel dan masa tinggal yang sama, ini dikarenakan varian karena lama pemesanan, promo2 atau last minute deals. Dengan last minute deal ini terkadang Anda malah mendapatkan rate terbaik. Cara yang mudah adalah dengan membandingkan ketiganya pada saat yang sama. Kalau lama tinggal Anda masih mungkin berubah sebaiknya gunakan Booking.com atau Asiarooms.com. Hampir semua situs ini melengkapi dengan security standard terbaru, jadi tidak terlalu kuatir tentang keamanan transaksi Anda. Happy holiday.

| Beberapa komentar telah disarikan. Klik artikel  Tips Memesan kamar hotel via travel online | 

I Silakan baca komentar2 sebelumnya, mungkin komentar/pertanyaan sudah ada sebelumnya I

343 respons untuk ‘Memesan hotel online. Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com?’

  1. Ada pilihan lain yang saya pakai, yaitu hotelscombined(dot)com. Kurang lebih sama dengan situs online booking lain hanya saja di situs ini kita langsung bisa melihat perbandingan harga dari beberapa situs online booking, jadi ga perlu repot buka banyak tab di browser dan posisinya situs ini hanya sebagai perantara saja. Kalau sudah menemukan harga sewa yg sesuai, maka akan langsung beralih ke situs penyedia. Dan saya sering menemukan bahwa ternyata Agoda & Booking termasuk yang lumayan pasang harga lbh tinggi. Tp tetap, pilihan kembali ke kita.

  2. Pak, saya pesan hotel di Bali via Agoda dg display rate IDR, tapi email yang masuk ke saya total charge nya dengan USD. Karena saya memilih pembayaran pada Januari 2014, berapa yang akan di charge ke kartu kredit saya? Apakah sesuai display rate pada saat saya pesan atau sesuai dengan kurs USD pada Januari 2014 nanti? Terima kasih.

    1. Shella, berapa yang dicharge tergantung kondisi pemesanan. Jika ‘Book now Pay Later’ maka yg dicharge ke kartu kredit sejumlah harga saat check-out. Kalau di display dalam IDR nanti harga yg dibayar IDR juga, anda selisih biasanya ga banyak.

      1. Dear Pak Toto maksudnya “Book Now Pay Later”? Itu di bayarkan saat kita check out dari hotel?Karena saya kurang paham. Terima Kasih

  3. Salam kenal Pa Toto,
    Pa saya 2 minggu kemarin br plg dari singapore , sblm ny saya memesan hotel via agoda, pd saat sy check in, pihak hotel meminta uang deposit sebesar $100 melalui kartu kredit, tp pada saat saya check out deposit terrsebut tidak dikembalikan, dan saya lupa menanyakan hal tersebut, yg ingin sy tanyakan adalah, apakah uang deposit tersebut akan di kembalikan lgs melaui kartu kredit? Atau seharusnya saya menagih secara langsung? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    1. Agnes, hotel biasanya minta deposit, bisa uang cash atau reserve via kartu kredit. Jika tidak ada biaya lain yg mesti dipotong dari kartu-kredit yang sudah direserve, maka pihak hotel tidak akan melakukan settle, atau membatalkan reserve tadi. Untuk memastikan bisa dilihat di bill kartu kredit, atau menelepon penerbit kartu kredit.

    2. inilah salah satu hal yg saya tidak suka di Agoda.
      Agoda men-charge langsung ke Credit Card kita dari harga total room yg kita pesan, Ketika check-in hotelpun juga mewajibkan kita utk deposit ketika check-in yg artinya kita sudah membayar kewajiban kita tapi ternyata berbanding terbalik dengan keadaan di TKP (Hak Hotel utk deposit).
      sering yg terjadi adalah antara Agoda dan hotel yg bersangkutan tidak ada konfirmasi. bahkan saya pernah menemukan hotel yg saya booking lewat Agoda justru berbalik komplain ke saya karena sebenernya mereka tidak mendaftarkan hotel mereka pada Agoda. Tapi justru Agoda yg tanpa ijin me-listing hotel mereka tanpa persetujuan.

