Memilih hotel paling ‘tepat’ di Bangkok

Hotel Sukhumvit2Distrik wisata di kota bangkok secara umum terletak di kawasan Sukhumvit, Silom, Riverside dan Pratunam. Keempat kawasan ini memiliki kekhasan tersendiri, dan sama-sama hidup sepanjang waktu. Banyak hotel dan tempat-tempat belanja di sekitar kawasan in, dan dilalui baik Skytrain maupun MRT. Tapi sebelum memilih hotel, ada baiknya Anda sesuaikan dulu dengan aktifitas Anda selama di Bangkok, dan dengan siapa Anda berlibur. Mengapa demikian?

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kehidupan malam di Bangkok lebih terbuka dibanding Indonesia. Tempat pijat, bar, night club sudah menjadi pemandangan biasa. Bahkan tempat hiburan khusus dewasa sangat mudah dijumpai di Bangkok.

  1. Sukhumvit Area. Inilah kawasan paling populer bagi turis dengan jumlah hotel sangat banyak dari Bintang 5 hingga budget hotel, yang tersebar dari Soi 1 hingga 50-an. Sukhumvit sendiri merupakan sentra turis di Bangkok, hampir semua aktifitas disini terkait dengan industri wisata. Anda tidak akan sulit mendapatkan tempat belanja, makan, dan hiburan disini. Untuk wsiata dengan keluarga saya lebih merekomendasikan Sukhumvit dibandingkan Silom. Sukhumvit juga sangat strategis karena dilewati oleh jalur BTS Skytrain. Hotel- hotel yang berada di area ini diantaranya adalah : Westin Grande, Sheraton Grande, JW Marriot, Grand Sukhumvit, Sofitel Residence, The Landmark, Grand Millennium, President Solitaire, Grand Mercure. Untuk berlibur bersama keluarga saya rekomendasikan untuk tinggal di kawasan ini.
  2. Silom Area. Kawasan ini juga dikenal sebagai Little Tokyo. Banyak hotel berada di sini seperti Dusit Thani Hotel. Silom terkenal dengan kawasan tempat hiburan khusus dewasa. Penjual DVD rating X3-pun secara terang-terangan menawarkan dagangannya disini. Pertunjukan-pertunjukan seperti tari erotis sangat mudah didapat, dengan kawasan populer PatPong Night Market. Disini juga ada night bazaar, Anda juga dapat curi-curi pandang apa yang terlihat di dalam. Saya sangat tidak menganjurkan Anda tinggal di kawasan ini jika berlibur dengan anak-anak. Tapi lain ceritanya jika Anda termasuk pengikut genre ‘petualang malam’.
  3. Siam Area. Sebenarnya Siam ini berdekatan dengan Sukhumvit dan dilalui oleh BTS. Banyak pusat perbelanjaan di kawasan ini, diantaranya Siam paragon, Siam Center, Siam Discovery. MBK Center juga tidak terlalu jauh dari ketiga mall itu. Hotel di kawasan ini diantaranya adalah Novotel Siam Square, Pathumwan Princes, Siam at Siam Design, Courtyard by Marriot, Evergreen Place, Asia, dan Diamond City. Bagi Shopaholic sangat cocok untuk tinggal di Siam.
  4. Riverside Area. Inilah kawasan berada di tepi Chao Phraya River, dengan pemandangan banyak kuil dan tentu saja sungai. Hotel- hotel mewah banyak berada di area ini diantaranya adalah : Millennium Hotel, Marriot Hotel & Spa, Mandarin Oriental, Peninsula, Shangri-la, Royal Orchid Sheraton, Ramada Plaza, Best Western Svana. Suasananya relatif tenang dan tidak terlalu hiruk pikuk seperti di Silom.
  5. Pratunam District. Kawasan ini lebih kurang populer bagi kalangan turis. Tidak terlalu banyak hotel disana kecuali yang terkenal Indra Regent, lokasinya dekat dengan Pratunam Market, sehingga gampang untuk beli oleh-oleh. Namun Pratunam memiliki pusat belanja khusus seperti Pantip Plaza untuk IT, Platinum Fashion Mall untuk pakaian. Pratunam juga terkenal dengan grosir pakaiannya, street market, dan outlet pakaian. Selain Indra Regent hotel-hotel di kawasan ini adalah Best Western Mayfair Suites, Siam City, Amary Watergate, Ramada D’MA, Century Park, Baiyoke Sky, Hotel de Bangkok dan masih banyak lagi.

