Tunggu! Jangan buang paspor lama Anda

Passport VisaPaspor Anda sudah habis masa lakunya? Atau semua halaman sudah penuh dengan visa dan stempel imigrasi? Jika iya, jangan dibuang dulu sebab paspor lama itu barangkali tetap akan Anda gunakan suatu saat nanti. Paspor lama memang tidak lagi bisa digunakan untuk memasuki negara lain juga tidak berlaku lagi sebagai identitas Anda. Tapi meskipun sudah tidak berlaku, paspor lama itu tetap menyimpan catatan perjalanan dan dapat digunakan untuk lampiran saat mengajukan visa ke negara lain. Kok bisa?

Buku paspor ibarat database perjalanan kita ke luar negeri, di sana tercatat kapan kita meninggalkan Indonesia dan masuk ke suatu negara. Juga mencatat negara mana saja yang pernah dikunjungi, dan kapan. Buku paspor juga tempat menempelkan visa yang diberikan, meskipun beberapa negara sudah ada tidak lagi menempelkan visa di passport. Catatan-catatan keluar masuk dan visa-visa inilah yang terkadang akan memudahkan kita mengurus visa sesudahnya.

Paspor lama untuk pengajuan visa negara lain

Beberapa negara memberi kemudahan persetujuan visa untuk pemegang passport yang pernah atau memiliki visa aktif negara tertentu. Misalnya dalam buku paspor kita terdapat visa ke Amerika, meskipun masa lakunya sudah habis visa ini akan menjadi pertimbangan negara-negara lain seperti Australia dan Inggris dalam proses pemberian visa yang kita ajukan. Atau misalnya kita pernah mendapatkan visa suatu negara tertentu dan akan mengajukan visa ulang, maka visa lama di paspor lama ini akan memudahkan identifikasi dan verifikasi atas pengajuan visa kita.

Minta paspor lama saat perpanjangan paspor baru

Saat Anda memperpanjang paspor baru biasanya pihak imigrasi akan menyimpan  paspor lama Anda begitu paspor baru diterbitkan. Dan jika ini terjadi maka Anda akan kehilangan paspor lama beserta catatan-catatannya. Anda dapat meminta paspor lama Anda dengan alasan masih digunakan untuk pengajuan visa, dan biasanya paspor lama akan dikembalikan dan digunting sebagian dan diberi catatan di bagian belakang.

Penting bagi yang berganti nama

Ada kalanya karena berbagai alasan, kita harus mengganti nama resmi dan ujungnya juga akan berganti nama di paspor. Nah, pada beberapa negara kartu imigrasi juga mencantumkan pertanyaan ‘Apakah Anda pernah masuk ke negara ini dengan nama lain?. Nah jika Anda pernah melakukannya, maka pihak imigrasi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait catatan pada nama lama Anda. Jika Anda membawa serta paspor lama (dengan nama lama) maka waktu pemeriksaan di imigrasi akan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu bernasib sama dengan Shahrukh Khan yang harus diinterogasi di imigrasi Amerika selama 90 menit meskipun interogasi sang super star India ini dengan alasan yang berbeda, bukan karena ganti nama.

Artikel terkait :

Iklan

63 respons untuk ‘Tunggu! Jangan buang paspor lama Anda’

  1. Halo pak.Mau tanya aja jd sebenarnya jika paspor baru kt masih kosong. Ga perlu takut karna perjalanan kt sudah terecord si setiap imigrasi. Begitu kan pak? Karna sy selama ini jg masih rancu. Karna di paspor lama saya byk cap keluar masuk dan jg visa. Cthnya jika sy apply visa amerika dgn paspor baru tanpa melampirkan paspor lama. Otomatis mrk sudah tau kan sy pernah kemana saja ? Terima kasih pak.

    1. Hi Sugi, catatan di imigrasi Indonesia memang lengkap, kemanapun perginya. Sedangkan di negara tujuan hanya mencatat saat masuk ke negara tsb, asalkan tidak ada perubahan nama ya. Jadi tidak perlu ragu meskipun passport masih kosong.