  4. saya lebih suka menggunakan Booking.com, karena pemesanan lebih banyak tidak diperlukan Kartu Kredit, memang tergantung kebijakan setiap hotel sih utk maslah Kartu Kredit,

    Dari beberapa kali pengalaman saya dengan Booking.com, Biasanya setelah melakukan booking, dan mendapatkan email, saya menghubungi pihak hotel untuk konfirmasi booking saya,

    Baru deh dari situ biasanya hotel meminta beberapa persen dari total harga di email reservasi Booking.com yg dikirim ke email kita. rata² 25% dari total harga booking.

    Utk Agoda, saya pernah beberapakali melakukan reservasi melalui Agoda, tapi seringkali hotel yg saya booking justru kompalin ke saya karena tidak ada konfirmasi dari Agoda, padahal Kartu Kredit saya sudah dipotong oleh Agoda.

    Pernah juga kamar yg saya pesan melalui Agoda ternyata tidak available, dan hotel untuk menutupi rasa malunya/brandname goodwill akhirnya mentrasfer saya ke hotel lain yang kelasnya sama.

    Bahkan pernah saya mendapati Hotel yg saya booking sedang dalam renovasi yg mengharuskan hotel tutup untuk sementara.

      1. sama-sama Pak Toto.
        mungkin bisa ditambahkan pada artikelnya (in my though)
        bahwa ketika kita melakukan booking melalui OTA (Online Travel Agent) apapun. lebih baik segera lakukan konfirmasi langsung melalui telephone atas booking yang kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang merugikan kita ataupun hal-hal yg tidak relevant sebagai contoh kasus saya yg membooking sebuah room pada hotel yg sedang total renovasi atau un-available room.

        Beberapa OTA seperti Agoda tidak menyediakan informasi nomor telpon, fax ataupun email dari hotel yang bersangkutan. akan tetapi di Booking.com informasi tadi tersedia.

        Nah untuk hotel yang tidak disediakan informasi kontak dari OTA pada hotel yang bersangkutan, bisa coba dicari melalui Google, Yahoo! atau Bing.

  5. pak, saya mau bertanya kalau saya booking kamar hotel di thailand, apa saya bisa mengambil 1 kamar dengan double bed tetapi di tempati ber 3 ?
    soalnya saya berencana pergi ber 3, dari travel online yg saya lihat di tulisan bapak, sulit mencari kamar dengan extra bed.
    terimakasi atas infonya 🙂

  6. pak toto..kemarin saya melakukan booking hotel menggunakan booking.com, karena baru pertama menggunakan booking.com saya masih bingung untuk masalah pembayarannya. jika di agoda mendapatkan email voucher apakah di booking.com hanya pemberitahuan reservasi?apakah pembayaran dilakukan di hotel pada saat check in?berarti status saat ini saya belum membayar hotelnya yah (karena baru dibayar pada saat check in)?mohon pencerahannya karena saya cukup bingung. terima kasih

    1. Rahmi, di booking.com terdapat beberapa cara pembayaran, langsung atau bayar di hotel. Apapun cara bayar booking.com hanya mengirimkan email konfirmasi. Jika memilih bayar nanti maka pembayaran dilakukan saat check-out. Kartu kredit saat booking hanya dipakai untuk untuk jaminan pemesanan, biasanya ganya di-reserve 1 malam.

  7. Pak, saya baru saja pesan via booking.com. tetapi pada saat memasukan details kartu kredit kok tidak duminta 3 digit kode keamanan ya? padahal kebijakan harga hotel yang saya booking “pembayaran dilakukan pada saat pemesanan”. tetapi saya sudah mendapat email konfirmasi dari booking.com. akan tetapi saya tanyakan ke pihak hotel, hotel belum menerima reservasi dari booking.com atas nama saya…

    mohon share pengalamannya,,,

    terima kasih

    1. Ulda, tolong dibaca lebih teliti email konfirmasinya. Jika pihak hotel belum menerima konfirmasi, bisa saja karena telat. Btw, seharusnya memang perlu masukkan 3 digit kartu kredit.