Disamping hotel-hotel tadi, di masing-masing kawasan juga tersedia budget hotel di bawah 1000 Baht. Untuk memesan hotel online dapat melalui agoda.com atau asiaroom.com disamping biro perjalanan di Indonesia. Selamat berlibur.

Artikel Bangkok lainnya :

Iklan

48 respons untuk ‘Memilih hotel paling ‘tepat’ di Bangkok’

    1. Roswita, sejauh ini saya gak ada masalah pesan kamar via Agoda. Cuma saya lebih sering via booking.com atau asiarooms.com karena bayarnya di belakang.

      1. kalo pesanan via booking.com, harganya bisa beda jauh ga dari harga yang ditampilkan waktu kita booking? soalnya kan pembayaran dilakukan dihotel. thanks

      2. Yensri, karena mata uang lokal hotel adl THB, sedangkan tagihan kartu kredit dalam IDR, dimungkinkan ada perbedaan harga, namun hanya kecil karena selisih pergerakan kurs saja. Setidaknya begitu pengalaman saya

  1. pak kotanya besar apa kecil? kalo kita jalan2 pakai taksi dr satu tempat ketempat lain2 kira2 sama ngga harganya sama taksi di jakarta? atau lebih murah pakai city tour disana? tsk infonya y

    1. Suzie, Bangkok kotanya tak terlalu besar juga, pakai taxi bisa jadi alternatif, dan tarifnya mirip2 di Jakarta.Tapi untuk dalam kota, BTS & MRT sudah cukup untuk menjangkau beberapa pusat belanja dan wisata.

  2. Ok pak thanks masukannya ya, ttg transportasi bangkok, kebetulan saya dan orgtua sudah biasa naik kereta di jkt (bintaro- tanah abang) &pernah juga bawa anak dan masih dlm kategori nyaman dan dapat teratasi.
    1. Apakah skytrain &mrt di sana lebih n nyaman dr yg di jkt?
    2. Apakah ada sistem kereta khusus wanitanya spt di jkt?
    3. Adakah jam2 tertentu yang perlu dihindari kalau naik mrt/skytrain mengingat kami berada di sana pada hari
    kerja
    tks

    1. Nat,
      1. Gak usah kuatir Sky Train (BTS) cukup nyaman dan aman, penumpangnya tertib, ada bangku khusus untuk manula, ibu hamil dan ibu dgn bayi
      2. Tidak ada kereta khusus wanita
      3. Sky Train rata-rata selalu padat tapi tetap nyaman

  3. Dear Pak Toto,
    Artikel bapak berguna:),,kebetulan di bangkok saya akan menginap di ASIA hotel yg katanya berhubungan langsung dengan BTS rachatewi, saya berangkat bersama suami , anak perempuan 4,5 tahun, dan 2 mertua saya, sampai bangkok 20 malam, dan pulang ke indonesia 22 malam naik air asia….. mohon saran bapak :

    1. kalau mau ke pratunum market apa sebaiknya naik taxi atau bis (mengingat jalan sepanjang thanon petchburi itu katanya macet) atau naik bts dr hotel saya ke bts phaya thai lalu naik city line ke makassan lalu jalan ke pratunum market?

    2. jadwal keberangkatan pesawat kembali di hari terakhir adalah pk 20.15, rencana dr pagi masih mau belanja dan hunting di pratunum market , tetapi berhubung hotel check out nya jam 1 an, baiknya menurut pengalaman bapak dari pagi saya bawa2 koper ker pratunam dan berbelanja lalu naik taxi ke makassan station &city air terminal atau sewa hostel murah (50-100 ribuan ada ga?) deket station buat titip barang koper saja -belanja ke pratunam-ke hostel ambil barang- ke bandara

    mohon info dan masukannya yah pak mengingat saya belum ada bayangan ttg jalan di sana.. ..trims

    1. Nat,
      1. Sebenarnya kalau tidak membawa anak kecil dan orang tua, saya sarankan untuk coba pakai angkutan umum (Sky Train, bus). Saya sarankan pakai taxi saja, untuk kenyamanan.
      2. Saya kira tidak perlu extend, selurur koper dan barang bawaan bisa dititipkan di hotel dulu dan diambil sebelum pergi ke airport saja.