  2. Saya mau tanya. Halaman paspor saya sudah penuh dengan cop keluar masuk,tapi masa berlaku paspor masih ada lagi dua tahun. Dan saya mau ngurus visa ikut isteri karena saya menikah dengan seorang warga negara malaysia. Bisa nggak paspor itu saya pakai lagi untuk masuk ke malaysia lagi. Mohon penjelasan dan terima kasih atas bantuanya.

    1. Shafwan, jika masih ada celah untuk cap di halaman passport, passport tetap bisa dipakai, jika sudah tak ada celah sedikitpun harus perbarui passpor dulu

  3. selamat pagi, saya ingin mengajukan pertanyaan perihal passport untuk ke luar negeri. ceritanya saya akan ke bangkok pada tanggal 17 desember hingga 1 januari 2016. namun passport saya kadaluarsa tanggal 16 januari 2016. apa bisa saya membeli tiket terlebih dahulu denhan passport lama saya baru saya melalukan perpanjangan passport? jadi nomor passport yang tertera d tiket pesawat saya adalah nomer passport lama saya. terima kasih

      1. Selamat pagi. Saya juga berencana untuk membeli tiket ke eropa untuk bulan februari, paspor saya habis dibulan mei. tapi saya harus urus tiket dari skrg, dan waktu perpanjangan di imigrasi baru bisa tgl 30 november 2017. jadi, saya bisa ya pakai paspor lama dulu untuk isi nomor paspor?

      2. Hi Tifani,
        Beli tiket pakai no passport yang sekarang saja. Nanti pas check-in baru ditunjukkan yang baru. Pastikan nama tidak ada perubahan ya. Pas check-in bawa juga passport lama untuk jaga2 saja

  4. Seperti yang dimaklumi bhw paspor dapat diperbarui maks 6 bln sebelum masa berlaku habis. Sekarang, telah hadir layanan paspor online yg memudahkan setiap WNI dlm pembuatan/ penggantian paspor. Masalah : Sy pernah lakukan penggantian paspor by online untuk pertama kalinya berhasil. Paspor ini benar2 telah expired 2 thn dari akhir masa berlaku.
    Namun pada saat kedua kalinya bantu teman untuk lakukan penggantian papor by online, interface untuk lanjut ke form verifikasi pemohon tak bisa.dieksekusi.
    Pertanyaan :
    Apakah proses registrasi penggantian paspor online hanya bisa dilakukan jk masa berlaku paspor telah benar2 berakhir & tdk berlaku yg masih tersisa 5 bln?
    Mohon penjelasannya dan solusinya.
    Tks

    1. Ahmad77,
      Ketentuan yang berlaku adalah paling cepat umur passport tersisa 6 bulan. Jika umur lebih dari dari 6 bulan, memang tidak diperbolehkan

  5. Pak toto, apakah betul ketika sudah lewat 5th data2 paspor kita diimigrasi akan terhapus dgn sendirinya jadi kita bisa ajukan pembuatan paspor baru dgn data yg berbeda?

    1. Herlina, data di imigrasi akan disimpan terus. Jika ada koreksi data bisa sekalian diperbaiki saat ajukan passport baru. Passport menggunakan data biometrik, jadi satu data sidik jari hanya satu nama

  6. Slamat siang pak..mo tanya nich..kalo untuk cuti apakah harus transfer visa dari paspor lama ke paspor baru..karena paspor baru masih kosong..mkch

  7. mas mau tanya …dulu saya pernah buat paspor tapi umur saya ,saya tuain dan sekarang paspornya malah hilang…
    apa bisa jika saya buat paspor lagi dg identitas yg asli ???
    dan habis duitnya kira2 berapa??

    Mohon infonya..terima kasih

    1. Dani,
      Saya sangat menyarankan untuk membuat lagi dengan data asli, untuk menghindari risiko.
      Biayanya coba cek di website kantor imigrasi, ada pilihan passport biasa atau e-passport

  8. Lea,
    Mas saya kan mau ke china, passport lama saya masih ada visa multiplenya, dan jangkan waktunya masih berlaku. sementara saya sudah ganti passport yang baru..apakah saya perlu apply visa china lagi di passport yang baru?
    Thanks.