  8. siang pak, mohon sharing. untuk pemesanan via booking.com, tidak harus memasukkkan data kartu kredit di profil kah? saya memesan hotel ke KL yang pembayarannya belakangan dan tidak memerlukan kartu kredit. namun sudah ada konfirmasi bahwa reservasi sudah dilakukan. apa ini berarti pemesanan saya sudah aman/tidak perlu saya crosscheck ke hotelnya? terimakasih

  9. Siang pak toto, pak mau tanya saya kan mo pesen hotel di agoda untuk type kamar dormitory (4 bed) saya kan akan pergi dg 2 orang tmn saya, di agoda itu ketika akan mlakukan pmesanan pasti ditanya jumlah kamar. nah untuk saya yg akan menginap 3 orang pilihannya 1 atau 3, atau masing2 dari kt melakukan pemesanan sendiri2.. makasih pak

  10. halo pak toto. saya mau memesan lewat booking.com
    di situ tulisannya FREE cancellation, pay when you stay , berarti apabila saya cancel seminggu sebelum hari H tidak dikenakan biaya apapun?

    1. Sasa, untuk kamar dengan kode ‘Free Cancellation’, maka reservasi bisa dibatalkan dan tanpa biaya. Tapi ada masa waktunya ya, tolong dicek di syarat dan kondisinya

  11. Salam kenal. Pak
    Saya baru saja melakukan reservasi hotel utk di KL bulan depan via booking.com dgn memilih “no deposit wiil be charge – Pay later”, tapi saya sdh mendapat notifikasi sms dari bank bahwa transaksi sdh terjadi dan disebutkan semua total transaksi 3kamar utk 2malam.
    yang ingin saya tanyakan, saat nanti di hotel tidak akan ditagih pembayaran lagi kan?? apabila saya sudah bayar tagihan credit card. apakah perlu bukti pembayaran?
    Padahal saya pernah reservasi sebelumnya utk di hongkong via booking.com dan hanya ketagih 40% di credit card dan sisanya bayar langsung di hotel.
    Trims Pak 🙂

    1. Anggi, jika desebut no deposit will be charge -pay later’, kartu kredit hanya untuk jaminan, dan ini akan digunakan (settle) untuk pembatalan karena no-show

  12. pak toto
    saya mau tanya, karna sy tdk punya cc dan ingin booking hotel di SG, jadi bisa booking lewat asiarooms dan bayarnya langsung saat di hotel ya? soalnya kalau dari agoda kan harus pakai cc?
    kalau bayar langsung di hotel dan hanya melakukan reservasi online tanpa ada jaminan pembayaran dahulu, apakah kamarnya bisa sewaktu-waktu diberikan pada orang lain atau tidak?
    terima kasih..

  13. Pak toto, aku mau tanya ttg reservasi hotel via booking.com yang “bisa dilakukan tanpa kartu kredit”
    Bila ingin melakukan pembatalan, gimana caranya?

  14. Pak toto
    Saya mau nanya

    Saya udah booking hotel via booking.com
    Bayar pake kartu kredit org tua
    Sedangkan, saya berangkat sendiri

    Jadi apa saya perlu bawa kartu kreditnya?
    Ato cukup fotokopi kartu kreditnya saja?

  15. Kebetulan saya booking hotel di kuala lumpur dgn menggunakan agoda pak utk bln januari, tapi tagihan credit card nya sudah kluar pd bln november kmrn dan sudah saya bayar tagihan tersebut. Yg mau saya tanyakan, utk check in di hotel tersebut bukti pembayaran apa yang perlu saya tunjukan kpd pihak hotel untuk membuktikan bhw saya sudah melunasi pembayaran hotel trsebut di jakarta. Apa saya perlu membawa credit card yg saya gunakan utk booking hotel itu, tapi saya meminjam credit card tmn saya, karena saya agak takut kalau pihak hotel tdk mempercayai bahwa saya sudah membayar lunas hotel tersebut..sekian prtnyaan dr saya..mohon bantuan nya, trimakasih..