  4. Bisakah berangkat dari Jakarta langsung ke Pattaya? dengan penerbangan apa ya? Saya rencana bawa rombongan sekitar 20 anak utk ikut festival di Pattaya. Jalur mana yang ongkosnya paling murah? karena budget kami terbatas dan anak2 berasal dari golongan yang beragam. Terimakasih, ditnggu informasinya. Bisa direct ke japri saya? Trims

    1. Dear Laras,
      Sayang sekali untuk ke Pattaya tetap harus via Bangkok dan nyambung jalan darat. Menurut saya ongkos yang paling murah tetap Jakarta-Bangkok. Ada Air Asia, mungkin bisa request harga group langsung ke kantor Air Asia.

  5. dear pak toto
    makasi banyak artikel nya. sangat bermanfaat.
    saya dan keluarga ber 5 berencana ke bangkok dari penang/KL sebaiknya lebih dkt KL/PEN yah?
    klo naik kereta atau bis bisa langsung berhenti di sukhumvit ya?
    saya baca artikel bapak tempat itu cocok utk keluarga
    kemudian klo ke pattaya dari sukhumvit naek apa sebaiknya yg murah? kira2 perjalanan brp jam pak?
    oia pak klo di hotel itu hitungan per kepala ya pak?
    makasi banyak ya pak maap tanya.

    1. Dear Eka, saya coba jelaskan satu2.
      – Aksesnya lebih enak dari KL, kalau naik bis ada terminal di ujung Shukumvit Eastern Bus Terminal
      – Dari Terminal ini ada bus ke Pattaya (bisa 3 atau 4 jam tergantung traffic). Bus ke Pattaya juga ada yang dari airport
      – Hotel dihitung per kamar (maks 2 orang) kecuali untuk kamar suite

  6. Dear Pak Toto,

    Terima kasih loh untuk reviewnya sungguh menarik dan membantu.
    Saya ada rencana ke Bangkok berdua dengan Suami.
    Tolong saya dibantu untuk pertanyaan dibawah ini
    Yang saya mau tanya untuk hotel yang di tengah kota dekat dengan tempat belanja tapi juga gak jauh dari tempat rekreasinya baiknya dimana?
    Dari bangkok ke Pataya lbh baik naik apa dan apakah perlu untuk membuka hotel lagi di Pataya??
    Dan untuk berbelanja yang murah lbh baik saya pergi kemana??
    Apakah perlu ikut tour atau sewa guide kalau saya di bangkok?
    Maaf loh pak pertanyaannya banyak karena saya sama sekali belum pernah kesana dan saya berencana untuk honeymoon jadi mau diatur sebaik mungkin 🙂

    Saya tunggu jawabannya Pak

    Sebelumnya saya ucapkan Terima kasih banyak

    1. Dear Puspita,
      Untuk hotel saya sarankan di daerah Shukumvit saja, karena untuk menuju ke beberapa tempat bisa dengan dengan SkyTrain atau MRT.
      Untuk ke Pattaya bisa naik bis, ada 2 terminal disana, dan saran saya nginap semalam disana
      Tempat belanja di Bangkok rata-rata tematik, misalnya IT, fashion, atau pakaian. Secara umum bisa ke MBK, khususnya untuk beli souvenir ada di lantai paling atas dengan harga pas.
      Untuk tour sebaiknya ikut paket-paket tour saja, pihak hotel dengan senang hati akan bantu reserve.
      Nah kalo untuk honeymoon, coba ikut paket cruise Chao Phraya yang sore hari sepertinya romantis.
      Selamat honeymoon.

  7. Pak, tlg info nya utk hotel BEST BANGKOK, apa kah cocok utk keluarga ?
    soal nya bln okt ini, sy rencana pergi dgn suami & anak ( di bwh 2thn) tp msh bingung dgn hotel nya , mskd nya sih mau yg murah tp bersih ?

    apa best bangkok termsuk di dlm nya ??

    1. Liny, saran saya pilih hotel sekitar Sukhumvit Area. Untuk hotel2 yang murah cuma tengok agoda.com atau asiarooms.com. banyak pilihan untuk bintang3 ke bawah dan leluasa memilih karena dilengkapi peta dan kondisi sekeliling hotel

  8. oia, sekalian mas, mau tanya, untuk makan, rata perhari per orang menghabiskan berapa ya di bangkok dan pataya?
    Thanks lho untk infonya..