  9. Assalamualaikum pak Toto.pak pasport sya masih 4 thunan lgi masih aktif.Sya ingin bikinpasport lgi bisa gak pak paspoet sya diperbaharui ??

    1. Hi Hermanta,
      Passport baru diterbitkan dgn bbrp alasan, diantaranya hilang, ganti nama, habis masa lakunya. Untuk kasus ini, karena belum habis masa lakunya pihak imigrasi tdk menerbitkan passport baru tanpa alasan tadi

    2. Hi,Pak Toto salam sahabat,saya agak bingung nih,anak saya punya pasport tp mau ganti pasport,krn sdh habis masa berlakunya,dan sdh pernah keluar negeri 1 negara sj.krn ada kesalahan tmpt lahir,yg di cetak di akte nama Rmh sakit,bkn nama tempat.pasport anak ditolak dan disuruh perbaiki akte.krn kesalahan wkt di Capil Nama kurang dan tmpt lahir salah.apakah surat keterangan dari rumah sakit aslinya bisa dipakai patokan krn saya mau ganti akte kelahiran.Sy mau menambah nama sesuai dengan keterangan dari rumah sakit tempat dilahirkan.bisakah sy bgt,apakah data diimigrasi menolak krn saya menambahkan nama sesuai dgn yg dikeluarkan dari Rmh sakit.dgn catatan saya harus mengganti Akte anak saya ulang.mohon bantuannya! Terimakasih banyak.

  10. Saya ingin berlibur ke Amerika pada buoan juni 2015 ini tetapi passport saya masih dalam proses pembaharuan karena masa berlaku nya habis pada bukan juli 2015 ini.. dan kedutaan memeberitahukan bahwa passport baru saya baru dapat di proses pada akhir April .. nah pertanyaan saya ,, apakah saya bisa membeli tiket dari sekarang dengan menggunakan passport lama yg masa berlaku nya habis pada bulan Juli 2015 ini? terima kasih

    1. Tika,
      Tetap bisa beli tiket dgn no passport lama, nanti pas checking kasih tahu passport baru dengan menunjukkan passport lama (atau foto copy).
      Atau, jika passport baru sudah keluar perbarui info no passport di tiket dengan menghubungi airline, atau via web

  11. mas, saya kan sudah terlanjur booking tiket ke hongkong untuk bulan februari, sedangkan masa berlaku habis bulan mei.. berarti saya harus perpanjang paspor.. tapi tiket ke hongkong itu di booking dengan no.passpor lama.. tidak masalah kan ya??

  12. Paspor saya mau berakhir nov 2015
    Dipaspor ada visa amerika berakhir 2017
    Kalo saya perpanjang paspor… paspor baru ga da visa nya
    Gmn tuch???

    1. Hi Tarmizi,
      Seperti yg ada di artikel, jangan buang passport lama yg ada Visa.
      Bawa serta passport lama itu bersamaan dengan passport baru. Tunjukkan visa dari passport lama

  13. Selamat malam Pak Toto…mau tanya nih saya punya paspor kerja berlaku sampai 2018. bisakah kalau saya mau ganti buat paspor tourist…karena paspor saya tertera alamat dimana saya bekerja saat ini…Bulan maret 2015 saya sudah habis contract kerja…Dan saya planning sudah tidak mau bekerja sebagai TKI lagi dan berencana mau berumah tangga dengan warga di mana saya bekerja di Singapore.

    Thanks Di tunggu jawabanya.