    1. Patricia,
      Pemesanan via Agoda akan ditagihkan langsung di kartu kredit, meskipun untuk pemesanan jauh di depan. Saat check-in tunjukkan voucher yang dikirimkan dari Agoda. Sedangkan untuk cc, mungkin lebh baik buat saja surat keterangan dari pemegang cc (menurut saya tidak perlu), karena memang sudah dibayar lunas.

  16. Pak Toto, terimakasih atas info yang diberikan. Salam kenal, saya Nindya dari surabaya. Saya mau bertanya. Tadi malam saya pesan kamar hotel di kuala lumpur (brisdale hotel) secara online melalui booking.com. Setelah saya pesan, saya dapat email dari booking.com yang menyatakan bahwa pemesanan hotel telah dikonfirmasi. Dan di email menyebutkan total price (Rp. X) yang harus dibayar dengan catatan tax (6%) dan service charge (10%) not included. Pembayaran saya lakukan dengan credit card visa Citibank. Dan saya sudah menerima notifikasi dari citibank bahwa hotel tersebut sudah dibayar (Rp. X), yang mau saya tanyakan:
    1. apakah nantinya / setelah saya tiba di hotel ada biaya2 tambahan lagi selain total price (Rp. X), tax (6%) dan service charge (10%) ?
    2. tax (6%) dan service charge (10%) tersebut dibayarkan pada saat kapan?
    3. Setibanya di hotel , bukti apa yg menguatkan untuk sy bisa tunjukkan pada saat check in?
    Terimakasih banyak Pak Toto

    Best Regards,

    nindya

    1. Nindya,
      Prakteknya nanti semua tagihan dijadikan satu, room rate(x), tax & service. Dan hanya itu yang dibayarkan, kecuali ada penggunaan fasilitas hotel lainnya spt laundry, makan, telepon, dll. Biasanya utk booking.com saat reservasi hanya dikenakan hold sejumlah dana (temporer), dan baru akan di settle saat check-out. Tidak usah kuatir ini praktik normal.

      Anda tinggal mencetak email konfirmasi dan menyertakan passport saat check-in.

  17. Pak Toto, saya mau tanya nih, soalnya baru pertama kali mesen hotel online, di luar negeri pula. tadinya saya mau pesan via agoda, tapi karena limitnya kurang jd saya beralih ke booking.com..setelah saya baca tulisan pak toto, saya cuma mau meyakinkan lagi saja, pesan di booking itu memang bisa dibayar di hotelnya kan pak?bisa cash g?soalnya saya sendiri pinjam CC teman saya. kalau misalnya pakai CC apakah harus dibawa dan ditunjukkan saat pembayaran?
    terima kasih banyak atas infonya, mohon dimaklumi soalnya saya orangnya agak panikan 🙂

    1. Sari, untuk kamar2 dengan kondisi ‘tidak bisa dibatalkan’ akan dipotong langsung, sedangkan kamar2 lainnya bayar di hotel, juga bisa cash koq. Minggu lalu saya pesan kamar di Siem Reap, Phnom Penh, dan Ho Chi Minh City semua dari booking.com, dan sebagian saya bayar cash di hotelnya

  18. saya agak bingung.
    Harap diingat bahwa Anda BELUM memiliki konfirmasi pemesanan saat ini.
    Harap diperhatikan bahwa kami TIDAK memotong atau mengotorisasi kartu Anda

    saya belom konfirmasi, apakah ini tidak otomatis batal?!
    saya baca bagian bawah terdapat kebijakan
    “Jika pemesanan Anda belum dikonfirmasi, pemesanan itu TIDAK DAPAT dibatalkan. Permintaan untuk membatalkan pemesanan yang belum dikonfirmasi TIDAK bisa dilakukan.”

    jadi kalau belom konfirmasi pemesanan, itu sebenarnya di batalkan atau tetap booking tagihan KK tetap jalan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s