    1. Hi Nana,
      Sebenarnya kalaupun sekamar diisi 3 orang pihak hotel akan mengenakan tambahan biaya. Mungkin bedanya gak banyak dibandingkan dengan kenyamanan tinggal. Coba cek di asiarooms.com biasanya banyak kamar-kamar bintang 2.
      Harga makanan di Bangkok gak jauh beda dengan Jakarta, Pattaya lebih mahal dikit. Patokannya harga makanan di McD dan KFC sama saja dengan di Indonesia.

  9. Info yang menarik ni..aku mau tanya ttg hotel ni mas..
    kita berencana berenam, tapi untuk menghemat mau ambil 2 kamar saja..
    kira2 hotel mana yang lumayan (min. bintang 2), yang bisa numplek 6 orang dlm 2 kamar ya?
    soalnya aku coba2, rata2 minta 1 kamar 2 orang atau malah ada yang 1 kamar 1 orang..
    Thanks untuk info nya..

  10. mas, penasaran juga nih dengan atraksi2 thaigirl show.. hehehe.. itu didaerah mana? tolong info dong itinerary disana. rencana tgl 11 mei mau berangkat b2 aja..
    sekalian juga info hotel yang budgetnya 300-400rb aja..

    1. Hi Dian,
      Kalau yang dimaksudkan adalah Patpong, lokasinya di daerah Silom, bisa dijangkau dengan BTS. Ada pertunjukan ‘thaigirls’ yang sebenarnya sih waria ya.
      Untuk hotel coba cek di agoda, booking.com atau asirooms (lihat link di samping kanan). Banyak pilihan untuk harga segitu.

  11. wah bagus nih artikelnya buat referensi… tp aku masih bingung lebih baik cr hotel yg included BF atau tdk ya?? maklum anak kuliah jadi mau cari yg murah meriah saja… ada rekomen ga pak??thx

    1. Lie,
      Saran saya pilih yang include breakfast saja, gak beda banyak kok. Lagian menu sarapan di luar agak beda dengan Indo, tapi untuk hotel/penginapan biasanya disesuaikan dengan sarapan model international.

  12. Hem bgus bgt info nya.ada ga hotel muslim di silom ato minimal restoran muslim .karena sya paling payah makan mhn info nya.trmksh

    1. Untuk mudahnya bisa makan di foodcourt ala McD aja, aman buat muslim. Atau alternatifnya makanan western, halal. Deket Silom coba di resto cepat saji di lantai dasar MBK Center.

  13. Mas toto artikelnya sangat bermanfaat
    ada reverensi hotel dengan budget murah tapi aman ga di daerah siam or pratunam
    thank u

    1. Hai Widy,
      Banyak budget hotel di Siam/Pratunam. Beberapa bahkan gak sampai 200.000 rupiah. Best Bangkok House (190rb), Florida Htl (195rb), Diamond Apt (250rb), Firts House (225rb), White Palace (192rb). Silakan lihat di http://www.agoda.com.

  14. Terima kasih atas infonya… bulan april 2010 saya berencana ke bangkok (insya allah).. sepertinya dari artikel yg disampaikan saya pilih daerah Pratunam District…

    mohon info lagi rute dari masing2 daerah diatas, agar apabila saya jalan, gak muter2 gitu.. makasih yaaa

  15. boss,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,kasih informasi biro perjalanan yang sudah teruji di bangkok dan tidak mahal,,,,,,,,,,,,,,

    1. Mas Mus,
      Ini maksudnya biro perjalanan Indonesia dengan paket ke Bangkok atau biro wisata lokal Bangkok?
      Kalau travel Indonesia yang besar2 biasanya sering arrange tour ke BKK, mereka pengalaman dan banyak partner di BKK. Meskipun travel besar, harganya cukup bersaing, ini karena travel besar biasanya punya posisi tawar tinggi untuk dapet tiket pesawat atau tour murah.
      Nah, kalau yang dimaksudkan travel lokal BKK, saya juga kurang banyak referensi. Saya pernah beli paket tour 1 hari dari brosur di hotel. Dan meskipun peserta hanya berdua, paketnya tetap jalan sesuai isi brosur. Brosur-brosur ini banyak di lobby2 hotel, bandingkan saja. Pegawai hotel akan dengan senang hati untuk reservasi ke travel-nya. Kira-kira begitu.

  16. thank’s infonya sangat bermanfaat bagi yang pertama kali ke Bangkok, rencana tgl 27 Januari 2010 mau ke Bangkok dengan Air Asia (dapat tiket murah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s