    1. Elliyana,
      Passport biasanya hanya bisa diperpanjang saat masalaku habis atau hilang.
      Btw, passport kerja dan passport turis itu sama saja, sampul warna hijau

  14. Salaamm..Mas mau nanya nih..paspor q masa berlakunya sampai 20jan2014 nah krna bln ini ada rencana bpergian q ngajuin prpnjang masa berlaku dan kemarin sudah jadi. Tapi baru cek ini tadi kok ngga ada stampel dari kantor imigrasi seperti di paspor yang lama? Dan apakah nomor paspor selalu berganti tiap masa berlaku habis? *maap banyak tanya habis ngga tau sih :D. Trimakasih sebelumnya

    1. Chicie, saya kira tidak ada masalah dgn tanpa stempel, mungkin passport jenis baru. Nomor passport selalu ganti untuk passport baru

  15. salam…saya ingin berkunjung ke jerman sbg kunjungan singkat(liburan) starat pengurusan visa untuk ke jerman apa saja ya mas toto,trims infonya sangat saya harapkan

  16. Mas Toto infonya bagus banget nih.
    aku mau tanya, kalo ke Hong Kong kan bebas visa 30 hari, trus kalo kita mau lebih dari 30 hari gimana caranya? ada yang sarankan untuk ke china atau makau dulu trus balik lagi, apa ga repot tuh. Trus kalo urus visa hong kong gimana caranya?
    Thanks sebelumnya

    1. Hai Senjin,
      Hal pertama yang harus diketahui adalah fasilitas bebas visa ini hanya untuk kunjungan sosial dan turis. Untuk tujuan lain (bekerja misalnya) harus tetap ngurus visa di kedutaan. Menjawab pertanyaan tadi, biasanya memang keluar dulu dari Hongkong sebelum visa habis. Yang paling mudah dan murah adalah ke Makau dulu karena sama2 bebas visa dan bisa pakai ferry saja. Sedangkan kalau ke China harus apply visa dulu. Namun masa bebas visanya bisa menjadi tidak 30 hari lagi karena masuk dari pelabuhan laut (bukan udara). Semoga bisa menjawab ya.

  17. Exactly ..info dr Mas Toto sudah akurat.
    Btw.. untuk perpanjangan biasanya lebih mudah dan cepat
    Hr ini foto biometrik ,..besok ato max 3 hr kejra ..Passport sdh bisa diambil.

  18. Mas, apa betul paspor harus harus diperbarui 6 bulan sebelum expired ?
    Kalau memperbarui paspor, bagaimana prosedurnya ? Harusnya lebih mudah ya 🙂

    1. Dear Donz,
      Yang pasti hampir semua negara mensyaratkan orang-orang luar negeri yang masuk memegang passport dengan masa berlaku setidaknya enam bulan.
      Jadi kalau umur passport kita di bawah 6 bulan maka hampir dipastikan akan ditolak saat berada di imigrasi negara tujuan.
      Jadi sebenarnya tidak harus diperbarui 6 bulan sebelum expired.
      Apakah perpanjangan pasport bisa lebih mudah? Saya tidak melihat proses (yang dirasakan langsung masyarakat) berbeda dengan aplikasi baru.
      Saya yakin 3 tahun ke depan akan jauh lebih sederhana karena saat itu semua passport telah menggunakan biometrik yang datanya disimpan di pusat. Verifikasi akan lebih singkat. Perpanjangan kartu dengan biometrik ini bisa dilakukan di kantor imigrasi mana saja, tidak harus pada imigrasi sesuai alamat KTP.

      1. Saya akan pergi ke amerika tapi passport saya akan expire pada januari 2015 dan saya akan berangkat bulan oktober tahun 2014, kemungkinan besar saya akan tinggal disana bertahun-tahun sebelum pulang kembali ke indonesia … pertanyaan saya adalah bisakah saya memperbaharui paspor saya dengan alasan ini ?? karena saya temukan dibeberapa website mengatakan bahwa pembaharuan passport hanya bisa dilakukan jika passport expired, hilang, penuh , atau dalam keadaan rusak berat. Trimakasih 🙂

      2. Leila,
        Passport bisa diperbarui maksimal 6 bulan sebelum masa laku habis. Alasannya karena passport tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk masuk banyak negara yg mensyaratkan usia passport 6 bulan. Saya pernah perpanjang sebelum masa laku habis, dan bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s